3 Jenis Dengki Menurut Imam Al-Ghazali

 
3 Jenis Dengki Menurut Imam Al-Ghazali
Sumber Gambar: Foto (ist)

Laduni.ID Jakarta – Dengki atau hasad merupakan penyakit hati yang cirinya tidak suka melihat orang lain senang dengan menginginkan nikmat orang lain hilang. Sifat dengki merupakan sepihak yang dimiliki seseorang sehingga sasaranya tidak mengetahuinya.

Baca Juga: Ini Tiga Macam Sifat Dengki yang Harus Dihindari

Dengki adalah wujud ketidakbersihan batin seseorang. Ia dipraktekkan oleh orang yang mengaku beriman atau tidak. Kedengkian orang beriman adakalanya diwujudkan dalam bentuk ketidaksukaan akan karunia yang diterima oleh orang lain yang dirinya tidak bisa mencapainya. Kedengkian orang yang tidak beriman adakalanya diwujudkan dalam bentuk menghalang-halangi seseorang untuk beriman kepada Allah (QS an-Nisaa', 4:54-55 dan al-Baqarah, 2:109).

Hasad adalah akhlak tercela yang amat dibenci oleh Allah Swt dan Rasul-Nya. Meski sebagian lagi ada yang membolehkan, tetapi dalam hal agama dan akhirat untuk memperoleh keridaan Allah SWT saja.

Baca Juga: Metode Orang Hasad dan Dengki

Menurut Imam Al-Ghazali dengki memiliki 3 tahap yaitu:

1. Menginginkan agar kenikmatan orang lain itu hilang dan ia dapat menggantikannya.

2. Menginginkan kenikmatan orang lain itu hilang, walaupun ia tak dapat menggantikan nikmat tersebut dengan merasakan mustahil untuk mendapatkannya. Asalkan dia gembira melihat kejatuhan orang tersebut. Ini adalah lebih jahat dari kedengkian yang pertama.

3. Dia tidak ingin kalau kenikmatan orang lain hilang, tetapi ia benci jika orang lain mendapat nikmat lebih darinya. Ini juga terlarang oleh karena ia tidak ridha atas kurnia Allah Swt.


---------
Editor: Nasirudin Latif