Pengantar Kitab Syajaratul Ma’arif (5): Cara Meraih Kemuliaan

 
Pengantar Kitab Syajaratul Ma’arif (5): Cara Meraih Kemuliaan

LADUNI.ID, Jakarta - Tulisan ini merupakan sesi pengantar penulis kitab Syajaratul Ma’arif: Tangga Menuju Ihsan, yang ditulis oleh Syaikh Al-‘Izz bin Abdus Salam. Di dalam edisi ini akan dibahas tentang penjelasan tentang Cara Pemuliaan dan Pelajaran Penting. Selamat membaca.

***

LADUNI.ID, Jakarta - Barang siapa yang mengutamakan makhluk dalam semua sebab dari sebab-sebab itu maka dia menjadi semulia-mulia makhluk dan paling dicintai di mata Sang Khalik. Dan, setiap sebab dari sebab-sebab ini memiliki tingkatan di mana sebagian yang satu lebih utama dari sebagian yang lain.

Tingkatan para nabi itu berbeda-beda, demikian pula dengan para rasul, para arifin, para zahid, para abid dan orang-orang yang memiiliki perilaku mulia dan akhlak yang terpuji. Kenabian dan risalah merupakan seutama-utama sebab dan para rasul itu lebih utama dari para nabi, para nabi lebih utama dari pada arif, para arif lebih utama dari para amil, para amil berbeda-beda di kalangan mereka sesuai dengan kadar amal yang dilakukan. Demikian pula dengan tingkatan ilham, keramat dan derajat keukhrawian.

Walaupun para hamba berbeda-beda dalam sebab-sebab dan sifat, namun jika jenis sifat-sifat itu menyatu, maka orang yang memiliki sifat-sifat itu lebih banyak maka ia jauh lebih utama dari yang lain.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN