Shalat

 

Serba-serbi Fikih Shalat Duduk

Laduni.ID, Jakarta Mumpung rame, sekalian saja saya bahas shalat fardlu duduk di bahasan fikih dasar kali ini. Semoga bermanfaat.

Makna Khusyu yang Terdapat dalam Al Qur'an

LADUNI.ID, Dewasa ini, kata khusyu’ seringkali dikaitkan dengan ibadah sholat. Padahal di dalam al-Qur’an, kata khusyu’ dan segala derivasinya disebutkan sebanyak 16 kali.

Shalat Sunnah Bakdiyah Maghrib dan Isya

Laduni.ID, Jakarta Diantara shalat sunnah yang dianjurkan (sunnah muakkadah) adalah dua rakaat sebelum shalat magrib sebagai Sunnah Qabliyah dan dua rekaat setelahnya sebagai Sunnah Ba’diyah.

Shalat Qashar dan Penjelasannya

Laduni.ID, Jakarta Agama memperbolehkan seorang musafir melakukan peringkasan (qashar) dalam shalat berjumlah empat rakaat menjadi dua rakaat, yakni shalat zhuhur, ashar dan isya'

Ketahuilah, Begini Tata Cara dan Ketentuan Melakukan Qashar Shalat

Laduni.ID, Jakarta Dalam beribadah Allah ternyata tidak selalu memberikan hukum yang berlaku permanen. Allah memberikan keringanan-keringanan kepada orang tertentu dalam kondisi tertentu. Hal ini mengingat keadaan yang dihadapi oleh seorang hamba tidak selalu berjalan mulus.

Soal Doa Iftitah Inni Wajjahtu

Laduni.ID, Jakarta Kali ini yang dipersoalkan adalah doa Iftitah dalam shalat. Dalam riwayat Muslim doa Iftitah ini tidak menyebut kalimat "inni Wajjahtu", namun langsung Wajjahtu Wajhiya dst. Yaitu:

Ibu Tanpa Mahram Menjemput Anaknya Ke Dayah, Tidak Boleh Jamak-Qashar Shalat

Laduni.ID, Jakarta "Walaupun tujuannya baik menjenguk dan menjemput anaknya di dayah, tetap dianggap maksiat bissafri,  karena tidak ada mahramnya

Ustadz Ma'ruf Khozin: Saat Gempa Bumi, Shalat Dibatalkan atau Diteruskan?

Laduni.ID, Jakarta Sudah tersebar video shalat berjamaah saat gempa bumi di Lombok. Ada yang lari membatalkan shalat dan Imam shalat tetap bertahan dalam shalatnya. Bagaimana cara yang tepat?

Dispensasi bagi Orang yang Selalu Bepergian

Laduni.ID, Jakarta Bagaimana pendapat Musyawarah mengenai orang yang hampir selalu musafir ?

Penambahan Lafadz pada Akhir Adzan Subuh

Laduni.ID, Jakarta Boleh dilakukan tatswib pada adzan Subuh, bahkan sunat hukumnya. Untuk shalat Subuh disunatkan dua adzan.