Panti Asuhan Al Hikmah Semarang

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Panti Asuhan Al Hikmah Semarang

Profil

Panti asuhan Al Hikmah berdiri dan berawal dari sebuah kegiatan penyantunan serta pendampingan terhadap anak-anak yatim piatu, fakir miskin dan anak tidak mampu di lingkungan pengajian al Qur’an untuk anak-anak di Kel. Ngaliyan Kec. Tugu.

Selanjutnya bersama tokoh-tokoh masyarakat setempat mendirikan yayasan untuk menggalang kepedulian masyarakat untuk meningkatkan mutu pelayanan terhadap anak-anak penyandang masalah sosial tersebut di atas.

Adapun yayasan ini didirikan oleh: Dwi Sutarno, Muhammad Muzamil, Jayadi dan Ir. Ahmadun tepatnya pada tanggal 30 April 1992 dengan nama Yayasan Fastabiqul Khoirot yang bergerak di bidang usaha kesejahteraan sosial (menyantuni anak yatim piatu, yatim/piatu, fakir miskin, anak-anak terlantar, gepeng/gelandangan dan pengemis jalanan, anak-anak Korban Kekerasan Rumah Tangga/KKRT, anak-anak kurang mampu dan lain-lainnya) dengan akte notaris:Salekoen Hadi, SH No. 120 Tanggal 30 April 1992 dan saat ini kantor/sekretariat yayasan/panti asuhan berada di Jl. Krt Wongsonenegoro/Beringin Raya No. 4 RT. 07RW. X Kel. Wonosari Kec. Ngaliyan Kota Semarang.

Pengurus

Struktur Organisasi Panti asuhan Al Hikmah Struktur organisasi yayasan ini terdiri dari :

Pelindung :

1. Dinas Sosial Provinsi Jawa tengah
2. Dinas Pemuda Dan Olah Raga KotaSemarang
3. Kepala Kecamatan Ngaliyan
4. Kepala Kelurahan Wonosari
5. Ketua RW 10 Kelurahan Wonosari
6. Ketua RT 07

Pembina :
1. Rudi Ahmadi, SHI
2. Mujiono NR, SHI
3. Hj. Buyung Megawati

Ketua :
KH. Muhammad Muzammi

lSekretaris :
Sukron, SHI

Bendahara:
Susanti

Pengawas:
1. Drs. KH. Muhammad Ghufron Bisri
2. Hj. Kanti Haryati
3. Komari

Departemen Anggaran Rumah tanggaAnggaran dan Rumah Tangga :
1. Nisa Aulia Yuliarti
2. Siti Nurminah

Pendidikan Dan Keagamaan :
1. Drs. Soleh
2. Kusmiyanto

Humas:
1. Nuryanto S. Sos
 2. Drs. Shofi’i

Pengembangan usaha:
1. Ahmad Syaefudin Mz
2. Rahmad Budicahyo

Pembantu Umum:
1. Baidlowi
2. Erlyn Suhandayani

Kesejahteraan dan Kesehatan :
1. Rukini Maftukhah
2. Suyono
 

Program

Kegiatan Panti Asuhan Al Hikmah Wonosari, Ngaliyan, Semarang. Salah satu upaya panti asuhan Al Hikmah dalam membekali anak asuhnya pada aspek kepercayaan diri adalah melalui pendidikan keagamaan yang dilaksanakan setiap hari di panti asuhan. Pendidikan keagamaan disini bertujuan untuk membentuk karakter pribadi seorang anak asuh yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berilmu, berakhlaqulkarimah, disiplin, dan percaya diri.

Pendidikan keagamaan ini dilaksanakan melalui berbagai kegiatan-kegiatan yang bersifat keagamaan yang sudah terjadwal setiap harinya. Kegiatan-kegiatan keagamaan tersebut adalah;

1.Pengajian

Kegiatan pengajian ini dilaksanakan setiap hari sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh pengasuh yang ditunjuk oleh panti asuhan. Adapun pelaksanaannya adalah setelah shalat maghrib dan shalat isya’ di masjid panti asuhan. Pengajian ini diikuti oleh seluruh anak asuh baik yang remaja maupun anak-anak. Untuk yang anak-anakdilaksanakan setelah shalat maghrib yakni belajar membaca al Qur’an. Sedangkan untuk yang remaja dilaksanakan setelah shalat isya’ yakni pada pengkajiankitab-kitab, al Qur’an dan Al Hadits.

Untuk pengkajian kitab-kitab, ini disampaikan langsung oleh pimpinan panti asuhan yakni Bapak Muzamil. Pada saat menyampaikan materi yang dipaparkan anak asuh mendengarkan dengan seksama seperti halnya dipondok pesantren. Kemudian untuk pengkajian pada alQur’an dan al Hadits, pengasuh lebih menekankan pada penguasaan dalil-dalil al Qur’an dan al Hadits.

2. Latihan khitobah (pidato)

Latihan khitobah ini dilaksanakan selama 1 minggu sekali dan bergantian sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Untuk anak yang mendapat tugas tampil diberikan materi oleh pengasuh 1 minggu sebelum pelaksanaan dimulai. Dengan maksud agar anak dapat berlatih dan mempersiapkan terlebih dahulu. Kegiatan ini hanya diperuntukkan pada remaja panti asuhan,anak-anak asuh yang remaja di data dan diberikan tugas untuk mengikuti kegiatan keagamaan tersebut.

Masing-masing anak asuh diberikan jadwal kegiatan tersebut tujuannya untuk mengetahui giliran tampil masing-masing anak asuh. Pada saat pelatihan pidato ini, pembimbing dan seluruh anak asuh lainnya menyaksikan teman-temannya memaparkan apa yangmereka tampilkan. Setelah latihan ini selesai pembimbing mengevaluasi dan memberi arahan kepada semua anak asuh baik yang tampil maupun yang
menyaksikan.

Sehingga anak secara tidak langsungmendapat ilmu dalam hal kaitannya dengan pelatihan ini. Selain itu tujuan diselenggarakannya latihan pidato ini adalah untuk melatih keberanian, mental, dan kepercayaan diri anak asuh khususnya yang remaja untuk nantinya ketika terjun ke dalam masyarakat.

3.Kegiatan keagamaan Lainnya

Kegiatan keagamaan yang lainnya adalah dalam bentukpelaksanaan ibadah sehari-hari yakni menjalankansholat lima waktu berjama’ah dan membaca al Qur’an,al Berjanji, mujahadahan dan lain-lain. Selain itu, anakasuh juga diajak untuk latihan puasa sunnah dan sholatmalam. Kegiatan membaca al Qur’an ini dilaksanakansetiap hari setelah shalat maghrib, tapi terkadangsetelah shalat isya’. Sedangkan al Barjanji sehabisshalat isya’ yang dilaksanakan 1 minggu sekali yaknipada hari ahad. Kemudian mujahadahan dilaksanakan 1minggu sekali pada hari Jum’at

Sarana dan Prasarana

Sarana dan prasarana merupakan hal yang pentingguna menunjang terpenuhinya kebutuhan anak-anakasuh dalam panti asuhan. Diantara sarana dan prasaranatersebut adalah:1 buah ruang kantor;

  1. 1 buah ruangketerampilan
  2. 1 buah ruang makan dan hiburan
  3. 1 buahruang dapur 
  4. 1 buah gedung asrama putra 
  5. 1 buahgedung asrama putri
  6. 1 buah gedung lokal untuk wartel
  7. 1 buah buah sumur artetis
  8. 4 buah unit rumah pengurus
  9. 2 buah unit mobil antar jemput anak-anak sekolah
  10. 1buah buah Masjid Al Hikmah 
  11. 12 buah kamar mandi, 9WC, sarana tempat wudlu dan tempat cuci pakaian 
  12. 4 buah kandang kambing 
  13. 1 buah kandang sapi 
  14. 1 buah bangunan untuk toko material dan alat-alatlistrik.

Adapun keseluruhan bangunan tersebut menempati areal tanah yang dimiliki Panti Asuhan AlHikmah kurang lebih 2.800 M .

Alamat

 Jl. Krt Wongsonenegoro/Beringin Raya No. 4 RT. 07RW. X Kel. Wonosari Kec. Ngaliyan Kota Semarang Jawa Tengah