Ketegangan AS dan Iran Makin Memuncak

 
Ketegangan AS dan Iran Makin Memuncak

LADUNI.ID, Presiden AS Donald Trump menyetujui serangan militer terhadap Iran sebagai pembalasan atas jatuhnya pesawat tak berawak, tetapi menahan diri untuk mulai serangan, laporan media AS mengatakan pada hari Jumat.

Mengutip pejabat senior Gedung Putih, The New York Times melaporkan sebuah operasi yang disetujui oleh Trump untuk melancarkan serangan terhadap "sejumlah sasaran Iran" termasuk radar dan baterai rudal  "dalam tahap awal" pada Kamis malam ketika pemimpin AS itu mengubah taktik dan membatalkannya.

Semua armada tempur sudah siap di posisi ketika perintah datang, Times mengutip seorang pejabat administrasi yang tidak disebutkan namanya.

Washington Post dan ABC News juga melaporkan perkembangan itu, mengutip pejabat Gedung Putih yang tidak disebutkan namanya dan sumber-sumber lain yang mengatakan mengetahui masalah ini.

Gedung Putih menolak mengomentari laporan tersebut.

Kantor berita Reuters pada hari Jumat mengutip para pejabat Iran yang mengatakan bahwa Teheran menerima pesan dari Trump melalui Oman memperingatkan sebuah serangan terhadap Iran sudah dekat, dan dia sangat ingin membahas situasi.

"Dalam pesannya, Trump mengatakan dia menentang setiap perang dengan Iran dan ingin berbicara dengan Teheran tentang semua masalah antara kedua negara tersebut. Dia memberi waktu singkat untuk mendapatkan tanggapan kami," kata seorang pejabat tanpa menyebut nama.

Baca Juga

1. Puluhan Pejuang ISIS Mati Konyol di Suriah

2. Iran Pajang Potongan Drone AS yang Jatuh

3. Teheran Tembak Jatuh Drone AS di Pantai Selatan Iran

4. AS dan Iran Rawan Perang di Teluk Persia