Artikel Keagamaan

 

Fikih Islam Mewajibkan untuk Memprioritaskan Keselamatan Orang Hidup

Di dalam fikih Islam, telah diwajibkan agar lebih memprioritaskan keselamatan orang yang masih hidup. Berikut ini adalah beberapa ulasan yang ditulis oleh Ustadz Ma’ruf Khozin sebagai berikut.

Apa Saja Bakti Anak Kepada Orang Tua yang Sudah Wafat?

Selain sedekah yang dilakukan oleh anak untuk ayah dan ibu yang telah sudah wafat, masih ada beberapa tuntunan dalam agama kita.

Ahli Fatwa Setengah Matang

Telah diceritakan dari generasi sebelumnya bahwa mereka menguji para murid selama menjadi pendidik akhlaknya. Jika mereka tidak lulus maka mereka tidak diperkenankan melanjutkan

Jendela Tafsir Dunia Karya Kyai Muda NU

Ketika KH Dr. M Afifudin Dimyathi menyampaikan di dalam kitabnya Jam' Al-'Abir fi Kutub At Tafsir hanya mencantumkan 444 kitab Tafsir sejak masa awal hingga saat ini

Khutbah Jumat: Corona sebagai Sarana untuk Mengistirahatkan dari Urusan Dunia

Hidup memang sebuah pengorbanan dan perjuangan. Berjuang dan berkorban adalah sesuatu yang melelahkan dan memberatkan, dan ketika lelah tentu butuh ketenangan dan istirahat. Namun tidak semua orang bisa dengan mudah mendapatkan ini semua.

Teladan Sikap Rasulullah SAW Ketika Memberikan Solusi Penyakit Ganas

Imam Ibnu Hajar al-Haytami dalam kitab al-Fatawa al-Fiqhiyyah Kubra-nya:

Istighfar Satu Kata Banyak Makna

Istighfar satu kata yang mempunyai banyak makna dan banyak kelebihan untuk semua orang muslim, setiap melakukan kesalahan tentunya kalimat ini yang seharusnya keluar dari mulut bukan berupa kata-kata sumpah serapah.

Hadits Harus Melewati Tahap Seleksi Ahli Fikih

Orang-orang NU dan yang mengikuti sistem 4 madzhab tidak serta merta menerima hadis, kecuali hadis tersebut sudah diseleksi oleh ahli fikih dalam ijtihadnya.

Menghormati Ulama Syirik?

Lagi-lagi untuk yang kesekian kali mereka menghukumi Muslim yang tidak berbuat syirik dituduh syirik

Baru Bisa Meniru Canda Ibnu Sirin

Ibnu Sirin (wafat 110 H) seorang ulama dari kalangan Tabi'in, sering kita dengar beliau suka tertawa dan bercanda. Berikut beberapa kutipan dari Syekh Abu Nuaim dalam kitab Hilyatil Auliya'