Ziarah di Makam Syech Maulana Maghribi, Penyebar Agama Islam di Pantura

 
Ziarah di Makam Syech Maulana Maghribi, Penyebar Agama Islam di Pantura

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta  - Syech Maulana Maghribi adalah tokoh penyebar agama Islam sebelum masa Wali Songo. Beliau adalah Putra ulama Persia, Maulana Jumadil Kubro, yang datang dari negeri Champa (Kamboja) ke Jawa sekitar tahun 1400-an.

Sejarah panjang masyarakat Jawa dengan keislamannya terkait erat dengan tokoh-tokoh penyebar agama yang memulai dakwahnya. Konon Walisongo adalah tokoh utama yang menyebarkan agama Islam hingga merata ke seluruh Jawa.

Tapi dibalik para tokoh utama ada orang-orang khusus yang ceritanya tak sampai melegenda sebagaimana Walisongo. Di Ujung Negoro kabupaten Batang kecamatan Kandeman ada makam yang disebut-sebut sebagai makam Syekh Maulana Maghribi.

Profil

Syech Maulana Maghribi adalah ulama dari Maghrib, atau Maroko. Sesuai dengan namanya yang dinisbatkan ke Maghrib. Beliau datang ke Indonesia sekitar abad 14 Masehi, untuk berdakwah dan menyebarkan agama Islam, khususunya daerah Pekalongan Batang dan sekitarnya. Beliau merupakan sosok yang sangat alim, hari hari beliau pun dihabiskan untuk bermujahadah memerangi hawa nafsu serta istiqomah dalam berdakwah maupun beribadah.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN