Muamalah

 

Inilah Hukum Mengantar Majikan Non Muslim Kebaktian di Gereja

Bagaimana hukumnya kita bekerja pada orang non muslim dan setiap mereka ibadah kita ikut ke tempat ibadah mereka ( tapi hanya sebatas mengantar ), contohnya para TKI yang mengantar dan menunnggui majikannya di dalam gereja ?

Inilah Solusi Tanah Sengketa yang Diklaim Hibah

Jika ada rumah yang menjadi sengketa. Maka yang berhak atas rumah tersebut adalah siapa yang menempati rumahnya dengan catatan ia mau bersumpah bahwa yang ia tempati adalah haknya.

Penjelasan Mengenai Uang Halal yang Bercampur dengan Uang Haram

Uang haram dicampur uang halal jadi uang halal apa haram ? Terima kasih. 

Inilah Penjelasan tentang Wakilnya Wakil dan Upah Bagi Wakil

Jika si wakil tidak sanggup mengerjakannya atau ada uzdur syar'i hukumnya boleh wakil mewakilkan lagi kepada orang lain dan harus meminta izin kepada muwakkil. Wakalah dengan upah itu boleh tapi hukumnya seperti ijaroh.

Pembantu yang Memakan Makanan Majikan Tanpa Izin

Ustadz dan ustadzah, saya mau tanya : bagaimana hukumnya pembantu makan makanan majikan tanpa ijin karena lapar apa sama degan mencuri ? Mohon penjelasannya! Terima kasih.

Menerima Pembayaran Hutang dari Uang Haram Menurut Hukum Islam

Bagaimana hukumnya jika seseorang yang berlainan agama meminjam uang kita lalu dia mengembalikanya uang itu hasil dari uang haram, misalkan togel atau hasil dari mencuri, padahal uang yang kita pinjamkan tadi kita cari dengan jalan halal. Mohon pencerahannya. 

Menyamaratakan Pemberian kepada Anak Menurut Hukum Islam

Hukum orang tua tidak menyamaratakan dalam pemberian kepada anaknya menurut madzhab syafii? pendapatnya siapa? bagaimana istinbat hukumnya?

Penjelasan tentang Pembebasan Tanah Oleh Pemerintah untuk Pelebaran Jalan

Pemerintah hanya wajib mengganti dengan harga standar bila penggusuran tersebut adalah untuk kepentingan umum (orang islam)

Dampak dari Akad Transaksi yang Rusak

Melakukan aqad mu'amalah fasidah hukumnya haram bagi yang mengetahui bahwa hal itu dilarang oleh agama, atau bagi yang tidak mengetahui, sebab mengabaikan kewajiban belajar ilmu agama tanpa alasan yang prinsip.

Hukum Gaji dari Hasil Mencuri Waktu

Termasuk korupsi (mencuri) waktu, dan uang tersebut (yang tidak kerja tapi dibayar) itu haram. Untuk urusan Ibadah Sholat, alangkah baiknya minta waktu sejenak pada majikan untuk melakukan Sholat.