Hukum Wanita yang Menjadi Saksi Pernikahan

 
Hukum Wanita yang Menjadi Saksi Pernikahan

PERTANYAAN :

Assalaamu'alikum. Member baru mau tanya : dalam tingkah ikhtiar, adakah qoul yang memperbolehkan wanita menjadi saksi menggantikan laki laki di dalam suatu aqad nikah ?misal wanitanya adalah seorang bu nyai seorang ulama besar . (maap tidak ada maksud untuk ngrasani . ini murni pertanyaan dari negri seberang).

 

JAWABAN :

Wa'alaikumsalam, belum menemukan qaul yang membolehkan saksi nikah wanita (Jumhur ulama), kecuali dari Qaul ulama hanafi, yang membolehkan saksi nikah 2 wanita+1 laki-laki. Berbeda dengan saksi pada bidang-bidang yang lain ( selain nikah)

الذكورة: شرط عند الجمهور غير الحنفية، بأن يكون الشاهدان رجلين، فلا يصح الزواج بشهادة النساء وحدهن ولا بشهادة رجل وامرأتين، لخطورة الزواج وأهميته، بخلاف الشهادة في الأموال والمعاملات المالية، قال الزهري: "مضت السنة ألا تجوز شهادة النساء في الحدود، ولا في النكاح، ولا في الطلاق"(2) ولأنه عقد ليس بمال، ولا يقصد منه المال، ويحضره الرجال في غالب الأحوال، فلا يثبت بشهادة النساء كالحدود.وقال الحنفية: تجوز شهادة رجل وامرأتين في عقد الزواج، كالشهادة في الأموال؛ لأن المرأة أهل لتحمل الشهادة وأدائها، وإنما لم تقبل شهادتها في الحدود والقصاص فللشبهة فيها بسبب احتمال النسيان والغفلة وعدم التثبت، والحدود تدرأ بالشبهات

Bagi jumhur Ulama saksi Lak-laki adalah syarat tuk sahnya nikah, hal ini berbeda dengan iamam Hanafi. Jumhur berpendapat Saksi itu harus dua orang laki-laki, maka tidak sah nikah dengan saksi wanita atau dengan saksi satu laki-laki dan dua wanita..karena nikah adalah perkara yang sangat sakral. Berbeda dengan saksi di dalam interaksi harta.

Ibarot al-Ghoyah syrah Hidayah (fiqih hanafi)

وَلَا يَنْعَقِدُ نِكَاحُ الْمُسْلِمِينَ إلَّا بِحُضُورِ شَاهِدَيْنِ حُرَّيْنِ عَاقِلَيْنِ بَالِغَيْنِ مُسْلِمَيْنِ أَوْ رَجُلٌ وَامْرَأَتَيْنِ عُدُولًا كَانُوا أَوْ غَيْرَ عُدُولٍ

Nikah tidak sah kecuali dengan hadirnya dua saksi yang merdeka, balig, islam dan sah dengan saksi seorang laki-laki dan dua wanita baik mereka adil/lurus atau tidak.

Menurut kesepakatan 3 madzhab yakni madzhab Syafii, hambali dan maliki saksi dalam pernikahan adalah harus laki-laki. Tetapi menurut madzhab Hanafi boleh dengan 2 orang wanita dengan menambahkan 1 orang laki-laki. tidak diperkenankan dengan 2 wanita saja.

و اتفق الثلاثة على اشترط الذكور فى الشاهدين ، اما الحنفية فقالوا العدالة غير شرط فى صحة العقد و لكنها شرط فى اثباته عند الانكار، و لا تشترط الذكورة فيصح بشهادة رجل و امراتين و لكن لا يصح بالمراتين وحدهما بل لا بد من و جوج رجل معهما    الفقه على المذاهب الاربعة ٤/٢٨

Wallaahu A'lamu Bis Showaab.


Sumber: Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah