Sosial Budaya

 

Faktor Inilah yang Menyebabkan Umat Islam Mundur

Rais Syuriyah PBNU KH Ahmad Ishomuddin mengungkapkan bahwa kemunduran umat Islam juga disebabkan tirani yang tersebar luas sebagaimana mewabahnya penyakit menular dan lebih memprioritaskan kemaslahatan individu atas kemaslahatan umum.

Terma Asing atau Liyan, Mengapa Tidak?

Saat aku diminta bicara dalam forum merespon pemberian gelar Profesor untuk seorang teman, aku mengatakan: “Sebagian kita masih terjebak pada pandangan dikotomistik antara Islam v non Islam, antara bahasa Arab v non Arab. Aku v Dia atau kami v mereka.“

KH Husein Muhammad: Ibadah atau Melayani?

Manakah yang lebih utama: terus tekun menjalankan ibadah sunnahnya atau melayani orang miskin?

Kenangan Main Bola dengan Almaghfurlah H Saefullah

Salah satu hobi almaghfurlah Pak Haji Saefullah, Ketua Tanfidziyah PWNU DKI Jakarta/Sekda DKI Jakarta, adalah main bola.

Kebiasaan Luhur Etnis Tionghoa di Indonesia

Masyarakat Tionghoa memiliki paguyuban-paguyuban yang menghimpun dana dari para anggotanya. Sehingga, urusan sumbang-menyumbang, mereka sulit dicari tandingannya.

Syekh Ali Jaber Merasa Lebih Nyaman Dikawal Banser

Syekh Ali Jaber yang merupakan ulama kelahiran Madinah, Arab Saudi, ini mengaku sangat nyaman jika dirinya dikawal oleh Banser ketika akan mengunjungi suatu daerah untuk menyampaikan mau’idzoh.

Inilah Gunanya Banser di Panggung Menjaga Para Ulama

Masih ada orang mempertanyakan, untuk apa gunanya Banser? Kenapa Banser selalu berjaga-jaga saat seorang kiai berceramah di panggung menyampaikan mau’idzoh dan ceramahnya?

Ketika Mengomentari Segala Hal

Seingat saya, dua kali Habib Muhammad Quraish Shihab enggan menjawab pertanyaan.

52 Anak Yatim Terima Santunan dari RINU Rawabaru Indah

Puluhan anak yatim yang berasal dari Desa Rawapanjang dan Desa Bojong baru, Kecamatan Bojonggede mendapatkan santunan dari Ranting Istimewa Nahdlatul Ulama (RINU) Rawabaru Indah dan Majelis Dzikir & Ta’lim Tanbihul Ghofilin Perumahan Taman Raya Citayam.

10 Adab Murid terhadap Guru Menurut Imam al-Ghazali

Dalam proses pembelajaran, murid membutuhkan orang alim atau yang umum disebut dengan guru, ustadz, atau kiai. Murid dan orang alim perlu berinteraksi.