Artikel

 

Ziarah di Makam KH. Anas Abdul Jamil Buntet, Muqaddam Pertama Tarekat Tijaniyah

KH. Anas Abdul Jamil Buntet, Muqaddam Pertama Tarekat Tijaniyah Indonesia

Ziarah di Makam KH. Moch Khozin, Pengasuh Pesantren Al-Hamdaniyah Sidoarjo

KH. Moch Khozin merupakan ulama yang berasal dari Mojosari, Kabupaten Mojokerto yang memiliki nama lengkap KH. Moch Khozin ibn kyai Khoiruddin ibn Ghazali ibn R. Musthofa (Mbah Jarot), beliau lahir pada tahun ± 1875 M.

Alasan Unta Nabi Muhammad SAW Berhenti di Kediaman Abu Ayub Al-Anshori

Pada suatu waktu yang penuh keajaiban, Nabi Sulaiman AS dan sahabat setianya, Tuan Tubbah Harrari, menjelajahi jalan-jalan menuju Kota Yatsrib, yang dikenal juga sebagai Madinah. Saat mereka tiba di sana, Nabi Sulaiman AS dengan penuh kehangatan memberitahu Tuan Tubbah Harrari tentang sebuah takdir yang menakjubkan.

Biografi H. M. Fajrul Falaakh S.H, M.A, M.Sc, Perumus Nilai Dasar Pergerakan PMII

Dedikasinya sebagai pengajar hukum tata negara membuat dirinya diberikan gelar kehormatan oleh Presiden berupa Satya Lencana pada tahun 2004. 

Biografi KH. Mufid Mas'ud, Pendiri Pondok Pesantren Sunan Pandananaran

Sudah bukan asing lagi, bila Pondok Pesantren Sunan Pandanaran (PPSPA) itu tempatnya orang yang ingin menghafalkan Al-Qur’an. Dan sebagai pelengkapnya, KH. Mufid menyarankan para anak didiknya untuk membaca shalawat dala’ilul khoirot minimal seminggu sekali. Istilahnya beliau, ”Al-Qur’an di tangan kanan dan shalawat di tangan kiri”.

Mengenal Abu Hurairah, Sahabat Nabi dengan Ingatan yang Luar Biasa

Meskipun waktu bertemu langsung dengan Rasulullah hanya berlangsung selama empat tahun, Abu Hurairah tidak pernah menyia-nyiakan setiap momen yang diberikan kepadanya. Selama periode empat tahun tersebut, ia dengan setia mendedikasikan dirinya untuk melayani Rasulullah SAW. Meskipun masa itu singkat, kehadiran Abu Hurairah memberikan kontribusi yang tak ternilai bagi Rasulullah dan umat Islam.

Dalam Sejarah, NU Tidak Pernah Berseberangan dengan Pemerintah

Sejarah Nahdlatul Ulama (NU) di Indonesia memang menunjukkan bahwa hubungannya dengan pemerintah tidak selalu berbenturan secara langsung atau konfrontatif.

Ditemukannya Al-Quran Kuno dengan 1000 Halaman Milik Dinasti Mughal

Salah satu peninggalan bersejarah yang memukau dari kekayaan budaya Islam adalah sebuah Al-Qur'an yang memiliki 1000 halaman, yang merupakan bagian dari warisan gemilang Dinasti Mughal di India.

Pesantren Hidayatullah Keraton Taman Hudaya Bincau, Martapura, Kalimantan Selatan

Sistem Pendidikan Dilaksanakan Dengan Mengedepankan Pendalaman Ilmu Pengetahuan Yang Seimbang Antara 50% Pengetahuan Umum Dan 50% Agama, Agar Santri Dapat Berkiprah Dalam Lingkungan Masyarakat Dan Bernegara Baik Dalam Urusan Dunia Maupun Urusan Akhirat.

Biografi Syekh Muhammad Suja'i Al-Kudani (Mama Gudang), Gurunya para Ulama Tanah Pasundan

Syekh Muhammad Suja'i al-Kudani (Mama Gudang) juga aktif dalam berdakwah dan menyebarkan ajaran Islam yang moderat, toleran, dan rahmatan lil alamin beliau sering mengunjungi berbagai daerah seperti Banten Jakarta, Lampung, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku untuk memberikan ceramah pengajian dan bimbingan rohani.

Menampilkan 141 - 150 dari 13.147 Artikel