Zakat Shadaqah Infak Wakaf

 

Solusi Dalam Menyikapi Zakat Fitrah yang Berbentuk Uang

Para Ulama Syafi’iyyah sepakat bahwa zakat fitrah tidak boleh diberikan kepada penerima zakat (mustahiq) dalam bentuk uang. Meskipun seperti itu, praktiknya di beberapa daerah di Indonesia masih banyak yang kurang memahami kesepakatan tersebut.

Ukuran Dalam Mengeluarkan Zakat Fitrah

Ketika seseorang wajib membayar zakat fitrah, maka ia harus mengeluarkan satu sha’ makanan pokok daerahnya, jika ia adalah orang yang bertempat tinggal di suatu negara.

Beberapa Syarat Dalam Melaksanakan Zakat Fitrah

Zakat Fitrah ialah zakat diri yang diwajibkan atas diri setiap individu lelaki dan perempuan muslim yang berkemampuan dengan syarat-syarat yang ditetapkan.

Penjelasan tentang Wasaq Dalam Zakat

Ausaq dari lafadz wasaq yang merupakan masdar dengan makna mengumpulkan, karena sesungguhnya wasaq mengumpulkan beberapa sho’.

Ustaz Ma'ruf Khozin : Rasulullah Saw Mengeluarkan Zakat Fitrah

Rasulullah shalallahu alaihi wasallam mengeluarkan zakat fitrah berupa kurma dan gandum. Jika cara beragama kita terlalu tekstualis berarti harus mengeluarkan kurma dan menggunakan takaran yang dipakai di masa Nabi, agar tetap disebut "Sesuai Sunah"

Inilah Bacaan Niat Zakat Fitrah

Niat adalah Ungkapan Dalam Hati/Maksut Didalam Hati, Untuk mengerjakan suatu amalan ibadah, Niat termasuk Rukun Pokok Didalam Amalan tersebut. Dikarenakan Segala sesuatu tergantung Pada Niatanya.

Ancaman Penunda Zakat Mal

Zakat mal (Harta) wajib di keluarkan bila sudah mencapai satu tahun dan dan mencapai nishobnya,Adapun harta yang wajib di zakati ialah:

Nishab dan Kadar Harta Zakat

Jumlah harta zakawiy Zakat yang harus dikeluarkan beserta besarannya

Adab Bagi Pemberi dan Penerima Zakat

Orang yang akan memberikan zakat hendaknya memperhatikan hal-hal berikut ini: Pertama, mengerti tujuan zakat. Tujuan zakat ada tiga macam; yaitu a) sebagai ujian bagi orang yang mengaku mencintai Allah SWT dengan mengeluarkan harta yang ia senanginya, b) membersihkan diri dari sifat kikir yang dapat mencelakakan dirinya dan c) mensykuri nikmat harta.

Bentuk Zakat dan Waktu Mengeluarkan Zakat

Bentuk Zakat Menurut madzhab Syafi’i zakat tanaman harus diberikan dalam bentuk barangnya seperti diberikan dalam bentuk beras, hewan dan lain-lain kecuali zakat dagangan maka harus diberikan dalam bentuk qimah (mata uang).