Pengurus RTA Aceh Besar Isi Kuliah Ramadhan di Malaysia

 
Pengurus RTA Aceh Besar Isi Kuliah Ramadhan di Malaysia

LADUNI.ID, INTERNASIONAL- Santri Yayasan Dayah Ulee Titi Aceh Besar, Tgk Hamdani Al Fakir (28)  kembali diundang oleh Pengurus Masjid Al Athar Bagan Serai, Perak, Malaysia untuk mengisi kuliah (pengajian) Ramadhan selama satu bulan.

Pengajian yang diisi oleh Tgk Hamdani juga dilaksanakan di beberapa Surau (meunasah) dan masjid di kawasan Bagan Serai dan Parit Buntar, Perak, dengan waktu berbeda, mulai dari kuliah subuh,  kuliah dhuha, setelah asar, dan tazkirah sebelum magrib.

Ramadhan tahun ini, merupakan Ramadhan ke dua kalinya santri Dayah Ule Titi yang juga pengurus Rabithah Thaliban Kabupaten Aceh Besar ini diundang berdakwah di Malaysia, sebelumnya tahun 2017 juga menetap di Perak, Malaysia selama satu bulan penuh untuk mengisi kuliah Ramadhan.

Saat dikonfirmasi oleh media ini, Senin (6/5), Tgk Dani sapaan akrabnya, menuturkan bahwa pelaksanaan kegiatan Ramadhan di Aceh dan Malaysia memiliki kriteria yang sama, mulai dari tarawih, majlis taklim, dan pembagian ta'jil berbuka secara gratis di masjid-masjid.

Selain itu, Tgk kelahiran Gampong Lhang, Darul Kamal, Aceh Besar ini,  turut menginformasikan bahwa, di beberapa negara bagian di Malaysia, pemerintah resmi melarang kepada pengurus masjid untuk merekrut imam tarawih dari luar negeri, seperti halnya Negeri Perak. 

Sedangkan untuk penceramah atau pengisi kajian Ramadhan, ini juga harus orang-orang yang mendapat izin (lisensi) dari pejabat agama setempat.