Tips Puasa Untuk Ibu Hamil

 
Tips Puasa Untuk Ibu Hamil
Sumber Gambar: id.pngtree.com (ilustrasi ibu hamil)

Laduni.ID, Jakarta - Bulan Ramadhan adalah bulan penuh rahmat dan berkah, dimana di bulan ini umat muslim diwajibkan menjalankan ibadah puasa. Lalu bagaimana jika seorang wanita sedang hamil? Apakah ibu hamil boleh menjalankan ibadah puasa?

Jawabannya adalah “boleh”, selama ibu hamil telah dilakukan pemeriksaan dan dinyatakan sehat dan telah dikonsultasikan dengan ahlinya, maka ibu hamil diperbolehkan untuk melakukan puasa khususnya selama bulan Ramadhan.

Puasa Ramadhan untuk ibu hamil, ternyata bukanlah suatu beban, namun sangat bermanfaat bagi kesehatan jika anda melakukan tips puasa untuk ibu hamil dengan tepat. Untuk lebih jelasnya anda dapat membaca artikel di bawah ini.

Perlu diperhatikan saat ibu hamil berpuasa harus senantiasa menjaga kehamilannya dengan berbagai perlakuan khusus. Berikut tips puasa bagi ibu hamil yang dapat dilakukan:

1. Minum Air Putih sebanyak-banyaknya dan makan-makanan yang mengandung protein yang tinggi serta lemak yang cukup. Usahakan selalu ada sayur dan buah-buahan untuk memenuhi asupan serta untuk memperlancar BAB dan minum susu atau susu khusus untuk ibu hamil.

2. Memakan makanan yang manis seperti kurma agar tidak cepat lemas saat berpuasa dan tidak memakan makanan yang terlalu pedas karena bisa mengganggu pencernaan.

3. Tidak makan sahur dengan terburu-buru dan hendaknya sahur mendekati imsak

4. Jika terjadi morning sicknes sebaiknya dikonsultasikan pada ahhlinya agar mendapatkan nutrisi atau suplemen khusus untuk mengatasi rasa mual

5. Niat bulat dan ikhlas saat menjalankan ibadah puasa akan dapat menghindarkan diri dari stres sehingga terasa ringan menjalankan puasa

6. Istirahat yang cukup dan mengurangi porsi aktivitas yang berat.


Sumber: Dirangkum dari berbagai sumber