17 Ramadhan Mengenang Wafatnya Sayyidina Ali bin Abi Thalib

 
17 Ramadhan Mengenang Wafatnya Sayyidina Ali bin Abi Thalib
Sumber Gambar: Foto ist

Laduni.ID, Jakarta - Sayyidina Ali bin Abi Thalib karramallaahu wajhah, lahir sekitar hari Selasa 13 Rajab 23 SH / 599 M di Mekkah, 21 tahun sebelum hijrah dan wafat pada hari Ahad, 17 Ramadhan 40 H / 24 Januari 661 M. Ada riwayat lain, yang mengatakan wafat 21 Ramadan 40 H. Ada pendapat, beliau wafat tanggal 19 Ramadhan dan 21 ramadhan. Wallahu a'lam.

Ali Bin Abi Thalib RA memiliki beberapa orang saudara laki- yang lebih tua darinya, mereka adalah: Thalib, Aqil, dan Ja’far. Dan dua orang saudara perempuan Ummu Hani’ dan Jumanah radliyallahu anhum.

Menurut sejarawan, Ali bin Abi Thalib RA dilahirkan 10 tahun sebelum dimulainya kenabian Muhammad, sekitar tahun 599 M atau 600 (perkiraan). Usia Ali terhadap Nabi Muhammad Saw masih diperselisihkan hingga kini, sebagian riwayat menyebut berbeda 25 tahun, ada yang berbeda 27 tahun, ada yang 30 tahun bahkan 32 tahun.

Nama asli

Dia bernama asli Assad bin Abu Tahalib, bapaknya Assad adalah salah seorang paman dari Muhammad SAW Assad yang berarti Singa adalah harapan keluarga Abu Thalib untuk mempunyai penerus yang dapat menjadi tokoh pemberani dan disegani di antara kalangan Quraisy Mekkah. Setelah mengetahui anaknya yang baru lahir diberi nama Assad, Ayahnya memanggil dengan Ali, yang berarti Tinggi (derajat di sisi Allah).

  • Baca Juga: 

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN