Artikel

 

Peristiwa-Peristiwa Besar yang Bersejarah di Bulan Ramadhan

Peristiwa-peristiwa besar dan bersejarah yang terjadi di bulan Ramadhan menunjukkan bahwa Islam sangat menjunjung tinggi kebenaran, dan bahwa slogan puasa yang diwajibkan di bulan Ramadhan itu tidak lain menyiratkan makna kekuatan, jihad dan kerja.

Biografi KH. Nahduddin Royandi Abbas, Pengasuh Pesantren Buntet Cirebon

KH. Nahduddin Royandi Abbas senantiasa mengingatkan pentingnya ikhlas, jujur, dan tawadlu. Pesan itu disampaikan berulang kali dalam setiap momen. Tiga hal itu, sepertinya, pondasi penting Mbah Din dalam berkehidupan.

Biografi Anregurutta KH. Daud Ismail, Pemimpin Pesantren As’adiyah Sulawesi Selatan (1953-1961)

Gurutta Daud Ismail  memulai pendidikan awalnya dimulai di bawah bimbingan orang tuanya di rumah, khususnya dalam mempelajari Al-Qur'an. Selanjutnya, beliau melanjutkan pendidikannya ke berbagai pesantren di Sengkang, di mana beliau belajar dari berbagai ulama terkemuka di wilayah tersebut.

Berbagai Tempo Bacaan Al-Qur'an yang Diperbolehkan

Dari uraian di atas, dapat dipahami bahwa cara membaca Al-Qur'an yang diperbolehkan dan disepakati oleh ulama adalah ada empat macam, yakni At-Tartil, At-Tahqiq, At-Tadwir dan Al-Hadr.

Pandangan Gus Dur terhadap Konstribusi Kyai di Masyarakat

Abdurrahman Wahid, atau yang akrab disapa Gus Dur, merupakan salah satu tokoh yang gigih dalam mempromosikan peran kyai dalam masyarakat Indonesia.

Beberapa Komentar Ahli Hadis terhadap Validitas Kitab Sahih Bukhari dan Muslim

Perlu diketahui lebih dulu bahwa sebagian besar hadis-hadis Bukhari diakui sebagai hadis sahih oleh ahli-ahli hadis. Namun juga diakui bahwa sejumlah kecil hadis-hadis Bukhari dan Muslim, dikritik oleh sejumlah ahli-ahli hadis masa lalu.

Biografi KH. Luthfi Ahmad Pengasuh Pesantren Madinatul Ulum, Jember

KH. Muhammad Luthfi Ahmad, lahir di Jember 2 Januari 1965, bersuku Madura, berkulit matang agak gelap, tinggnya sekitar 165 cm, badannya tegap, penampilan dan tutur katanya kelam tetapi tegas, sehingga memancarkan sinar kewibawaan seorang kyai yang kharismatik.

Ziarah di Makam KH. Muhammad Kurdi (Mama Kurdi), Mursyid Tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah, Kab. Cimahi

KH. Muhammad Kurdi (Mama Kurdi), Mursyid Tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah, Kab. Cimahi

Biografi KH. Oesman Mansoer, Pendiri Universitas Islam Malang

Cita-citanya untuk mengabdi di dunia pendidikan terus belanjut, sekitar tahun 1955, Kyai berputra 11 orang dari pasangan Hj. Fathonah, cucu KH. A. Ghoni Surabaya ini menjadi Kepala SMP Islam Jl. Kartini Malang.

Biografi KH. Harun Abdul Jalil Kempek Cirebon

Selepas KH. Harun Abdul Jalil menuntut ilmu di berbagai pesantren, tepat pada tahun 1908, KH. Harun Abdul Jalil mendirikan Pondok Pesantren Kempek.

Menampilkan 41 - 50 dari 13.085 Artikel