Dr Shigeo Haruyama: Fakta, Inilah Alasan Mengapa Orang - Orang yang Suudzon Sering Sakit

 
Dr Shigeo Haruyama: Fakta, Inilah Alasan Mengapa Orang - Orang yang Suudzon Sering Sakit

Dr Shigeo Haruyama, spesialis bedah saluran pencernaan dari jepang, “Orang yang membiasakan diri berpikir positif memiliki resistensi kuat terhadap penyakit. Sementara orang yang senantiasa berpandangan negatif akan cepat jatuh sakit, bahkan meskipun keduanya (orang yang terbiasa berpikir positif dan negatif) berada dalam kondisi dan memiliki gaya hidup yang sama.”

Terbukti secara medis bahwa faktanya, pikiran negatif memicu tubuh untuk menciptakan zat-zat yang mempercepat proses penuaan dan pertumbuhan sel kanker. Sementara pikiran positif memicu tubuh untuk memproduksi zat-zat yang mampu membuat tubuh tetap muda dan sehat. Zat-zat tersebut umumnya disebut hormon.

“Jiwa dan raga tak pernah putus berdialog.” Tutur Dr Shigeo Haruyama

Ada 4 jenis hormon yang berkaitan dengan pola pikir yang penting kita ketahui. Yaitu hormon adrenalin, nonadrenalin, beta endorfin dan enkefalin.

Non adrenalin diproduksi di otak ketika kita cemas atau stress. Ketika merasa takut, adrenalin akan muncul. Hormon-hormon ini sebetulnya sangat penting untuk mempertahankan hidup, namun di sisi lain hormon-hormon ini juga sangat beracun. Hormon tersebut dapat membuat kita mudah sakit, cepat tua bahkan meninggal dini.

Sebaliknya, jika kita terbiasa memproduksi hormon beta endorfin, maka dipastikan tubuh kita akan sehat. Hormon ini membuat kita awet muda, dan mampu memerangi sel-sel kanker yang ada di dalam tubuh. Hormon beta endorfin ini disebut juga sebagai hormon kebahagiaan. Bahkan efeknya 6 kali lebih kuat daripada obat bius.

Kesimpulannya, hidup sehat hanya tercipta dengan pikiran positif, pikiran penuh rasa syukur, bukan sebaliknya. Jadi, pandai-pandailah berprasangka baik terhadap ketentuan Allah dan syukurilah apa yang sudah kita miliki bukan mengeluhkan apa yang belum dimiliki. Karena “Allah sesuai dengan prasangka hambanya.”