Penyuluh Agama Non PNS gelar Manasik Haji bagi TPQ se-Kecamatan SIantan

 
Penyuluh Agama Non PNS gelar Manasik Haji bagi TPQ se-Kecamatan SIantan

LADUNI.ID, MEMPAWAH - Penyuluh Agama non Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kecamatan Siantan bekerjasama dengan Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Siantan, Forum Guru Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Kecamatan Siantan mengadakan kegiatan latihan manasik haji TPQ se Kecamatan Siantan Kabupaten Mempawah, Selasa, 5/2.

Kegiatan yang dilaksanakan  di Halaman Masjid Shahibul Kahfi Jungkat. Latihan manasik TPQ tersebut diikuti oleh sekitar 400 santri/santriwati dari 13 TPQ di Kecamatan Siantan. Menurut panitia penyelenggara Hj. Maisum S.Pd.I kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun, sebagai rangkaian kegiatan wisuda TPA se Kecamatan Siantan yang akan diadakan bulan Maret mendatang.

Adapun maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan latihan manasik TPQ ialah untuk menjalin silaturrahmi antar pengawas, guru dan pengelola TPQ Kecamatan, sekaligus media untuk menanamkan nilai-nilai islam dalam kehidupan sehari-hari sejak usia dini. Dengan meneladani akhlak Nabi Ibrahim beserta keluarga melalui rangkaian rukun dalam ibadah haji.

Disamping diikuti oleh para santri/santriwati, kegiatan juga dihadiri oleh para Tokoh Agama, Kepala KUA Siantan, Kasi Bimas Islam Kemenag Mempawah H. Mahmud, S.Ag, para wali santri dan masyarakat. Dalam kegiatan tersebut, H. Madmud berkesempatan memberikan sambutan, beliau menyampaikan apresiasi kepada para penyuluh, Kepala KUA Siantan dan para guru TPQ yang telah mengadakan kegiatan latihan manasik TPQ khususnya di Kecamatan Siantan.

Latihan manasik TPQ memiliki nilai strategis bagi pengembangan dan pendidikan baca tulis al-qur’an di masyarakat. “Saat ini kita menghadapi tantangan yang berat dalam pembinaan akhlak dan perilaku masyarakat, salah satu cara untuk mempersiapkan generasi yang akan datang adalah dengan menaikkan nilai-nilai qu’ani sejak usia dini”.