Ustaz Ma'ruf Khozin : Mewarisi Akhlak Nabi

 
Ustaz Ma'ruf Khozin : Mewarisi Akhlak Nabi

LADUNI.ID - Hadis yang sudah populer bahwa "para ulama adalah pewaris para Nabi" (HR Tirmidzi), dijelaskan bahwa yang diwariskan oleh para Nabi ada 3, yakni ibadah, ilmu dan akhlak (Abid, Alim dan Arif). Dalam hemat saya diantara yang mendekati kriteria ini adalah Kyai yang diakui oleh para ulama Dunia dari Indonesia yang baru saja wafat, KH Maimun Zubair. Kamipun membacakan Fatihah untuk beliau.

Untuk integral menguasai ketiganya perlu pendidikan khusus seperti pesantren, misalnya. Karena kampus umum tidak mengajarkan seluk beluk ibadah Nabi, juga tidak memberi kurikulum ilmu Agama seperti yang ditempuh dalam pendidikan Islam, maka di kampus yang mengajarkan ilmu pengetahuan dan profesional ini jangan sampai tidak meneladani Akhlak Rasulullah shalallahu alaihi wasallam.

Seperti apa akhlak Nabi? Allah memberi penjelasan sebagian akhlak mulia Rasulullah:

فَبِمَا رَحْمَةٍ مِّنَ اللَّهِ لِنتَ لَهُمْ ۖ وَلَوْ كُنتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لَانفَضُّوا مِنْ حَوْلِكَ ۖ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِي الْأَمْرِ ۖ فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِينَ

('Āli `Imrān: 159) - "Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya."

Dalam ayat ini akhlak Rasulullah shalallahu alaihi wasallam adalah (1) lemah lembut (2) tidak kasar dan keras (3) pemaaf (4) mendoakan ampunan (5) mengajak berdialog dengan umat.

 

 

Tags