Tujuan Khusus Pendidikan Agama

 
Tujuan Khusus Pendidikan Agama

LADUNI.ID, KOLOM- Tujuan khusus pendidikan Agama pada setiap tahap atau tingkat yang dilalui, seperti misalnya tujuan pendidikan Agama untuk SD berbeda dengan tujuan pendidikan Agama untuk Sekolah Menengah, dan berada pula untuk Peguruan Tinggi.

Adapun tujuan pendidikan Agama Islam untuk masing-masing tingkat sSekolah Dasar adalah: penanaman rasa agama kepada murid, menanamkan perasaan cinta kepada allah dan rasul-Nya. memperkenalkan ajaran islam yang bersifat global, seperti rukun iman, rukun islam dan lain-lain, membiasakan anak-anak berakhlaq mulia, dan melatih anak-anak untuk mempraktekkan ibadah yang bersifat praktis-praktis, seperti shalat, puasa dan lain-lain, embiasakan contoh tauladan yang baik.

Sedangkan untuk Tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP), tujuannya adalah: memberikan ilmu pengetahuan agama islam, memberikan pengertian tentang agama islam yang sesuai dengan tingkat kecerdasannya, memupuk jiwa agama, membimbing anak agar mereka beramal shaleh dan berakhlaq mulia.

Selanjutnya, untuk tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) bertujuan,  menyempurnakan pendidikan agama yang sudah diberikan di tingkat SLTP, memberikan pendidikan dan pengetahuan agama islam serta berusaha agar mereka mengamalkan ajaran islam yang telah diterimanya.

Mereka Untuk Tingkat Universitas tujuannya adalah,pertama, Terbentuknya Sarjana Muslim yang taqwa kepada Allah. Kedua,  tertanamnya aqidah islmiyah pada setaip mahasiswa. Ketiga, terwujudnya mahasiswa yang taat beribadah dan berakhlaq mulia.

Adapun tujuan akhir pendidikan Islam hakikatnya adalah realisasi dari cita-cita ajaran Islam itu sendiri, yang membawa misi bagi kesejahteraan umat manusia sebagai hamba Allah lahir dan batin, di dunia dan akhirat.

 

Helmi Abu Bakar El-Langkawi Penggiat Literasi Asal Dayah MUDI Masjid Raya Samalanga, Aceh.