Ikhtiar Supaya Mendapatkan Keutamaan

 
Ikhtiar Supaya Mendapatkan Keutamaan
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID (ist)

Laduni.ID, Jakarta – Diriwayatkan dari sebagian Sahabat R.A bahwasanya beliau Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang tidak bisa melaksakan 8 hal, maka dia harus melaksakan 8 hal yang lain, agar mendapat keutamaannya,” diantaranya ialah:

1. Barangsiapa yang ingin keutamaan sholat malam, sedangkan dia tidur, maka jangan bermaksiat disiang harinya.

2.  Barangsiapa yang ingin mendapatkan keutamaan puasa sunnah, sedangkan dia tidak puasa, maka jagalah lisannya.

3. Barangsiapa yang ingin mendapatkan keutamaan ulama, maka perbanyaklah tafakkur.

4. Barangsiapa yang ingin mendapatkan keutamaan para mujahidin, sedangkan dia diam dirumahnya, maka lawanlah syaithon (memerangi hawa nafsu).

5. Barangsiapa yang ingin mendapatkan keutamaan sedekah, sedangkan dia tidak mampu, maka sebarkanlah ilmu yang dia ketahui kepada orang-orang.

6. Barangsiapa yang ingin mendapatkan keutamaan haji sedangkan dia tidak mampu, maka perbanyak ibadah pada hari jum'at.

7. Barangsiapa yang ingin mendapatkan keutamaan ahli ibadah, maka berbuat baiklah pada semua manusia, dan jangan menyebar kebencian dan permusuhan kepada mereka.

8. Barangsiapa yang ingin mendapatkan keutamaan Wali abdal, maka letakkanlah tangannya pada dadanya (berlapang dada), dan rela atas saudaranya sebagaimana dia rela atas dirinya."

(Tanbihul Ghofilin hal :521)

اللهم صلِّ على سيدنا مُحمّد، وعلى آل سيدنا مُحمّد، وعلى أصحاب سيدنا مُحمّد، وعلى أنصار سيدنا مُحمّد، وعلى أزواج سيدنا مُحمّد، وعلى ذُرية سيدنا مُحمّد وسلم تسليمًا كثيرا

Dikutip dari Pesantren Online


Editor: Daniel Simatupang