Artikel

 

Sastra Selalu Hadir

Sastra selalu bermuatan ediologi, kalau sastra tak ber-ediologi, ia hanya semacam anyaman senyap, haru-biru, dan bunga semata. Walau keindahan tetaplah menjadi bagian dari sastra, tetapi, apakah hanya cantik, tapi tak sholehah.

Sastra dan Pesantren

Hadirnya para pakar sastra dengan membincang sastra pesantren di Muktamar Sastra, membawa angin segar, khususnya bagi sastrawan yang belum banyak tahu seluk-beluk sastra pesantren, atau bagi peserta muktamar yang belum pernah mendengarnya.

Antara Universalisme Islam dan Lokaliitas

Islam Universal, itulah istilah ilmiah yang digunakan para ahli untuk menggambarkan betapa lengkap dan sempurnya pesan-pesan yang dibawa dalam Islam. Dengan kata lain, Islam dipercayai sebagai sumber ajaran yang bisa & cocok diterapkan secara universal. Dengan inilah kita percaya dengan kesempurnaan Islam sebagai "ajaran agama".

Hindari Evaluasi, Pentingnya Memahami

Dua minggu yang lalu, di kelas Komunikasi Penyiaran Dakwah, saya mendampingi mahasiswa berdiskusi tentang Dakwah melalui media film. Seperti biasa diskusi kelas dimulai dengan presentasi dan diskusi antar mahasiswa.

Kilas Balik Hari Santri dan Momentum Resolusi Jihad

22 Oktober menjadi hari santri memiliki latar belakang yang panjang. Saya menjadi salah satu saksi dan mengikuti dari awal pada sisi resolusi jihad. Sementara sisi ide dan gagasan hari santri hanya saya ikuti dari media.

Tips Cerdas Bermedia Sosial

Dalam salah satu episode serial “Upin Ipin”, si kembar asal negeri jiran ini memainkan opera bersama para sahabatnya. Lakon sandiwara berjudul "Pengembala dan Serigala". Jarjit, yang memerankan seorang pengembala biri-biri, iseng berteriak minta tolong karena ada serigala datang. Upin dan Ipin yang memerankan petani, tergopoh-gopoh mau menolongnya.

Belajar Ikhlas

Judul tulisan ini hanya dua kata, Belajar Ikhlas, tetapi sungguh berat melakukan satu pekerjaan secara ikhlas. Karena ikhlas adalah puncak dari rentetan aktifitas yang diawali oleh niat. Niat yang ikhlas bermakna tidak ada tendensi lain saat melakukan aktifitas apapun selain karena ibadah, bekerja dengan ragam profesi bukan semata karena ingin mendapatkan upah dan gaji tapi

Penyakit itu Bernama Hoax

Hoax menurut wikipedia adalah :”Sebuah pemberitaan palsu adalah usaha untuk menipu atau mengakali pembaca/pendengarnya untuk mempercayai sesuatu, padahal sang pencipta berita palsu tersebut tahu bahwa berita tersebut palsu.

Ustadz Faris Khoirul Anam : Warga Internet dan Muslihat Propaganda Bagian 2

The devices of propaganda atau muslihat propaganda itu meskipun ditampilkan hampir puluhan tahun lalu, namun sampai sekarang masih menjadi bahan kajian dan banyak tercantum dalam berbagai literatur, karena pada kenyataannya memang banyak yang mempraktikkannya (Onong Uchjana Effendy, Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek, hal 67-68)

Ustadz Faris Khoirul Anam : Warga Internet dan Muslihat Propaganda Bagian 1

Pada tahun 1939 menjelang Perang Dunia II, penerbit Harcout, Brace and Company di Amerika Serikat menyebarkan publikasi berjudul The Fine Art of Propaganda yang mencantumkan apa yang dikenal sampai sekarang The Devices of Propaganda (Muslihat Propaganda) yang terdiri dari tujuh jenis sebagai berikut:

Menampilkan 161 - 170 dari 190 Artikel