Zakat Shadaqah Infak Wakaf

 

Jangan Sampai Salah Sasaran! Inilah Golongan yang Berhak Menerima Zakat

Zakat adalah salah satu rukun Islam dan merupakan suatu ibadah yang diperintahkan terhadap orang yang mampu menunaikannya. Zakat juga berperan untuk meringankan beban para fakir miskin.

Muslim Harus Tahu! Waktu yang Tepat Saat Mengeluarkan Zakat Fitrah

Zakat Fitrah yang dikeluarkan semaunya, akan berdampak pada penilaian sah atau tidaknya zakat Fitrah tersebut. Kalau pun digeser maju ataupun mundur, ada batasannya.

Syarat Bagi Seorang Muslim yang Akan Menunaikan Zakat Fitrah

Bagi umat Islam, Zakat fitrah wajib ditunaikan yang telah memenuhi syarat. Zakat fitrah harus dikeluarkan setahun sekali pada saat awal bulan Ramadhan hingga batas sebelum sholat hari raya Idul Fitri.Syarat

Tuntunan Zakat Fitrah Lengkap yang Wajib Muslim Ketahui

Zakat Fitrah adalah zakat yang harus dikeluarkan oleh setiap orang Islam pada saat menjelang hari raya Iedul Fitri.

Tuntunan dan Tata Cara Zakat Secara Lengkap dan Praktis

Ditinjau dari segi bahasa, kata zakat merupakan kata dasar (masdar) dari zaka yang berarti berkah, tumbuh, bersih dan baik. Sesuatu itu zaka, berarti tumbuh dan berkembang, dan seorang itu zaka, berarti orang itu baik.

Solusi Dalam Menyikapi Zakat Fitrah yang Berbentuk Uang

Para Ulama Syafi’iyyah sepakat bahwa zakat fitrah tidak boleh diberikan kepada penerima zakat (mustahiq) dalam bentuk uang. Meskipun seperti itu, praktiknya di beberapa daerah di Indonesia masih banyak yang kurang memahami kesepakatan tersebut.

Ukuran Dalam Mengeluarkan Zakat Fitrah

Ketika seseorang wajib membayar zakat fitrah, maka ia harus mengeluarkan satu sha’ makanan pokok daerahnya, jika ia adalah orang yang bertempat tinggal di suatu negara.

Beberapa Syarat Dalam Melaksanakan Zakat Fitrah

Zakat Fitrah ialah zakat diri yang diwajibkan atas diri setiap individu lelaki dan perempuan muslim yang berkemampuan dengan syarat-syarat yang ditetapkan.

Penjelasan tentang Wasaq Dalam Zakat

Ausaq dari lafadz wasaq yang merupakan masdar dengan makna mengumpulkan, karena sesungguhnya wasaq mengumpulkan beberapa sho’.

Ustaz Ma'ruf Khozin : Rasulullah Saw Mengeluarkan Zakat Fitrah

Rasulullah shalallahu alaihi wasallam mengeluarkan zakat fitrah berupa kurma dan gandum. Jika cara beragama kita terlalu tekstualis berarti harus mengeluarkan kurma dan menggunakan takaran yang dipakai di masa Nabi, agar tetap disebut "Sesuai Sunah"