Derajat Sunan Bonang: Rajanya Para Wali Allah di Tanah Jawa

 
Derajat Sunan Bonang: Rajanya Para Wali Allah di Tanah Jawa

LADUNI.ID, Jakarta - Betapa sangat tinggi derajadnya Sunan Bonang. Beliau terkenal dengan Sulthonul Auliya atau rajanya para wali Allah di Tanah Jawa. Sebagian dari kalam beliau Al-Habib Muhammad Luthfi bin Yahya, yang kurang lebihnya beliau berkata:

"Nomer 2 anaknya Sunan Ampel (Raden Sayyid Rohmatillah) adalah beliau Sunan Bonang/Maulana Sayyid Ibrohim yang terkenal dengan sulthonul aulya'-nya Tanah Jawa.

Beliau Sunan Bonang Maulana Sayyid Ibrohim adalah:
Gurunya para ratu
Gurunya para para sultan
Gurunya para panglima/senopati
Gurunya para tumenggung
Gurunya para adipati
Gurunya para nanggolo
Gurunya para wali
Gurunya para ulama
Bapaknya para fuqoro (orang-orang faqir) wa masakin (dan orang-orang miskin) wal aytam (dan anak-anak yatim) wal aromil (dan para janda).

Segala apa saja beliau itu menjadi rujukan kepada Sunan Bonang (gurunya segala apa saja, semua permasalahan apa saja bisa ditanyakan kepada beliau Sunan Bonang).

Makanya ada pepatah, siapa saja yang pergi ke Tanah Jawa tetapi ia tidak berziarah ke makam Sunan Bonang, sama saja bagaikan ia pergi ke Madinah tetapi ia tidak berziarah ke makam Kanjeng Nabi Muhammad  Rasulallah SAW. Luar biasa!!!

Marilah, kita selalu istiqomah banyak membaca sholawat kepada Rasulallah SAW, kalau bisa jangan kurang dari 1.000 di setiap harinya. "Shollalahu ala' Muhammad " atau yang lainnya.

Allahumma, berkat Rasulallah SAW, berkat sholawat kepada Rasulallah SAW, berkat para wali-waliyullah, berkat para ulama'illah, berkat guru-guru. Mudah-mudahan kita semua, bapak ibu kami, keluarga kami, saudar-saudara kami, tetangga kami, dan orang-orang yang cinta kepada Kanjeng Nabi Muhammad SAW, cinta kepada para auliya' dan para ulama, cinta kepada kami ya Allah.

Semoga kita semua mendapat ampunan segala dosa dan kesalahan lahir batin seumur hidup, diberi kesehatan lahir batin, panjang umur berkah umur, banyak rejeki barokah rejeki, barokah keturunan, tambah ilmu barokah ilmu dunia akhirat, mendapat rahmat yang luas, selamat dunia akhirat, mati beriman sempurna, segala hajat qobul, mendapat syafaat Rasulallah SAW, terkumpul dalam surga bighoiri hisab. Aamin Aamin ya Rabbal A'lamiin...

 اللهم صل على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد في اﻷولين واﻷخرين وفي الملآء اﻷعلى الى يوم الدين

***

Sumber: Irfan Maulana
Editor: Muhammad Mihrob