Kisah Hercules yang Jarang Diketahui Orang

 
Kisah Hercules yang Jarang Diketahui Orang
Sumber Gambar: Hercules/Kabar24

Laduni.ID, Jakarta – Hercules, siapa yang tak mengenal nama besar dunia hitam ini, sosok yang tergambarkan dengan kekejaman, kengerian, dan kebrutalan. Lahir dengan nama Rozario Marshal ini memiliki kisah yang jarang diungkap oleh siapapun, sehingga ketika mendengar nama Hercules orang-orang akan mengenalnya sebagai “Preman Penguasa Tanah Abang”.

Hercules yang memilik postur tubuh kecil selalu menjadi ciri yang dapat dikenali, ditambah dengan beberapa bagian tubuh yang menjadi bukti sejarah hidupnya begitu keras. Tangan kanan yang hanya tersisa sampai siku, dan bola mata sebelah kanan yang digantikan dengan bola mata buatan.

Suatu ketika, ada seseorang yang menanyakan tentang mitos yang beredar bahwa Hercules adalah orang yang kebal terhadap peluru. Namun hal tersebut dibantah oleh dirinya sendiri, sebagaimana dikutip dari Fanspage Barisan Kyai Kampung dirinya mengatakan, “Kita tidak kebal peluru. Kita selalu selamat karena berbuat amal, membantu anak yatim piatu. Doa mereka yang selalu membuat saya selamat,” sahutnya dengan tersenyum.

Di balik sosok yang digambarkan dengan kengerian, ternyata ada fakta yang tak dapat disangkal oleh siapapun. Hercules adalah penerima penghargaan Bintang Seroja, yaitu tanda kehormatan pemerintah atas upaya anggota TNI/Polri yang di anugerahkan pada periode 1975-1999 untuk mereka yang berjasa dalam menanggulangi masalah keamanan oleh gerombolan pengacau dari luar batas negara di wilayah Nusa Tenggara Timur.

Di sisi lain, Hercules juga orang dermawan, hal itu terbukti saat ia membantu para korban kebakaran dengan menyumbang berton-ton beras dan juga pakaian, serta memberikan buku-buku tulis untuk anak-anak belajar. Kepeduliannya terhadap pendidikan begitu besar, “Saya memang tidak tamat SMA. Tapi saya menyadari pendidikan itu penting,” kata ayah tiga anak ini.

Begitu juga saat dirinya mengetahui adanya musibah tsunami di beberapa wilayah di Indonesia, ia selalu rajin mengirimkan beras dan pakaian untuk para korban tsunami. Hercules tidak pernah kekurangan beras, maklum dirinya memiliki sekitar tujuh hektar sawah di daerah Indramayu, Jawa Barat. Hercules juga mengirim berbagai macam bahan bangunan untuk pembangunan masjid di berbagai daerah.

Saat ini Hercules telah keluar dari dunia hitam yang membesarkan namanya, sewaktu hidayah Allah datang kepadanya ia memutuskan untuk melangkah lebih baik.

“Dulu saya keluar masuk penjara karena kebodohan saya membela kemaksiatan, sekarang saya lebih siap keluar masuk penjara membela agama saya (Islam) bahkan mati sekalipun saya siap, karena itu lebih baik dimata ALLAH,” katanya.

يالله بالتوفيق حتى نفيق ونلحق الفريق

اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا ومولانا محمد وعلى آله وصحبه أجمعين

Keterangan foto: Hercules sowan ke Habib Luthfi bin Yahya/Barisan Kyai Kampung

Disadur dari Barisan Kyai Kampung


Editor: Daniel Simatupang