Inggris akan Kerahkan Kepal Perang ke Teluk Arab

 
Inggris akan Kerahkan Kepal Perang ke Teluk Arab

LADUNI.ID, Ketika relasi negara Barat dengan Iran terus memanas dalam beberapa waktu terakhir, Inggris berencana akan mengerahkan kapal perang angkatan laut ketiganya ke Teluk Arab .

HMS Duncan, Kementerian Pertahanan Inggris menuturkan telah mengirim kapal perusak sistem pertahanan udara,  guna menyokong peran HMS Montrose yang tengah menjalani perbaikan di pangkalan terdekatnya di Bahrain.

Akhir tahun ini Kemhan Inggris juga menuturkan akan mengirimkan kapal fregat HMS Kent ke kawasan tersebut.

Sejumlah laporan memaparkan kapal tersebut akan mulai berlayar menuju Teluk Arab sekitar pertengahan September mendatang.

Kemhan Inggris mengatakan HMS Kent akan "mengambil alih" tugas HMS Duncan. Meski begitu, Kemhan Inggris tidak memungkiri bahwa ketiga kapal perang itu bisa berada di wilayah itu dalam waktu bersamaan.

Kemhan Inggris mengatakan pengerahan itu sudah "direncanakan lama" untuk memastikan "kehadiran militer yang tak terputus di perairan penting."

Rencana pengerahan HMS Kent ke Timur Tengah berlangsung sepekan setelah pelayaran sebuah kapal tanker Inggris "dihalangi" oleh tiga kapal perang Iran di Selat Hormuz.

Sebelumhya Inggris juga sempat menyita kapal supertanker Iran, Grace 1, di Gibraltar karena diduga melanggar sanksi dengan mencoba mengirim minyak ke Suriah.

Meski begitu, London membantah bahwa pengerahan HMS Kent ke Timur Tengah dilakukan guna membendung Iran di kawasan.

Duncan juga menegaskan menegaskan pengerahan kapal perang ketiganya itu tidak "mencerminkan peningkatan eskalasi" ketegangan dengan Iran di Timur Tengah.