Membaca Surat An-Naas Sebelum Shalat Agar Dijauhkan dari Bisikan dan Gangguan Setan

 
Membaca Surat An-Naas Sebelum Shalat Agar Dijauhkan dari Bisikan dan Gangguan Setan
Sumber Gambar: Foto ist

Laduni.ID, Jakarta – Membaca surah An Naas sebelum melaksanakan shalat lima waktu dapat dijauhkan dari bisikan dan gangguan setan.

Surah An Naas yang terdiri dari enam ayat merupakan tergolong surah Makkiyah, karena surat An Naas turun di kota Mekkah sebelum nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah.

Surat ini sangat familiar bagi umat muslim, bahkan banyak orang yang hafal dengan surah tersebut. Surah An Naas merupakan surah terakhir dalam Al Qur’an yang ke 114.

Membaca surah Al-Nas sebelum melaksanakan shalat hukumnya adalah sunnah. Menurut seorang ulama besar dari kalangan Ahlissunah wal Jama'ah Al-Hujjatul Islam Asy-Syaikh Abu Hamid Muhammad bin Muhammad al Ghazali Ath-Thusi Asy-Syafi'i atau Imam Ghazali rahimahullah (wafat 19 Desember 1111 M, Thus, Iran), dalam kitab Bidayatul Hidayah, di antara keutamaan membaca surah Al-Nas sebelum melaksanakan shalat adalah dijauhkan dari bisikan dan gangguan setan. Karena itu, beliau menganjurkan untuk membaca surah ini sebelum melaksanakan shalat.

Baca Juga: SURAT AN-NAS (MANUSIA)

فَإِذَا فَرَغْتَ مِنْ طَهَارَةِ الْخَبَثِ وَطَهَارَةِ الْبَدَنِ وَالثِّيَابِ وَالْمَكَانِ وَمِنْ سَتْرِ الْعَوْرَةِ مِنَ السُّرَةِ إِلَى الرُّكْبَةِ فَاسْتَقْبِلِ الْقِبْلَةَ قَائِمًا مُزَاوِجًا بَيْنَ قَدَمَيْكَ بِحَيْثُ لَا تَضُمُّهُمَا وَاسْتَوِ قَائِمًا ثُمْ اقْرَأْ: قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ… تَحَصُّنًا بِهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

"Jika kamu telah selesai membersihkan kotoran dan najis yang ada di badan, pakaian, dan tempat shalat, dan telah menutup aurat dari pusar sampai dengkul, maka hendaklah kamu menghadap kiblat dengan berdiri dengan kaki yang lurus tetapi tidak dirapatkan sedangkan engkau berada dalam posisi tegak. Lalu bacalah surah Al-Nas untuk berlindung dari setan yang terkutuk.".

Di antara dalil yang dijadikan dasar kesunnahan membaca surah An-Nas sebelum melaksanakan shalat ini adalah hadis riwayat Imam Ahmad Ibnu Hambal, Imam Abu Daud, Imam An-Nasai rahimahumullah, dari Uqbah bin Amir Radhiyallahu Anhu, dia berkata;

حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ بْنُ مُسْلِمٍ قَالَ حَدَّثَنَا ابْنُ جَابِرٍ عَنْ الْقَاسِمِ أَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ عُقْبَةَ بْنِ عَامِرٍ قَالَ بَيْنَا أَنَا أَقُودُ بِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي نَقَبٍ مِنْ تِلْكَ النِّقَابِ إِذْ قَالَ لِي يَا عُقْبَةُ أَلَا تَرْكَبُ قَالَ فَأَجْلَلْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ أَرْكَبَ مَرْكَبَهُ ثُمَّ قَالَ يَا عُقَيْبُ أَلَا تَرْكَبُ قَالَ فَأَشْفَقْتُ أَنْ تَكُونَ مَعْصِيَةً قَالَ فَنَزَلَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَرَكِبْتُ هُنَيَّةً ثُمَّ رَكِبَ ثُمَّ قَالَ يَا عُقَيْبُ أَلَا أُعَلِّمُكَ سُورَتَيْنِ مِنْ خَيْرِ سُورَتَيْنِ قَرَأَ بِهِمَا النَّاسُ قَالَ قُلْتُ بَلَى يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ فَأَقْرَأَنِي قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ وَقُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ ثُمَّ أُقِيمَتْ الصَّلَاةُ فَتَقَدَّمَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَرَأَ بِهِمَا ثُمَّ مَرَّ بِي قَالَ كَيْفَ رَأَيْتَ يَا عُقَيْبُ اقْرَأْ بِهِمَا كُلَّمَا نِمْتَ وَكُلَّمَا قُمْتَ قَالَ أَبُو عَبْد الرَّحْمَنِ هُوَ عُقْبَةُ بْنُ عَامِرِ بْنِ عَابِسٍ وَقَالَ ابْنُ عَبْسٍ الْجُهَنِيُّ

"Ketika saya menuntun Rasulullah Saw pad9a sebuah perjalanan di Naqab, tiba-tiba beliau berkata kepadaku; ‘Wahai ‘Uqbah, tidakkah kamu menaiki kendaraan?’ Uqbah berkata, ‘Aku khawatir jika penolakanku adalah termasuk maksiat. Lalu Rasulullah  Saw turun, dan saya menaiki kendaraan beberapa saat, kemudian beliau naik kembali, lalu beliau bersabda, ‘Wahai Uqbah, maukah kamu aku ajari dua surah yang lebih baik dari dua surah yang biasa dibaca oleh manusia?’ Uqbah menjawab, ‘Iya, wahai Rasulullah.’

Lalu beliau membacakan kepadaku ‘Qul a’udzu bi rabbil falaq dan Qul a’udzu bi rabbin nas. Setelah itu iqamat dikumandangkan, Rasulullah Saw maju dan membaca kedua surah itu. Kemudian beliau melewatiku, dan bersabda, “Bagaimana menurutmu wahai Uqbah, bacalah kedua surah itu setiap kamu hendak tidur dan ketika kamu hendak melaksanakan shalat."


Editor: Nasirudin Latif