Majelis Ta'lim Ta’limah Cirebon

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Majelis Ta'lim Ta’limah Cirebon

Profil
Majelis Ta'lim Ta’limah berawal dari sebuah pengajian sederhana yang dirintis pada tahun 2004 oleh para ulama disekitarnya, antara lain: KH. Syartoni.

Majelis Ta'lim ini awalnya hanya mengadakan pengajian untuk keluarga serta kerabat Kiyai Syartoni, pada setiap malam Sabtu setelah shalat Isya bertempat di rumah Kiyai Syartoni Rt.04/02 Desa Tawang Sari Kecamatan Losari Kabupaten Cirebon. Setelah pengajian tersebut berlangsung selama 2 tahun, maka timbul gagasan dari para jama'ah keluarga KH.Syartoni untuk mendirikan pengajian khusus untuk masyarakat umum.

Pada tanggal 2 sya'ban 1411 H bertepatan pada tanggal 17 Agustus 2004 M, didirikanlah pengajian untuk masyarakat umum/pengajian khusus orang dewasa yang dilaksanakan setiap hari Jum'at ba'da shalat Jum’at/Dhuhur bertempat di Masjid Baiturrahman.

Beberapa tahun yang silam, tepatnya pada tahun 2000 terdapatlah suatu kisah tentang masyarakat Tawangsari, dimana masyarakat ini tingkat keagamaannya masih sangat rendah atau awam sekali. Mereka belum mengetahui bagaimana caranya shalat, bagaimana rukun-rukunnya puasa, bagaimana cara membaca Al-Qur’an dan lain-lain, khususnya orang dewasa, dimana hari-harinya banyak disibukkan dengan pekerjaan rumah tangga, mengurus anak, berdagang dan bertani, sehingga hampir tidak ada waktu untuk belajar agama dan seluk beluknya.

Menyadari akan kekurangan ini, maka akhirnya muncullah ide yang sangat bagus dari seorang KH. Syartoni, untuk mendirikan suatu lembaga pendidikan keagamaan yang biasa disebut dengan Majlis Ta’lim Ta’limah

Latar belakang didirikannya pengajian ini adalah karena disekitar Majelis Ta'lim Ta’limah sebagian masyarakatnya disibukan dengan aktifitas keduniawian, Hal ini mendorong para perintis merasa perlu untuk memberi perhatian kepada para masyarakat atau jamaah tersebut agar memiliki pengetahuan agama yang luas.

A.Tujuan Berdirinya Majlis Ta’lim Ta’limah
Majlis Ta’lim Ta’limah didirikan dengan tujuan berbuat sesuatu demi orang lain yaitu :

  1. Meningkatkan keimanan dan ketakwaan masyarakat kepada Allah SWT.
  2. Masyarakat menjadi tahu tentang perkembangan agama Islam.
  3. Terciptanya kerukunan antar warga.
  4. Masyarakat dapat mencari ilmu pengetahuan di Majlis Ta’lim Ta’limah.
  5. Membekali masyarakat dengan pengetahuan umum dan agama sehingga dapat diharapkan dan digunakan kepentingan dunia dan akhirat dalam hidup mereka menjadi serasi dan seimbang.
  6. Mempererat silaturahmi.

A.Materi dan Metode

  1. Materi yang diajarkan di Majelis Ta'lim Ta’limah, antara lain:
    1. Minggu pertama Hadits dan Tauhid oleh KH. Syartoni.
    2. Minggu kedua Fiqh oleh Ustadz Faridi, H.Khanafi
    3. Minggu ketiga Tafsir oleh KH. Najmudin
    4. Minggu keempat Akhlaq oleh H.Amir, H.Masduki, H.Wahab

 

Pengasuh

  1. KH Syafruddin
  2. KH. Syartoni.


Tempat

Masjid Baiturrohman

Alamat

Desa Tawang Sari Kecamatan Losari Kabupaten Cirebon