Panduan Ibadah haji dan Umrah Lengkap

 
Panduan Ibadah haji dan Umrah Lengkap
Sumber Gambar: Windi Setyawan / Unsplash

Laduni.ID, Jakarta - Ibadah Haji dan Umrah merupakan rukun islam kelima yang semua umat muslim mendambakannya.  Tidak ada satupun umat islam dari berbagai penjuru dunia yang tidak ingin pergi haji dan umrah, namun tidak semua muslim mampu melaksanakannya, sebab selain membutuhkan biaya, juga diperlukan kondisi fisik dan rohani.

Secara literal, haji adalah maksud atau tujuan. Secara terminologi syariah haji adalah bermaksud pergi ke Baitullah di Makkah untuk melaksanakan ibadah haji.

Dalil Dasar Hukum Haji

Hukum haji adalah wajib sekali seumur hidup bagi setiap muslim (fardhu ‘ain) yang mampu melaksanakannya secara finansial dan fisikal.

Dalil dasar Qur’an dan hadis terkait ibadah haji: kewajiban haji, macam-macam haji, syarat rukun haji.

QS Ali Imron 3:97

ولله على الناس حج البيت من استطاع إليه سبيلا

Artinya: “Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah.”

Hadis sahih riwayat Bukhori dan Muslim (muttafaq alaih)

بني الإسلام على خمس : شهادة أن لا إله إلا الله وأن محمداً رسول الله وإقام الصلاة وإيتاء الزكاة وصوم رمضان وحج البيت من استطاع إليه سبيلا

Artinya: “Islam dibangun atas lima hal: Dua kalimat syahadat, mendirikan shalat, menunaikan zakat, puasa Ramadhan, haji ke Baitullah bagi yang mampu.”

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN