Innalillah, Syeikh Muhammad Amin bin Abdullah Al-Hariri Wafat di Mekah

 
Innalillah, Syeikh Muhammad Amin bin Abdullah Al-Hariri Wafat di Mekah

LADUNI.ID, Jakarta - Mendapat kabar sedih hari ini, Guru kami, muhaddis mufassir mutafannin Syeikh Muhammad Amin bin Abdullah Al-Harari telah meninggal dunia di Makkah.

Beliau adalah di antara ulama yang produktif,  mengarang tafsir, syarah Sohih Muslim, dan Syarah Sunan Ibnu Majah serta kitab-kitab lainnya, Ulama Ahlus Sunnah terakhir mengajar di Masjidil Haram, kesehariannya menulis,  mazhab beliau Syafi'i,  beliau merupakan murid Syeikh Yasin Al-Fadani. Kami langsung meriwayatkan hadis darinya, dan mendengar hadis musalsal Awaliyyah,  Semoga Allah menempatkan beliau di surganya.

Biografi Singkat Syeikh

Nama Lengakap: Muhaddis Mufassir Faqih Usuli Mutafannin Muhammad Amin Bin Abdullah bin Yusuf bin Hasan Al-Itiofi Al-Harari As-Syafi'i Al-Al-Asy'ari.

Dilahirkan di Habsyah bagian Harar 1348 H. Dibesarkan oleh ayahandanya,  karena ibunya telah wafat waktu kecilnya, empat tahun diantar untuk belajar al-Qur'an dan menghafalnya, pada umur enam tahun beliau telah hafal Al-Qur'an.

Kemudian belajar fiqih Syafi'i dan tauhid Asyai'rah seperti Kifayatul Awam dan Sanusiyyah,  karena di daerah Haror begitu kuat dengan Asyairah.

Berangkat ke gurunya Sibaweh pada masanya Musa bin Muhammad belajar fiqih seperti matan minhaj Nawawi dan syarah Jalaluddin Al-Mahalli dan Nahu seperti Matan Jurmiyyah dan syarahnya, Alfiyah ibnu Malik dan Syarahnya,  dan lain-lain.

Kemudian beliau berangkat ke Syeikh Ahmad bin Ibrahim dan membaca Sohih Bukhari dan Muslim serta kitab-kitab Musthalah.

Kemudian beliau berangkat ke ulama-ulama lainnya untuk membaca Sunan Abi Daud, Sunan Tirmizi,  Sunan Nasa'i, Sunan Ibnu Majah,  serta kitab -kitab yang tebal.

Pada tahun 1398 hijriyah beliau hijrah ke Makkah Mukarramah disebabkan oleh kumpulan komonis yang ingin membunuhnya.

Di Makkah beliau mengajar di Darul Hadis Al-Khairiyah dan Masjidil Haram selama kurang lebih 8 tahun.

Ketika di Makkah beliau selalu menghadiri majelis Muhaddis Syeikh Muhammad Yasin bin Muhammad Isa Al-Fadani dan memdapatkan ijazah umum dan khusus darinya.

Beliau banyak mengarang kitab, diantara kitan yang masyhur dan besar adalah:

1- Hada'iqur Ruh War Raihan,  tafsir 32 jilid.

2- Syarah Sohih Muslim.

3-Syarah Ibnu Majah.

Beliau meninggal dunia pada hari Senin tanggal 7 Rabiul Awwal 1441hijriyah.