5 Tips dari dr Reisa Ini Bisa Bikin Tubuh Kuat Menghalau Corona

 
5 Tips dari dr Reisa Ini Bisa Bikin Tubuh Kuat Menghalau Corona

LADUNI.ID, Jakarta - Anggota Tim Komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, dr Reisa Broto Asmoro mengatakan bahwa salah satu upaya untuk mencegah penularan Covid-19 adalah dengan memiliki daya tahan tubuh yang kuat.

"Kita mesti memiliki daya tahan tubuh kuat. Saat ini belum ada obat resmi yang dapat menghentikan atau mengobati infeksi Covid-19," ujar dr Reisa, sebagaimana dikutip Laduni.id dari laman ansor.news, Minggu (15/6) kemarin.

dr Reisa kemudian memberikan beberapa tips agar daya tahan tubuh kita bisa kuat. Setidaknya ada 5 tips dari dr Reisa untuk memperkuat daya tahan tubuh, sebagai berikut.

  • Minum Air Putih per Hari

Sebagian besar tubuh kita mengandung air, sehingga kekurangan cairan akan menyebabkan masalah kesehatan. Disarankan minum delapan gelas air per hari agar kebutuhan cairan tubuh dapat terpenuhi. "Jangan sampai kekurangan cairan dan mineral," ujarnya.

  • Konsumsi Karbohidrat

Dalam makan-makanan bergizi seimbang, karbohidrat menjadi salah satu asupan penting bagi tubuh. Sebab, karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi yang dibutuhkan tubuh dalam beraktivitas sehari-hari.

Menurut dr Reisa, jenisnya bermacam-macam, seperti nasi, jagung, kentang, dan umbi-umbian. Jangan lupa ada sagu. Sagu tinggi kandungan karbohidrat dan sangat baik menggantikan energi kita yang hilang.

  • Konsumsi Protein

Protein berperan penting dalam mengatur metabolisme tubuh sehingga sistem kekebalan tubuh menjadi lebih optimal. Sumber protein yang baik adalah hewani ataupun nabati, seperti kacang-kacangan, daging, telur, ayam, ikan dan lainnya.

  • Konsumsi Sayur dan Buah

Sayur dan buah-buahan merupakan sumber vitamin, serat, dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Terlebih dalam menghadapi pandemi seperti ini. Menurut dia, vitamin yang direkomendasikan dalam masa pandemi adalah vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin D, danvitamin E. Konsumsi juga mineral seperti zinc, selenium, dan zat besi.

  • Olahraga

Agar daya tahan tubuh tetap kuat, disarankan rutin berolahraga. Olahraga tidak perlu yang berat, tetapi disesuaikan dengan kemampuan masing-masing, asalkan rutin dan teratur. Olahraga dapat menurunkan hormon stres, sehingga memberikan kekuatan tambahan pada sistem kekebalan tubuh.