Kegiatan Ini Hanya Ada Saat Bulan Ramadhan

 
Kegiatan Ini Hanya Ada Saat Bulan Ramadhan
Sumber Gambar: Thirdman dari Pexels

Laduni.ID Jakarta – Bulan Ramadhan adalah dimana bulan yang di nantikan oleh umat muslim di seluruh dunia. Termasuk di Indonesia yang mayoritas penduduknya adalah pemeluk agama Islam. Terdapat ragam kegiatan yang hanya ada ketika di bulan Ramadhan seperti berbagi makan sahur gratis, ngabuburit, berbagi takjil gratis, buka bersama, shalat Tarawih, khataman Al Qur’an, I'tikaf dan mudik. Berikut ragam kegiatan yang biasa dilakukan dan dijumpai sepanjang bulan Ramadhan.

Baca Juga: Makanan Sahur yang Baik Sesuai Hadis Nabi

1. Berbagi Makan Sahur Gratis

Salah satu bentuk contoh saling tolong menolong di bulan Ramadhan terdapat banyak sejumlah komunitas, organisasi dan bahkan perorangan untuk berbagi makan sahur. Biasanya mereka berkeliling membagikan makan sahur yang sudah dikemas begitu rupa. Dan kegiatan ini hanya bisa di jumpai saat bulan Ramadhan saja.

2. Ngabuburit

Ngaburit adalah kegiatan untuk mengisi waktu jelang berbuka puasa. Terdapat banyak kegiatan yang biasa dilakukan seperti memburu menu berbuka puasa, Tadarus Al-Quran, berkumpul dengan kerabat hingga menyiapkan masakan untuk menu berbuka puasa.

3. Berbagi Takjil Gratis

Tidak hanya ketika sahur saja. Jelang berbuka puasa, ada kebiasaan yang lazim dilakukan oleh kelompok atau pengurus masjid yang membagikan atau menyediakan Takjil gratis. Takjil adalah panganan olahan khas, baik makanan atau minuman segar yang lazim disajikan sebagai menu pembuka berbuka puasa.

Baca Juga: PAC GP Ansor Bangsal Membagikan Takjil Gratis

4. Buka Puasa Bersama (Bukber)

Buka puasa bersama atau disingkat Bukber lazim ditradisikan oleh sekelompok orang, atau komunitas yang sifatnya terbatas. Buka puasa bersama biasanya menjadi ajang momen silaturahim antar anggota kelompok atau komunitas.

5. Shalat Tarawih

Salah satu ibadah yang hanya ada di bulan Ramadhan adalah melakukan shalat Tarawih secara berjamaah di masjid dan dilakukan ba’da Isya. Shalat Tarawih sebenarnya bisa di kerjakan secara berjamaah maupun perorangan di rumah.

Baca Juga: Fadilah Shalat Tarawih Malam Pertama

6. khataman Al Qur’an

Khataman Al-Qur’an dilakukan bukan hanya pada saat bulan Ramadhan saja melainkan di bulan bulan lainya juga di lakukan, namun meski bisa dilakukan setiap bulan, tetapi bulan Ramadhan biasanya memotivasi setiap orang untuk menghatamkan Al Qura’n atau tadarusan yang bisa dilakukan secara perorangan atau berkelompok.

7. I'tikaf

I’tikaf yang berarti berdiam diri di dalam masjid dengan niat ibadah semata mata hanya berharap kepada Allah SWT, walauppun di hari hari biasanya banyak yang melakukanya tetapi yang paling utama dapat dilakukan di bulan Ramadhan.

8. Mudik

Mudik adalah pulang kampung halaman untuk berkumpul bareng dengan keluarga dan hal ini yang paling di nantikan oleh orang yang merantau ke daerah lain. Bagi perantau, momen Idul Fitri menjadi momen melepas kerinduan kepada sanak keluarga, dan lingkungan sekitar di kampung halaman sekaligus ajang saling memaafkan.

Baca Juga: Menghidupkan SIlaturrahim Melalui Mudik Lebaran

Akan tetapi, di musim pandemi ini tidak semua ragam kegiatan tersebut dapat dilakukan seperti biasanya. Mengingat, pandemi Covid 19 masih belum punah sepenuhnya. Dalam menerapkan ragam kegiatan tersebut diatas, kita harus menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat dan mematuhi anjuran (himbauan) pemerintah guna memutus mata rantai penyebaran wabah Korona. (Latif)