Biografi KH. Ali Maksum, Pengasuh Pesantren Ali Maksum Krapyak, Yogyakarta

 
Biografi KH. Ali Maksum, Pengasuh Pesantren Ali Maksum Krapyak, Yogyakarta

Daftar Isi:

1        Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1     Lahir
1.2     Riwayat Keluarga
1.3     Wafat

2        Sanad Ilmu dan Pendidikan
2.1     Pendidikan
2.2     Guru-Guru

3        Penerus
3.1     Murid-murid

4.       Perjalanan Hidup dan Dakwah
4.1     Menjadi Pengasuh Pesantren
4.2     Kiprah di Nahdlatul Ulama

5.      Jasa-jasa 
6.      Karya-karya
7.      Teladan
8.      Referensi

1. Riwayat Hidup dan Keluarga

1.1 Lahir
KH. Ali Maksum lahir pada tanggal 2 Maret 1915 di Desa Soditan, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang. Beliau merupakan putra pertama dari pasangan KH. Ma’shum bin KH. Ahmad Abdul Karim dengan Nyai. Hj. Nuriyah binti KH. Muhammad Zein Lasem.

Keluarga KH. Ali Maksum, sejak dari zaman kakek-kakeknya dahulu hingga sekarang adalah keluarga besar yang kehidupan sehari-harinya tidak lepas dari nilai-nilai kepesantrenan. Ayahnya KH. Ali Maksum yang terkenal dengan panggilan Mbah Ma’shum, merupakan pendiri sekaligus pengasuh Pondok Pesantren Al-Hidayah di Desa Soditan, Lasem, Rembang.

1.2 Riwayat Keluarga
Pada tahun 1938, KH. Ali Maksum menikah dengan Nyai R. Hasyimah, putri dari KH. M. Munawwir. Beberapa hari setelah pernikahannya, seseorang bernama H. Junaid dari Kauman Yogyakarta melalui KH. Maksum menawarkan tiket gratis kepada KH. Ali Maksum untuk beribadah Haji. Dari pernikahannya, Beliau dikaruniai 8 orang putra-putri:

  1. Adib (wafat masih kecil),
  2. KH. Atabik Ali,
  3. H. Jirjis Ali,
  4. Nyai Hj. Siti Hanifah Ali,
  5. Nyai Hj. Durroh Nafisah Ali,
  6. Nafi’ah (wafat masih kecil),
  7. M. Rifqi Ali.
  8. Hj. Ida Rufaidah Ali. 

1.3 Wafat
Ketika dilangsungkan Muktamar NU ke-28 di Pesantren Al-Munawwir Krapyak, sebenarnya KH. Ali Maksum sudah sakit sejak beberapa saat sebelumnya. Meskipun demikian, sebagai tuan rumah yang bertanggung jawab atas sukses dan tidaknya Muktamar, beliau masih sempat mengkomando panitia pelaksana yang sebagian besar adalah santrinya menggunakan alat mic speaker dari kamarnya.

Ketika Presiden Soeharto dan beberapa menteri serta para kyai peserta Muktamar menjenguknya, KH. Ali Maksum juga masih sempat menerima mereka dengan berbaring di kamarnya.

Walhasil, Muktamar dapat berjalan dengan sukses, dengan mengantarkan kembali KH. Ahmad Shiddiq sebagai Rais ‘Aam dan KH. Abdurahman Wahid (Gus Dur) sebagai Ketua Umum PBNU untuk periode yang kedua kalinya.

Seminggu setelah Muktamar, KH. Ali Maksum jatuh sakit dan dirawat di Rumah Sakit DR. Sardjito selama seminggu, kemudian wafat ketika adzan Maghrib berkumandang pada pukul 17.55 WIB di hari Kamis, tanggal 7 Desember 1989 atau 15 Jumadil Awal 1410, dalam usia 74 tahun.

Jenazahnya dilepas dari Masjid Pesantren Krapyak setelah shalat Jum’at dan dikebumikan berdampingan dengan makam KH. M. Munawwir di dusun Senggotan (Dongkelan), Tirtonirmolo Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

2. Sanad Ilmu dan Pendidikan

2.1 Pendidikan
Sejak kecil, KH. Ali Maksum belajar dan dididik secara keras di pesantren ayahnya sendiri yang saat itu menjadi pusat rujukan para santri dari berbagai daerah, terutama dalam pengajaran Kitab Alfiyah Ibnu Malik beserta syarahnya Ibnu ‘Aqil (Nahwu, Shorof dan Balaghah), dan Kitab Jam’ul Jawami’.

Mbah Ma’shum berharap agar putranya kelak menjadi seorang ulama ahli fiqih, sehingga beliau menggembleng KH. Ali Maksum kecil setiap harinya dengan pelajaran kitab-kitab fiqih. Sementara itu, Mbah Ma’shum juga mengajarkan kitab-kitab lainnya kepada para santri, terutama kitab-kitab ilmu nahwu, shorof dan balaghah. Akan tetapi KH. Ali Maksum kecil justru lebih senang mempelajari kitab-kitab nahwu dan shorof. KH. Ali Maksum kecil kemudian belajar di pondoknya KH. Amir di Pekalongan.

Setelah KH. Ali Maksum memasuki usia remaja (sekitar 12 tahun), KH. Ma’shum berfikir untuk menitipkan pendidikan anaknya itu kepada kyai lain yang terbilang masih temannya, yakni KH. Dimyati yang memimpin Pondok Pesantren Tremas Pacitan (1894-1934).

Pada saat itu, Pesantren Tremas yang terletak di pelosok Pacitan dan hanya dapat dicapai dengan jalan kaki dengan cukup jauh ini merupakan pesantren yang cukup populer, terkenal, dan berwibawa. 

Kitab-kitab yang diajarkan di Pesantren Tremas sangat bervariasi seperti Fathul Mu’in, Tafsir Jalalain, Minhajul Qawim, Al-Asybah wan-Nazhair, Shahih Bukhari dan Muslim, Alfiyah Ibnu Malik, dll. Mubahatsah (pembahasan) kitab berjalan setiap malam.

Di samping itu didukung oleh kebijakan kyai yang memberi kesempatan kepada para santri senior yang mampu untuk mengajari santri adik kelasnya. Kondisi seperti itu lalu menumbuhkan semangat para santri untuk berkompetisi di bidang keilmuan.

Dengan kondisi pesantren Tremas yang sangat mendukung pengembangan keilmuan tersebut, maka pada tahun 1927 M, KH. Ali Maksum belajar ke Pesantren Tremas Pacitan untuk memperdalam ilmu-ilmu agama. Oleh KH. Dimyati, KH. Ali Maksum secara istimewa diminta untuk tidak tinggal di kamar-kamar santri pada umumnya, akan tetapi tinggal di komplek “ndalem”, yakni komplek keluarga KH Dimyati, satu kamar dengan Gus Muhammad, putra dari Syekh Mahfuzh At-Tarmasi.

Keistimewaan ini barangkali merupakan rasa hormat KH. Dimyati kepada KH. Ali Maksum, karena di kalangan para kyai ada semacam tradisi saling menitipkan pendidikan putranya kepada kyai lain. Sementara itu, KH. Dimyati sendiri menitipkan putranya yang bernama Gus Hamid Dimyati dan Habib Dimyati, kepada KH. Ma’shum di Pondok Pesantren Al-Hidayah Lasem, Rembang.

KH. Ali Maksum, yang di kalangan para santri, teman-teman dan keluarga pesantren lebih dikenal dengan panggilan Wak Ali ini, nampak paling menonjol di antara para santri yang lain dan sudah menampakkan bakat-bakat keulamaannya. Hal ini bukan disebabkan oleh kebesaran nama ayahnya, akan tetapi disebabkan oleh kejeniusannya, ketekunan belajarnya, kedalaman ilmunya, keluasan wawasannya, penguasaannya terhadap kitab-kitab kuning, kreatif, inovatif, kekuatan pribadinya, jiwa kepemimpinannya, dan hal-hal lainnya.

Menurut sebuah cerita, sebagaimana yang dituturkan oleh KH. Dimyati, bahwa KH. Ali Maksum setiap harinya tidak lepas dari kitab-kitab besar. Semangat belajarnya hebat melampaui usianya yang sangat muda dan melintasi batas-batas yang ditetapkan pesantren. KH. Ali Maksum sering tidak tidur sampai larut malam, sehingga tidak aneh jika kamarnya terlihat tidak rapi, karena di sana-sini banyak kitab-kitabnya berserakan dalam keadaan terbuka.

Gus Muhammad, putra Syekh Mahfuzh At-Tarmisi, yang tinggal sekamar banyak berguru kepada KH. Ali Maksum dalam hal membaca kitab kuning. Maklum, meskipun lama bermukim di Makkah, Gus Muhammad lebih mengkhususkan diri pada ulumul Qur’an.

KH. Ali Maksum tidak hanya terbatas untuk mempelajari pada kitab-kitab mu’tabarah karya ulama salaf sebagaimana yang diajarkan oleh kyainya, akan tetapi juga mempelajari kitab-kitab tulisan ulama pembaharu seperti Kitab Tafsir Al-Manar karya Rasyid Ridha murid Muhammad Abduh, Kitab Tafsir Al-Maraghi, Kitab Fatawa karya Ibnu Taimiyah, kitab-kitab tulisan Ibnul Qayyim dan kitab-kitab baru lainnya.

Padahal kitab-kitab tersebut menjadi larangan para kyai di beberapa pesantren tradisional untuk dibaca dan dipelajari para santrinya.  KItab-kitab para pembaharu tersebut diperoleh KH. Ali Maksum dari kiriman kawan-kawannya di Tanah Haram, santri ayahnya dan keluarga Tremas yang pulang dari pergi haji.

KH. Dimyati selaku pengasuh Pesantren Tremas sebenarnya mengetahui hal itu, apalagi KH. Ali Maksum tinggal didalam komplek ndalem, akan tetapi beliau sengaja mendiamkannya, karena KH. Ali Maksum dipandang memiliki dasar-dasar tradisi pesantren yang kuat.

Bahkan untuk memperluas wawasan dengan kitab-kitab tersebut bagi KH. Ali Maksum sangat diperlukan sebagai muqabalah (perbandingan). Barangkali karena latar belakang referensinya yang luas inilah yang menjadikan KH. Ali Maksum sebagai seorang ulama yang berwawasan luas, dalam, dan berpandangan lebih moderat bila dibanding dengan para kyai alumni pesantren lainnya.

KH. Ali Maksum sangat gemar mempelajari Ilmu Tafsir Al-Qur’an, yang nantinya mengantarkannya menjadi seorang ulama ahli tafsir yang masyhur di Indonesia. Demikian pula dalam ilmu bahasa arab, KH. Ali Maksum sangat menguasai kitab-kitab nahwu tingkat tinggi seperti Kitab Dahlan, Asymuni, Alfiyah Ibnu Malik dan syawahid-nya, sehingga di kemudian hari mengantarkannya menjadi seorang pakar ahli bahasa Arab yang terkenal.

Julukan “Munjid Berjalan” untuk KH. Ali Maksum menunjukkan penguasaannya di bidang bahasa Arab beserta cabang-cabangnya. Atas kegemaran, ketekunan dan keahlian inilah yang mengantarkan KH. Ali Maksum berhasil menciptakan metode baru dalam pembelajaran ilmu shorof yang dinilai cukup praktis dan efektif, yang kemudian diberi judul “Ash-Sharful Wadhih”. Metode ini berbeda dengan metode shorof yang sudah mapan saat itu, misalnya metode tashrif susunan Kyai Muhammad Ma’shum bin Ali dari Jombang dalam bukunya yang berjudul “Al-Amtsilah At-Tashrifiyah”.

Kegemaran lain KH. Ali Maksum di bidang keilmuan adalah menghafal dan mempelajari secara intens syiir-syiir dan butir-butir kalam hikmah yang sangat berguna kelak ketika menjadi seorang ulama besar, di mana setiap ada kesempatan dalam berpidato, berceramah, mengajar, memberikan pembinaan dan lain-lain, sering keluar dari lisannya untaian kalam hikmah dan syiir-syiir tersebut.

Selain itu, KH. Ali Maksum sejak muda sudah gemar tirakat, puasa ngrowot dan perilaku nyeleneh lainnya, sebagaimana yang dilakukan oleh sebagian santri di pesantren-pesantren salafiyah pada umumnya. KH. Ali Maksum juga memiliki kegemaran musik. Beliau suka memukul-mukul daun pintu atau apa saja yang ditemui dengan ujung jarinya untuk mengiringi alunan nyanyian, dan bahkan menyukai lagu-lagu berbahasa inggris yang diiringi musik jazz.

Kegemaran ini masih terbawa ketika sudah menjadi seorang kyai yang mengasuh Pesantren Krapyak, di mana lagu-lagu jazz tersebut sering diputar dan didengarkan di dalam kamar pribadinya sambil beliau dipijiti para santri, bahkan terkadang suaranya sampai keluar melalui mic speaker sehingga para santri ikut menikmati lagu-lagu tersebut.

Dalam bidang olahraga, KH. Ali Maksum sama sekali tidak memiliki kegemaran, kecuali gemar membersihkan lingkungan pondok dari daun-daun kering, mengambili kertas-kertas bekas dan sampah kering lainnya.

Mengingat kejeniusannya, ketekunan belajarnya, kedalaman dan keluasan ilmunya, penguasaannya terhadap kitab-kitab kuning, dan bakat keulamaannya, KH. Ali Maksum dipercaya oleh KH. Dimyati untuk mengajar para santri dalam usia yang sangat muda.

Dalam menjalankan tugas mengajar, Ali Maksum sangat menguasai materi kitab yang dibebankan kepadanya, tegas, disiplin dan simpatik. Oleh karenanya, beliau memperoleh kedudukan yang terhormat di kalangan keluarga pesantren dan santri.

Dikalangan para santri, teman-teman dan keluarga pesantren, Wak Ali adalah “simbol keteladanan”. Beliau bersama-sama dengan Gus Hamid Dimyati, Gus Rahmat Dimyati dan Gus Muhammad bin Syekh Mahfuzh At-Tirmasi sangat populer dengan sebutan “Empat Serangkai”, karena dari merekalah muncul ide-ide segar untuk memajukan dan mengembangkan Pesantren Tremas.

Di antaranya adalah ide dari KH. Ali Maksumi tentang perlunya menerapkan sistem madrasi dalam sistem pendidikan Pesantren Tremas, dengan tenaga pengajar dari dalam pesantren sendiri. Semula ide ini ditolak oleh KH. Dimyati, karena trauma dengan pendirian madrasah kontroversial oleh Sayyid Hasan Ba’bud. Setelah konsep dari ide tersebut dipandangnya jelas dan mendukung kemajuan pesantren, maka KH. Dimyati mengijinkan berdirinya madrasah tersebut, dengan KH. Ali Maksum sebagai direkturnya.

Kesempatan ini dipergunakan sebaik-baiknya oleh KH. Ali Maksum, yang ketika itu baru berusia 19 tahun, untuk melakukan pembaharuan di bidang metode pengajaran dan kurikulumnya, di antaranya dengan cara memasukkan kitab-kitab baru karya ulama modern ke dalam kurikulumnya, seperti Kitab Qiroatur Rosyidah, An-Nahwul Wadhih dan lain-lain.

Setelah Wak Ali Maksum pulang “boyongan” ke Lasem, kepemimpinan madrasah diserahkan kepada Gus Hamid Dimyati sebagai direktur dan A. Mukti Ali sebagai wakilnya. Oleh karena itu tidak berlebihan jika Prof. DR. KH. A. Mukti Ali berkomentar, bahwa KH. Ali Maksum-lah yang menjadi motor penggerak modernisasi Pesantren Tremas, dari hanya menggunakan sistem pesantren ke sistem madrasi.

Berguru Ke Tanah Haram Makkah
Sepulangnya ke Lasem pada tahun 1935, KH. Ali Maksum membantu ayahnya mengajar di Pesantren Al-Hidayah Lasem, terutama dalam disiplin ilmu bahasa arab dan Tafsir Al-Qur’an yang menjadi kegemaran dan spesialisasinya selama belajar di Pesantren Tremas. Selain mengajar, KH. Ali Maksum juga membenahi sistem pendidikan dan pengajaran pesantren.

Semangat pembaharuan mulai beliau tiupkan, dan ternyata mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, karena pembaharuan yang diterapkannya sama sekali tidak mengancam keberadaan pesantren berikut segala pranatanya, melainkan justru menguatkannya.

Pembaruan yang beliau lakukan tetap berpedoman pada prinsip: Al-Muhafazhatu ‘alal Qadimis Shalih, wal Akhdzu bil Jadidil Ashlah, yaitu mempertahankan tradisi lama yang masih baik (layak) dan mengambil tradisi baru yang lebih baik.

KH. Ali Maksum bertolak menuju Makkah lewat pelabuhan Semarang, dan kesempatan tawaran beribadah ini sekaligus digunakan untuk thalabul ilmi, mengaji kepada beberapa ulama besar di Makkah, di antaranya berguru kepada Sayyid Alwi Abbas Al-Maliki (ayah Sayyid DR. Muhammad Alwi Abbas Al-Maliki) untuk mengaji Kitab Al-Luma’ dan lain-lain, juga berguru kepada Syekh Umar Hamdan untuk mengaji Kitab Shahih Bukhari dan kitab hadis lainnya, serta memperluas wawasan dengan mengkaji kitab-kitab kaum modernis seperti karya Muhammad Abduh, M. Rasyid Ridha, Jalaluddin Al-Afghani, dan lain-lain.

Selama dua tahun tinggal di Makkah, KH. Ali Maksum belajar dengan para masyayikh, sesama para pelajar dan jamaah haji Indonesia. Kepada jamaah haji yang dikenalnya, ia menitipkan kitab-kitabnya untuk dibawa ke Lasem, terutama kitab-kitab baru tulisan para ulama pembaharu, disamping kitab-kitab yang ia tumpuk untuk dibawa sendiri pada tahun 1940.

2.2 Guru-Guru

  1. KH. Ma’shum,
  2. KH. Idris Pekalongan,
  3. KH. Dimyati Termas,
  4. Sayyid Alwi Abbas Al-Maliki (ayah Sayyid DR. Muhammad Alwi Abbas Al-Maliki),
  5. Syekh Umar Hamdan.

3. Penerus

3.1 Murid-Murid

  1. Prof. DR. KH. A. Mukti Ali (Guru Besar Fakultas Usuluddin IAIN Yogyakarta dan mantan Menteri Agama RI),
  2. KH. A. Mustofa Bisri (Rembang),
  3. KH. M. Cholil Bisri (Rembang),
  4. KH. Maksum Ahmad (Tanggulangin Sidoarjo: Pengasuh pesantren dan muballigh),
  5. KH. A. Masduqie Mahfudz (Malang, mantan Rais Syuriyah PWNU Jatim),
  6. KH. Abdul Aziz Masyhuri (Jombang: Pengasuh pesantren),
  7. KH. A. Asrori Usman Al-Ishaqi (Pesantren Al-Fithroh Surabaya, Mursyid Thoriqat Qadiriyah-Naqsyabandiyah),
  8. KH. Abdurrahman Ar-Roisi (Jakarta: penulis dan muballigh),
  9. KH. Masdar Farid Mas’udi,
  10. Drs. H. Slamet Efendi Yusuf,
  11. Prof. Dr. KH. Said Agiel Siroj., M.A.,
  12. KH. Drs. Muhd. Hasbullah S.H.,
  13. KH. Drs. Masyhuri AU,
  14. Prof. Dr. Yudian Wahyudi,
  15. KH. Zainal Abidin Muanwwir (Pengasuh pesantren),
  16. KH. Ahmad Warson Munawwir (Pengasuh pesantren, penulis Kamus Al-Munawwir),
  17. KH. Drs. Asyhari Abta., M.Pd.I.,
  18. KH. Munawwir AF,
  19. KH. Drs. Henry Sutopo,
  20. KH. Drs, Asyahri Marzuki., Lc.,
  21. KH. Dr. Malik Madani., M.A.,
  22. Drs. H. As'ad Said Ali (mantan Waka BIN, Waketum PBNU), dan lain-lain.

4. Perjalanan Hidup dan Dakwah

4.1 Menjadi Pengasuh Pesantren
Sepeninggal KH. M. Munawwir, sesuai dengan wasiat dan kesepakatan kekuarga, kepemimpinan pesantren kemudian diambil alih oleh kakak beradik, KH. R. Abdullah Afandi Munawwir dan KH. R. Abdul Qodir Munawwir. KH. R. Abdullah Afandi Munawwir bertugas sebagai penanggung jawab dalam urusan sarana prasarana pesantren dan hubungan dengan luar pesantren, dan KH. R. Abdul Qodir Munawwir bertugas sebagai penanggung jawab dalam urusan pengajaran Al-Qur’an.

Namun satu persatu santri pulang meninggalkan pesantren, dan belum genap 100 hari wafatnya, jumlah santri tinggal puluhan orang. Bersamaan dengan itu, masuknya penjajah Jepang ke Indonesia semakin memperparah kondisi pesantren, sehingga santri tinggal beberapa orang, padahal jumlah santri saat wafatnya KH. M. Munawwir mencapai 200-an lebih. Walaupun demikian, aktifitas kepesantrenan (pengajian al-Qur’an) tetap berjalan seperti masa-masa sebelumnya dengan jumlah santri apa adanya.

Dari fenomena ini sementara dapat disimpulkan bahwa kewibawaan dan kekharismaan KH. M. Munawwir merupakan faktor penyebab kebesaran pesantren, dan hal ini ternyata tidak mampu diatasi oleh penggantinya selaku turunan langsung yang secara tradisional mewarisi kepemimpinan dan kharisma dari ayahnya. Kondisi ini membuat keluarga besar KH. M. Munawwir merasa resah dan khawatir terhadap kelestarian pesantren ke depan.

Maka pada tahun 1943, musyawarah keluarga Bani Munawwir memutuskan untuk mengirim delegasi menemui KH. Ali Maksum (menantu KH. M. Munawwir), yang saat itu telah berhasil membenahi sistem pendidikan pesantren ayahnya di Lasem dan mampu mendongkrak jumlah santri, agar bersedia diajak hijrah ke Krapyak untuk mengatasi krisis tersebut. Namun ajakan ini ditolak tegas oleh KH. Ali Maksum.

Beberapa bulan kemudian, datang lagi utusan ke Lasem. Kali ini yang datang adalah Nyai Sukis sendiri (istri KH. M. Munawwir, ibu mertua KH. Ali Maksum) dengan didampingi KH. R. Abdullah Afandi Munawwir, yang mengharap dengan sangat agar KH. Ali Maksum bersedia diboyong ke Krapyak. Akhirnya kekerasan hati KH. Ali Maksum luluh dan menerima ajakan itu.

Sejak kepindahan KH. Ali Maksum ke Krapyak ini (1943), Pesantren Al-Munawwir di bawah kepemimpinan ”tiga serangkai” dengan pembagian tugas sebagai berikut :

  1. KH. R Abdullah Affandi (putra KH. M. Munawwir, wafat 1968), dengan tugas sebagai pimpinan umum, menangani urusan sarana-prasarana dan hubungan dengan dunia luar pesantren.
  2. KH. R Abdul Qadir (putra KH. M. Munawwir, wafat 1961)), dengan tugas sebagai pengasuh Tahfizh Al-Qur’an dan urusan intern pesantren.
  3. KH. Ali Maksum (menantu KH. M. Munawwir), sebagai penanggung jawab urusan pengajaran kitab-kitab kuning dan pembenahan sistem pendidikannya.

Dari ketiga pemimpin tersebut, KH. Ali Maksum merupakan orang yang memiliki kelebihan. Di samping keahlian, kedalaman dan keluasan wawasan di bidang keilmuan, juga dipandang lebih mumpuni, lebih dewasa, lebih berpengalaman dan lebih siap memimpin pesantren.

Dengan bermodalkan pengalaman dan potensi yang dimiliki selama menjadi santri di pesantren Tremas dan membenahi pesantren ayahnya di Lasem, serta tugas berat amanah yang dibebankan kepadanya tersebut, KH. Ali Maksum mulai mencurahkan segala tenaga dan pikirannya untuk mencari titik-titik lemah yang menjadi sumber kemunduran beserta jalan keluarnya, kemudian menetapkan beberapa langkah strategis, di antaranya:

Perlunya kaderisasi ulama / tenaga pengajar inti dari dalam pesantren. Perlunya pengembangan sistem pendidikan-pengajaran dan kurikulum pesantren.

Selama dua tahun pertama (antara tahun 1943-1944), aktifitas secara intensif difokuskan pada usaha kaderisasi ulama, tenaga pengajar dan pengelola dari lingkungan keluarga pesantren, dengan melibatkan seluruh putra dan menantu KH. M. Munawwir, serta tetangga. Sedangkan aktifitas kepesantrenan (pengajaran Al-Qur’an) dan penerimaan santri dari luar untuk sementara dibekukan.

Peserta yang mengikuti pengkaderan terdiri dari KH. R. Abdul Qodir Munawwir (pengasuh), KH. Zaini Munawwir, KH. Zainal Abidin Munawwir, KH. Ahmad Munawwir, KH. Dalhar Munawwir, KH. A. Warson Munawwir, KH. Nawawi Abdul Aziz, KH. Mufid Mas’ud, KH. Habib Dimyati (Tremas), H. Wardan Junaid (Kauman Yogyakarta), KH. Abdul Hamid, dan KH. Zuhdi Dahlan (Jogokaryan).

Hasilnya, seluruh peserta kaderisasi memiliki kesiapan dalam segala hal untuk bersama-sama mengelola, memajukan dan mengembangkan pesantren. Mereka menjalankan tugas, wewenang, dan aktifitas sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing. Maka dalam jangka waktu yang relatif singkat, Pesantren Al-Munawwir selama dalam kepengasuhan KH. Ali Maksum mengalami perkembangan pesat setahap demi setahap.

Hal ini ditandai dengan, pertama, berkembangnya sistem pendidikan yang tidak lagi dipusatkan pada pengajaran Al-Qur’an, akan tetapi juga pada kajian kitab kuning, yang keduanya dapat berjalan secara seimbang, sehingga menjadi aktifitas utama sekaligus menjadi ciri khas pesantren.

Kedua, berdirinya lembaga-lembaga pendidikan formal/klasikal dalam bentuk madrasah, meliputi:

  1. Madrasah Ibtidaiyah putra 4 tahun (1946);
  2. Madrasah Tsanawiyah Putra 3 tahun (1947) dan SMP Eksakta Alam (1951-1954);
  3. Madrasah Banat (1951);
  4. Madrasah Aliyah Salafiyah putra 3 tahun (1955);
  5. Madrasatul Huffazh (1955);
  6. TK (1957);
  7. Madrasah Diniyah (1960);
  8. Tsanawiyah 6 tahun (1962-1986);
  9. MTs dan Aliyah 3 tahun (1987);

Ketiga, semakin bervariasi (santri takhassus, santri kalong, sekolah didalam dan diluar pesantren) dan meningkatnya jumlah santri yang tertarik belajar di pesantren Krapyak;
Keempat, semakin terkenalnya nama pesantren di tingkat Nasional dan dunia internasional, terutama di negara-negara Timur Tengah, apalagi semenjak KH. Ali Maksum menjadi Rais ’Aam (1981-1984) dan menjadi tuan rumah Muktamar NU ke-28 (1989), kepopuleran dan peran Pesantren Al-Munawwir diperhitungkan oleh berbagai pihak.

Disebabkan oleh perannya yang begitu besar sebagai motivator, dinamisator, katalisator, inspirator (penggagas) kaderisasi ulama dalam kepemimpinan pesantren, dan sebagai power bagi komunitas yang dipimpinnya, serta sebagai sumber pengetahuan, maka dari sudut ini, KH. Ali Maksum dapat dipandang sebagai sesepuh Krapyak, sekaligus sebagai pembangun pesantren yang sebelumnya telah dirintis dan didirikan oleh KH. M. Munawwir.

4.2 Kiprah di Nahdlatul Ulama
Di sela-sela kesibukannya sebagai pengajar dan pengasuh Pesantren Al-Munawwir Krapyak, KH. Ali Maksum sejak masa-masa awal sudah simpatik terhadap jam’iyyah NU. Terutama sekitar tahun 1950-an ketika suhu politik memanas akibat semakin nyaringnya suara kaum nahdhiyyin untuk keluar dari Masyumi, dan terealisir ketika Muktamar di Palembang tahun 1952 yang memutuskan NU keluar dari Masyumi dan mendirikan partai “NU” sendiri.

Untuk menghadapi pemilu pertama tahun 1955, KH. Ali Maksum mulai aktif berkampanye untuk partai NU dengan cara tidak langsung turun ke lapangan sebagai jurkam, melainkan lewat pendidikan kader kepada para santri Krapyak dan melalui pembicaraan non formal dengan para tamu yang sowan ke rumahnya. Hasilnya, Partai NU memperoleh suara terbanyak rangking ketiga setelah PNI dan PKI. Dari Pemilu tersebut, KH. Ali Maksum akhirnya terpilih menjadi anggota konstituante yang mewakili NU Yogyakarta.

Pada tahun 1960-an, tatkala PKI tengah gencar memusuhi kaum muslimin dan mengancam para kiai, KH. Ali Maksum justru diminta menjadi Rais Syuriyah PWNU provinsi Yogyakarta secara terus menerus sampai beliau dikukuhkan sebagai Rais ‘Aam PBNU menggantikan posisi KH. Bisri Syansuri yang wafat, melalui Munas Alim Ulama NU di Kaliurang Sleman Yogyakarta, 30 Agustus-2 September 1981.

KH. Ali Maksum sebenarnya kurang tertarik dengan dunia politik praktis dan menolak keras ketika dicalonkan sebagai Rois ‘am. Berulang kali KH. Ali Maksum mengatakan, “Demi Allah, jangan dipilih”, mengingat dorongan yang sangat kuat dari banyak kiai, terutama pendapat KH. Ahmad Shiddiq di forum Munas yang mengatakan, “Saya tidak melihat seorang pun yang lebih cocok untuk menjadi Rais ‘Aam daripada KH Ali Maksum”, dan ternyata kemudian disetujui oleh forum Munas secara aklamasi, maka dengan rasa berat KH. Ali Maksum mau menerimanya dengan syarat hanya satu kali periode kepengurusan sampai diadakannya Muktamar ke-27 tahun 1984.

Sambil menangis, dan juga diikuti tangisan haru para kiai, KH. Ali Maksum memberikan kata sambutan dengan bahasa arab yang fasih, yang intinya menyatakan bahwa beliau bukanlah orang yang terbaik, bila selama memimpin terlihat bengkok agar diluruskan bahkan beliau siap dicampakkan atau dipecat.

Selama masa jabatannya, KH. Ali Maksum oleh banyak kalangan disebut sebagai “penyelamat NU”, hal ini dikarenakan tiga faktor:

Ketika muncul krisis kepemimpinan di NU dan kesulitan memilih orang yang tepat untuk jabatan Rais ‘Aam pengganti KH. Bisri Syansuri yang wafat, KH. Ali Maksum bersedia dipilih sebagai Rais ‘Aam pada 1981 melalui Munas Alim Ulama NU di Kaliurang Yogyakarta, walaupun dengan sangat berat;

Ketika NU dilanda kemelut tahun 1983 dengan pengunduran diri DR. Idham Chalid sebagai Ketua Umum PBNU (yang belakangan lalu dicabutnya kembali), akibat perseteruan antara kubu politik (kelompok “Cipete”, pimpinan DR. Idham Chalid) dengan kubu ulama/non politik (kelompok “Situbondo”, pimpinan KH. As’ad Syamsul Arifin), KH. Ali Maksum tampil merangkap jabatan sebagai Rais ‘Aam sekaligus Ketua Umum PBNU untuk membenahi persiapan Muktamar Situbondo 1984, yang menghasilkan keputusan strategis dan monumental, yaitu mengembalikan NU ke khittah 1926;

Ketika ada gejolak sebagian aktivis yang ingin, menggoyang Khittah NU 1926 dan membelokkan NU ke partai politik, serta usaha mendongkel Gus Dur dari posisi Ketua Umum PBNU di Munas Alim Ulama NU di Cilacap akhir 1987, maka dengan kewibawaan dan kekarismatikannya KH. Ali Maksum mampu menjadi penjaga gawang-nya sehingga dapat meredam gejolak tersebut. Atas perannya ini KH. Ali Maksum secara berkelakar berkomentar: “Wah, saya ini anggota Mustasyar bagian meden-medeni (menakut-nakuti)."

5. Teladan
MembagiI-Bagikan Seluruh Harta Kekayaannya Tanpa Diketahui Oleh Siapapun

Banyak sifat-sifat kepribadian KH. Ali Maksum yang dapat dijadikan sebagai suri teladan terutama bagi para santri, dan sekaligus mempengaruhi kepemimpinannya di Pesantren Al-Munawwir, di antaranya adalah istiqomah mengajarkan kitab kuning.

Sekalipun kesibukan beliau bertumpuk-tumpuk, seperti sebagai seorang muballigh, dosen di IAIN dan pengurus NU (Rais ‘Aam) yang sering keluar kota, beliau jarang sekali meninggalkan pengajian dan sorogan yang menjadi rutinitasnya sehari-hari, kecuali dalam kondisi yang sangat mendesak, terutama di akhir hayatnya yang sering sakit-sakitan.

KH. Ali Maksum berpola hidup sederhana, zuhud, tidak terkesan hidup mewah, dan tampil apa adanya. Hal ini ditunjukkan oleh kondisi pakaiannya, tempat tinggal, kendaraan dan makanannya yang sangat sederhana, tidak terkesan mewah, bahkan bisa dikatakan tidak layak untuk ukuran dan statusnya sebagai seorang Kyai besar.

Keseriusan usahanya dalam pengembangan pesantren seperti pembiayaan pembelian tanah untuk perluasan lokasi pesantren, pengadaan bangunan, fasilitas pesantren dan kegiatan-kegiatan keagamaan (konsumsi majelis taklim, dll), baik dengan dana pribadi maupun dana sumbangan dari berbagai pihak, semua itu menunjukkan sikap kezuhudannya.

Bahkan, jauh sebelum wafatnya KH. Ali maksum sudah mempersiapkan untuk membagi-bagikan seluruh harta kekayaannya tanpa diketahui oleh siapapun dengan cara membuat catatan beberapa lembar kertas yang kemudian disimpan di lemari di antara tumpukan pakaiannya. Isinya:

Jumlah total berbagai jenis harta benda yang dimiliki (tanah, rumah, pakaian, kendaraan, uang, dll) beserta tempat penyimpanannya, 2/3 harta benda tak bergerak dihibahkan untuk pesantren dan sisanya dihibahkan untuk anak-anaknya;

Daftar nama orang satu persatu dari kalangan masyarakat tetangga pesantren, para sahabat dan kenalan, sanak kerabat dan putra-putrinya, lengkap dengan angka nominal dan jenis harta yang akan diterimanya, sehingga pada saat wafat, beliau sedikit pun tidak meninggalkan harta warisan.

Sungguh, tindakannya ini sesuai sekali dengan isi kandungan syi’iran shalawatan berbahasa Jawa yang beliau gubah dan sering beliau lantunkan di tengah atau akhir memberikan ceramah pengajian, antara lain:

  1. Kulo sowan nang Pengeran // Kulo miji tanpo rencang // Tanpo sanak tanpo kadang // Bondho kulo ketilaran //.
  2. Yen manungso sampun pejah // Uwal saking griyo sawah // Najan nangis anak simah // Nanging kempal boten betah //.
  3. Senajan berbondho-bondho // Morine mung sarung ombo // Anak bojo moro tuwo // Yen wis nguruk banjur lungo //.
  4. Yen urip tan kebeneran // Bondho kang sa’ pirang-pirang // Ditinggal dienggo rebutan // Anak podho keleleran //.
  5. Yen sowan kang Moho Agung // Ojo susah ojo bingung // Janji ridhone Pangeran // Udinen nganggo amalan.

Pembawaan KH. Ali Maksum yang tenang, santun dan mengesankan, wataknya yang arif dan bijaksana, serta sifatnya yang lemah lembut, grapyak (mudah menyapa, mudah bergaul) dengan siapa saja yang ditemui, tutur katanya yang manis, serta raut wajahnya yang selalu ceria dan semringah dengan hiasan senyuman yang khas, menyebabkan beliau disukai oleh siapa saja.

Demikian pula sikap beliau yang tawadhu’, tidak suka dihormati secara berlebihan apalagi dikultuskan, suka memaafkan kesalahan orang, serta jauh dari sifat pendendam dan dengki, menyebabkan beliau selalu dihormati dan disegani. Pergaulan KH. Ali dengan para santri. KH. Ali Maksum sangat dekat hubungannya dengan para santri, dan begitu pula sebaliknya. KH. Ali Maksum hampir hapal semua nama santri, tempat tinggalnya di lokasi pesantren, nama orang tuanya dan asal usul daerahnya.

Di hadapan para santri, KH. Ali Maksum bukanlah sosok yang menakutkan. Pada umumnya, para santri merasa takut dan lari atau bersembunyi ketika bertemu dengan kiai, akan tetapi tidak demikian terhadap KH. Ali Maksum. Hubungan KH. Ali Maksum dengan santri seperti layaknya hubungan bapak dengan anak. Kedekatan hubungan ini ditunjukkan oleh kesukaannya bercanda dan bergurau dengan para santrinya, baik secara individu maupun secara jamaah di pengajian.

Kalaupun ada santri yang lari atau takut ketika berhadapan KH. Ali Maksum, mereka justru akan dipanggil, baik secara langsung maupun lewat microphone untuk sekedar diajak ngobrol sambil mendengarkan lagu-lagu kesayangannya atau menonton TV, diajak jalan-jalan keliling pondok sambil mengambili sampah-sampah kering (kertas, plastik dan dedaunan), disuruh memijatnya, disuruh menyapu atau membersihkan kamar pribadinya atau halaman rumahnya, dan lain-lain, sehingga mereka tidak lagi merasa takut dan terasa begitu dekat dengan KH. Ali Maksum.

KH. Ali Maksum sangat rajin mendatangi kamar-kamar santri dan membangunkan mereka untuk diajak shalat Subuh berjamaah. Terhadap santri yang dipandang malas dan bandel berjamaah tarawih setiap datangnya bulan Ramadhan, KH. Ali Maksum mengadakan “Tarawih Panggilan” di kediamannya dan diimami sendiri. Ini bukan berarti memberi kesempatan atau peluang untuk bandel, akan tetapi mendidik mereka bahwa dengan sering dipanggilnya mereka, maka lama kelamaan mereka akan sadar dan malu dengan sendirinya.

Demikian pula kedekatan KH. Ali Maksum terhadap para alumninya, yang ditunjukkan oleh seringnya beliau menitipkan salam kepada alumni lewat para tamu, wali santri, atau santri yang kebetulan kenal dan dekat tempat tinggalnya dengan alumni tersebut. Bahkan KH. Ali Maksum sering mampir ke rumah alumni di tengah perjalanannya ke luar kota. Terutama setiap ada event Haul KH. M. Munawwir, para alumni selalu dikirimi undangan untuk menghadiri haul tersebut. Dari sini dapat dikatakan bahwa kedekatan hubungan santri dengan Kyai tetap berlanjut sampai menjadi alumni.

Dalam soal ketaatan mutlak santri kepada kyai hingga sampai pada tingkat pengkultusan, adalah tidak sejalan dengan pandangan KH. Ali Maksum. Ketaatan murid terhadap guru sebatas pada hal-hal yang dibenarkan oleh syari’at dan dilakukan secara wajar.

KH. Ali Maksum sangat peduli terhadap kebersihan lingkungan pondok. Beliau sering berjalan-jalan sambil mengelilingi pondok. Begitu melihat lingkungan yang kotor dengan berbagai jenis sampah, langsung saja memanggil santri yang ada di situ, terutama para santri yang tidak ikut sorogan untuk diperintah mengambili sampah-sampah tersebut dengan tangannya, karena beliau memang sangat “titen” (ingat, dan teliti) pada santri yang ikut dan yang tidak ikut sorogan.

Bahkan terkadang beliau sendiri yang memungutnya. Selain itu, beliau juga sangat peduli dengan kondisi suatu bangunan yang rusak, kumuh, atau yang tidak layak huni, langsung saja beliau mengerahkan, memimpin dan mengawasi para santri untuk kerja bakti.

Ulama Intelek dan Tokoh Modernis NU. Nama KH. Ali Maksum di kalangan masyarakat tidak asing lagi, karena perannya yang begitu besar di berbagai sektor, sebagai pengasuh pesantren, sebagai ulama intelek, sebagai ilmuwan, sebagai tokoh organisasi Islam, modernis NU, dan sebagai pemimpin lainnya.

KH. Ali Maksum merupakan tipe seorang Kyai yang memiliki semangat atodidak yang tinggi. Bagi KH. Ali Maksum, pameo “Belajar sendiri tanpa guru (misalnya mengkaji sendiri kitab yang belum pernah dingajikan), maka gurunya adalah setan” dipandangnya salah kaprah dan tidak berlaku lagi. Pameo itu sebenarnya hanya berlaku khusus pada murid thariqat yang sangat membutuhkan bimbingan spiritual seorang mursyid dalam mendalami ilmu-ilmu haqiqat.

Sebab, jika ilmu hakikat didalami sendiri tanpa bimbingan guru terkadang justru dapat menyesatkannya. Berbeda kondisinya dengan para santri yang mendalami ilmu-ilmu syari’at, bahwa kitab-kitab yang dikaji tersebut justru dipandang sebagai guru yang terbaik. tidak pernah berbohong, paling sabar dan tidak pernah marah. Artinya, kitab-kitab tersebut berbicara dengan bahasa tulis apa adanya, terbuka untuk dikoreksi dan dikritik. Berbeda dengan guru manusia yang suka menutupi kekurangannya dan menonjolkan kelebihannya.

Pandangan inilah yang melandasi KH. Ali Maksum memiliki semangat otodidak tinggi, berwawasan luas dan dalam, serta berpandangan moderat. Bahkan pandangannya ini sering kali dilontarkan kepada para santri di tengah memberikan pengajian, sehingga mampu mendorong para santri untuk memiliki semangat otodidak yang tinggi seperti yang dimiliki oleh KH. Ali Maksum.

Kyai-Kyai yang seangkatan dengan beliau atau yang lebih sepuh lagi, dan juga kalangan intelektual muda mengakui keluasan ilmunya. Beliau adalah ulama ahli tafsir, hadis, fiqih, bahasa Arab beserta ilmu alatnya, dan berbagai disiplin ilmu lainnya, serta menguasai berbagai macam kitab, baik yang menjadi rujukan ulama tradisional maupun ulama modernis.

Bahkan penguasaannya terhadap kitab-kitab rujukan ulama modernis tersebut (seperti karya Ibnu Taimiyah, Ibnu Qayyim, Sayyid Quthub, Hassan Al-Bana, Muhammad Abduh dan lain-lain) justru melebihi dari para ulama kelompok modernis itu sendiri. Julukan “Munjid Berjalan” oleh masyarakat untuk KH. Ali Maksum menujukkan keluasan bidang keilmuan yang dikuasainya.

Di kalangan inetelektual muslim dan dunia kampus, KH. Ali Maksum adalah seorang dosen dan guru besar ilmu tafsir di IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang benar-benar ahli di bidangnya dan berpandangan luas. Karena keahliannya itu pada tahun 1962, KH. Ali Maksum bersama-sama dengan Prof. KH. Anwar Musyaddad, Prof. DR. Muhtar Yahya, Prof. Hasbi Assiddiqi dan lain-lain ditunjuk oleh Menteri Agama RI sebagai anggota tim Lembaga Penyelenggara Penterjemahan Kitab Suci Al-Qur’an yang diketuai oleh Prof. R. H. A. Sunaryo, SH (Rektor IAIN Sunan Kalijaga ketika itu).

Meskipun dekat dengan kalangan akademisi dan intelektual, KH. Ali Maksum tetap istiqomah mengajarkan kitab kuning kepada para santri Krapyak, dan hampir tidak ada waktu jeda untuk memberikan pengajian umum/ceramah agama kepada masyarakat, baik di pedesaan, didalam kota maupun luar kota Yogyakarta.

KH. Ali Maksum dikenal luas sebagai tokoh modernis NU, yang menjadi motor penggerak terjadinya perubahan dan pembaharuan di tubuh NU melalui sepak terjang generasi muda NU pasca Muktamar Situbondo. KH. Ali Maksum memandang perlu agar kaum muda terutama yang memiliki pemikiran progresif dan semangat pembaharuan diberi kesempatan untuk memimpin NU ke depan.

Menurut Martin van Bruinessen, sebagaimana yang dikutip oleh Zainal Arifin Thoha dalam bukunya Runtuhnya singgasana Kyai, bahwa salah satu alasan yang mendorong KH. Ali Maksum menerima jabatan Rais ‘Aam sesungguhnya juga didorong oleh rasa ingin melindungi (gagasan-gagasan) angkatan muda NU, seperti KH. Ahmad Shiddiq, KH. Sahal Mahfudz, KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur), KH. A. Musthofa Bisri, DR. Fahmi Saifuddin, Dr. Muhammad Tohir, KH. Muchid Muzadi, M. Zamroni, Mahbub Djunaidi, Masdar Farid Mas’udi dan lainnya yang kelak dikenal sebagai para penggagas Khittah.

Pembelaan terhadap gagasan-gagasan progresif angkatan muda NU tidak hanya sampai di forum Muktamar ke-27 Situbondo yang mengantarkan KH. Ahmad Shiddiq dan KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) sebagai Rais ‘Aam dan Ketua Umum PBNU, juga pada Muktamar ke-28 Krapyak Yogyakarta (1989) yang juga mengantarkan keduanya untuk dikokohkan kembali sebagai Rais ‘Aam dan Ketua Umum PBNU.

Sejak tahun 1943 KH. Ali Maksum pindah ke Krapyak. Yang pertama kali dirasakan KH. Ali Maksum pada awal kepindahannya ini adalah kuatnya getaran gerakan Muhammadiyah, maklum kota Yogyakarta adalah kota kelahirannya. KH. Ali Maksum yang dikalangan para kiai NU dikenal sebagai salah satu tokoh reformis atau modernis NU ini tidak menunjukkan sikap yang konfrontatif, akan tetapi dengan sikap penuh toleransi, kemudian gerak langkah Muhammadiyah tersebut terus diikuti perkembangannya dengan seksama.

Persinggungannya dengan kaum modernis nampak terlihat antara lain dari cara KH. Ali Maksum mengupas berbagai masalah keagamaan dalam setiap pengajiannya, yang sering diperbandingkan dengan pandangan ulama pembaharu. Jiwa pembaharuan, keluasan ilmunya dan pandangannya yang moderat tidak lepas dari pengalaman masa lalunya di pesantren Tremas yang sangat gemar mengkaji berbagai jenis kitab karangan para ulama salaf dan ulama pembaharu, ide-idenya yang segar demi kemajuan pesantren mampu mendorong terjadinya pembaharuan sistem pendidikan di Tremas.

Tidak berlebihan jika Prof. DR. KH. A Mukti Ali mengatakan, bahwa KH. Ali Maksum-lah yang menjadi motor penggerak modernisasi Pesantren Tremas, dari hanya menggunakan sistem pesantren ke sistem madrasi.

Bahkan dalam banyak hal pandangan KH. Ali Maksum sejalan dengan pandangan kaum pembaharu, di antaranya seperti masalah mencari ilmu yang harus diperoleh melalui belajar (Innamal ‘ilmu bit-ta’allum) dan didukung dengan makanan yang bergizi untuk meningkatkan kecerdasan, bukan dengan mengandalkan semangat pencarian melalui laku spiritual (laduni), wirid, perilaku ngrowot dan lelakon nyeleneh lainnya. Oleh karena itu KH. Ali Maksum hampir tidak pernah mengajak santrinya hidup prihatin atau tirakat dengan menjauhi makanan tidak bergizi, selain ibadah puasa sunnah yang disyari’atkan.

Latar belakang kehidupan keilmuan KH. Ali Maksum yang dinamis, berwawasan yang sangat luas, dalam dan moderat, dengan dukungan referensi yang multidisipliner, serta memiliki semangat otodidak yang tinggi tersebut, sedikit banyak tentu mempengaruhi pendidikan dan pengajaran yang diberikannya kepada para santri.

Tidak mengherankan jika para alumni yang pernah mendapatkan didikan dari KH. Ali Maksum tidak sedikit yang menjadi tokoh masyarakat, intelektual, dan kiai-kiai pengasuh atau pendiri pesantren yang berwawasan luas, mendalam dan moderat disebabkan referensinya yang sangat luas, serta memiliki semangat otodidak yang tinggi.

Kyai Penuh Cinta Kasih
KH. Ali Maksum merupakan seorang kyai yang penuh cinta kasih, menebar petuah-petuah cinta dan keramahan dalam setiap langkah hidupnya. Gus Mus (KH. Musthofa Bisri), salah satu murid kinasih KH. Ali Maksum, memberi kesaksian.

“Hanya di Pesantren Krapyak ini, santri kehabisan uang malah pinjam kyainya. Dulu, di setiap sudut pesantren dipasangi speaker timbal balik. Ketika Pak Ali ngendikan (bicara), bisa didengar santri dan begitu pun sebaliknya. Jadi, Pak Ali itu tahu semua polah tingkah santri-santri. Jika ada santri yang malu-malu pinjam sama Pak Ali, santri itu bicara di dekat speaker.

Bilang kalau enggak punya uang. Masyaallah, Pak Ali mendengar keluhan santri tersebut langsung meminjaminya. Kalau tidak Pak Ali, tidak mungkin ada,” kenang Gus Mus, pada agenda Haul ke-25 KH. Ali Maksum di Pesantren Krapyak Yogyakarta, 10 Maret 2014. Keramahan, kedermawanan, dan kedekatan sebagai Bapak, merupakan pesan cinta sang Kiai, agar pesantren menghasilkan santri-santri yang mempelajari ilmu pengetahuan dengan hati, mengajar masyarakat dengan keramahan.

Gus Mus juga mengisahkan bahwa KH. Ali Maksum sangat dermawan. Rais “Aam PBNU 1980-1984 ini dengan ikhlas menyatakan bahwa barang-barangnya yang diambil santri dihalalkan. “Semua barangku yang diambil oleh santri, saya halalkan. Asalkan tidak ketahuan,” ungkap Gus Mus meniru KH. Ali Maksum. Selain itu, kisah Gus Mus, KH. Ali Maksum hafal semua nama santri.

“KH. Ali Maksum itu hafal semua nama santri. Kalau ada haulnya Kyai Munawir atau acara mantenan, semua santri itu dikasih undangan dan ditandatangani langsung oleh KH. Ali Maksum. Jadi enggak enak kalau ndak datang,” terang Gus Mus.

6. Jasa-Jasa
Mungkin, KH. Ali Maksum memang dikenal menjadi sosok yang bertangan dingin menyelamatkan suatu organisasi dalam masa sulit. Sejak tinggal di Kota Jogja, beliau membangun organisasi NU dari bawah. Kekuatan pemuda, pengusaha, mahasiswa, dan sebagainya beliau kumpulkan. Pada masa Demokrasi Liberal, kala NU keluar dari Masyumi sebelum Pemilu 1955,

KH. Ali Maksum juga hadir menjadi salah satu tokoh yang berjasa. Meski baru menjadi salah satu kekuatan politik, NU berhasil menempati posisi ketiga dalam Pemilu 1955 di bawah PNI dan Masyumi. KH. Ali Maksum juga berperan dalam menjaga persatuan NU saat permulaan Orde Baru. Terlebih, saat penyederhanaan partai oleh pemerintah pada 1973, NU benar-benar diuji. Jalan damai, yang digaungkan KH. Ali Maksum menjadi salah satu titik keberhasilan dari jasa KH. Ali Maksum meredam konflik di dalam tubuh NU.

Selain sebagai pengasuh Pesantren Munawwir Krapyak, KH. Ali Maksum juga menjadi dosen di UIN Sunan Kalijaga (dulu IAIN Suka) dan menjadi anggota penerjemah Tim Al-Quran sejak 1962. Di organisasi NU sendiri, KH. Ali Maksum pernah menjadi Rais Syuriyah PWNU DIY pada tahun 1975-1981 dan Rais ‘Aam PBNU pada tahun 1981. Peran KH. Ali Maksum di organisasi NU pun semakin besar.

Peran besar KH. Ali Maksum dalam NU salah satunya diwujudkan dalam upaya pergerakan NU "Kembali ke Khittah 1926" atau yang dikenal sebagai penyelamatan NU dari kepentingan politik praktis. Upaya ini dilakukan pada 1984. Saat itu, NU memutuskan tidak terafiliasi dengan parpol manapun sesuai tujuan awal organisasi ini berdiri. KH. Ali Maksum juga terus mengawal jalannya gerakan ini hingga akhir hayatnya.

  1. Hilangnya perpecahan di tubuh NU, tidak ada lagi kubu Cipete dan Situbondo, yang ada adalah kubu NU
  2. Mampu mengerem usaha menjerumuskan NU ke politik praktis yang lebih dalam;
  3. Menjaga jarak yang sama antara NU dengan partai-partai politik;
  4. Mengangkat wibawa ulama/syuriyah;
  5. Mulai terjadinya regenerasi dalam NU dengan mendorong dan memasukkan generasi muda NU kedalam struktur kepengurusan;
  6. Membuatkan bekal bagi pengurus dan warga NU dalam meraih sukses organisasi.

7. Karya-Karya

  1. Al-Amtsilah At-Tashrifiyyah. Kitab ini merupakan kitab karangan KH. Ali Maksum yang menjelaskan tentang ilmu shorof.
  2. Fathul Qadir. Kitab ini merupakan kitab pertama di Nusantara yang ditulis oleh KH. Ali Maksum yang menjelaskan tentang ukuran dan takaran Arab dalam bahasa Indonesia.
  3. Ad-Durus Al-Falakiyah adalah karya KH. Ali Maksum yang menjelaskan tentang ilmu falak. KH. Ali Maksum dalam menyusun kitab ini dengan cara sistematis dan konseptual. Di dalamnya termuat ilmu hitung, logaritma, almanak Masehi dan Hijriyah, posisi matahari, dan sebagainya.
  4. Badi’atul Mitsal. Kitab ini adalah kitab yang sama hampir sama dengan Kitab Ad-Durus Al-Falakiyah, yaitu menjelaskan tentang ilmu falak. Tapi di dalam kitab ini, KH. Ali Maksum lebih menjelaskan yang menjadi patokan bahwa pusat peredaran alam semesta bukanlah matahari, melainkan bumi. Sedangkan matahari, planet dan bintang yang jumlahnya demikian banyak, berjalan mengelilingi bumi.

8. Referensi
Diolah dan dikembangkan dari data-data yang dimuat di situs: https://humaniora.uin-malang.ac.id

Sebelumnya artikel ini diedit pada tanggal 7 Desember 2023 dan kembali diedit dengan penyelarasan bahasa pada tanggal 2 Maret 2024

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya