Panti Asuhan Muslimat NU Budi Mulia Kediri

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Panti Asuhan Muslimat NU Budi Mulia Kediri

Profil
Sejarah singkat berdirinya berdirinya Panti Asuhan Darul Aitam Muslimat NU "Budi Mulia" didasarkan pada ajaran agama islam antara lain yang termaktub dalam kitab suci Al-Qur'an Surat Al Ma'un ayat 1-7 dan atas dasar negara RI terutama sila yang ke-2 dan UUD 1945 pasal 27 ayat 2 serta pasal 34. Disertai program dasar Jam'iyah muslimat NU yang antara lain akan meningkatkan pelayanan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat maka pengurus muslimat NU anak cabang Pare merasa terpanggil untuk memperhatikan anak-anak yatim yang membutuhkan uluran tangan.

Pada tanggal 21 oktober 1986 telah diresmikan Darul Aitam "Budi Mulia" kecamatan Pare dengan diresmikan oleh Ibu Ruspanji selaku Ibu Bupati Kediri yang menjabat saat itu. Budi Mulia yang telah diresmikan pada saat itu masih merupakan asuhan non-panti yang mana artinya segala keperluan bagi anak-anak yatim yang memerlukan akan ditanggung oleh Budi Mulia tanpa mereka harus tinggal di panti asuhan.

Kantor sementara pada saat itu berada di Jl. Sampurna 33 Desa Bringin yang bernomorkan 125/FK. SOS/KAB. KEDIRI/93 dengan ketua umum Ibu Ruspanji. Setelah berdiri selama 10 tahun Budi Mulia enerima berbagai laporan dari desa-desa bawasannya anak yatim perlu diasramakan karena sangat terlantar. Berangkat dari hal tersebut kemudian para pengurus Budi Mulia sepakat untuk mengasaramakan anak-anak yatim.

Dengan waqaf tanah seluas 75 Ru dari ibu Umaiyah yang saat ini berlaku sebagai pengasuh panti maka asrama atau panti asuhan telah dibangun di Jl. Asparaga no.27 Singgahan- Pelem-Pare. Panti Asuhan "Budi Mulia" diresmikan pada tanggal 09 Januari 1996 oleh Ibu Supariyadi selaku Ibu Bupati yang menjabat pada saat itu. Selanjutnya kantor pengurus pun juga dipindahkan ke alamat tersebut. Selanjutnya gedung yang telah sempurna diresmikan pada tahun 2000.

Setelah beberapa tahun didirikan dan menampung anak-anak yatim, Panti Asuhan "Budi Mulia" pun meraih salah satu penghargaan dari Dinas Sosial Propinsi Jawa Timur Sebagai organisasi sosial berprestasi 2 tahun 2007.
 VISI MISI PANTI ASUHAN BUDI MULIA
Setiap lembaga atau organisasi selalu memili visi dan misi. Begitu pula dengan Panti Asuhan "Budi Mulia" juga memiliki Visi dan Misinya, diantara lain Visi
Terwujudnya masyarakat sejahtera, berkualitas yang dijiwai ajaran islam ahlussunnah waljama'ah dalam negara kesatuan Republik Indonesia yang diridloi Allah.
Misi
1. Mewujudkan masyarakat Indonesia, khususnya anak panti  yang bertaqwa dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
2. Mewujudkan masyarakat Indonesia, khususnya anak panti yang bertaqwa kepada Allah SWT, berkualitas dan mandiri.
3. Mewujudkan masyarakat Indonesia, khususnya anak panti yang sadar akan hak dan kewajibannya baik sebagai pribadi, warga negara, maupun anggota masyarakat sesuai ajaran islam.
4. Melaksanakan tujuan Muslimat NU, untuk mewujudkan masyarakat adil, makmur serta diridloi Allah SWT.



Kegiatan
a. Yang sudah dilaksanakan
1. Panti Asuhan
2. Penyantunan Anak Yatim Piatu di Luar Panti
3. Pelayanan Orang Lanjut Usia di Luar Panti
b. Yang Sedang Dilaksanakan: Penyantunan Anak Yatim / Terlantar
– Dalam Panti : 61 Anak
– Luar panti: 210 Anak
– Pembangunan Aula Dan Tempat Usaha, Tempat Ketrampilan
Program Harian
Program pendidikan bagi seluruh anak-anak yang tinggal dalam panti tersebut. Berikut merupakan jadwal program kegiatan harian yang harus diikuti(wajib) oleh setiap anak:

Pukul (WIB)

Kegiatan

04.00-04.30

Jama'ah Sholat Subuh

04.30-05.00

Diba'an

06.30-14.00

Sekolah Reguler

15.00-15.15

Jama'ah Sholat Ashar

17.30-18.00

Jama'ah Sholat Magrib

18.00-18.45

Mengaji Al-Qur'an

18.45-19.00

Jama'ah Sholat Isya

19.00-20.30

Madrasah Diniyah dengan beberapa pelajaran seperti:

  1. Fiqh
  2. Bahasa Arab
  3. Ta'lim Muta'lim
  4. Aqidatul Awam
  5. Tajwid
  6. Dsb.


Alamat
Jl. Asparaga 27 Singgahan Pelem Pare Kediri Jawa Timur
Telepon: (0354) 698483