Konsultasi Psikologi Remaja: Bagaimana Mengetahui Permasalahan Anak

Sebuah konsultasi remaja tentang semangat cita-cita dan harapannya di tengah era gadget yang mungkin bisa jadi pembelajaran bersama oleh Dr. Muhammad Fakhurrazi.

Konsultasi Psikologi: Apakah Merasa Down yang Berlebihan dan Mudah Sensitif itu Normal?

Apakah normal bagi saya untuk merasa down yang berlebihan dan mudah sensitif

Konsultasi Psikologi: Bagaimana Solusi untuk Menghilangkan Emosi yang Terpendam Lama?

Tampaknya yang paling menonjol dari masalah Anda adalah emosi yang dipendam sejak lama. Kehidupan batin kita ibarat sebuah bendungan air.

Konsultasi Siap Nikah Umur 25 Tahun: Bagaimana Kiat Dapat Bersikap Dewasa?

Kira-kira apa yang harus saya lakukan ya mbak agar bisa bersikap lebih dewasa ? Terima kasih atas saran-sarannya

Konsultasi Psikologi: Bagaimana Cara Mengatasi Prokrastinasi pada Orang Dewasa?

Apa yang Bapak alami dalam psikologi biasa disebut prokrastinasi yaitu kecenderungan untuk menunda-nunda pekerjaan.

Konsultasi Siap Nikah Umur 25 Tahun: Menghadapi Permasalahan, Siapa Takut!

Saya menyadari hal ini merupakan kebiasaan yang buruk, namun saya terkadang bingung harus bagaimana menghadapi permasalahan saya.

Konsultasi Psikologi: Apakah Depresi Bisa Dipulihkan dengan Meditasi?

Jika depresi kemudian diajarkan untuk meditasi akan membuat perhatian pada dirinya semakin besar. Dia akan makin larut dengan permasalahan dan dirinya. Hal ini berakibat depresinya menjadi semakin parah.

Konsultasi Siap Nikah Umur 25 Tahun: Bagaimana Agar PD Saat Berbicara di Depan Umum?

Mbak, saya punya kelemahan dalam public speaking.  Saat harus berbicara di depan umum (presentasi), saya selalu merasa cemas, gugup, ngeblank dan muncul keringat dingin

Konsultasi Keluarga: Mengatasi Perbedaan Sikap di Keluarga dan Masyarakat

Saya merasa ada perbedaan sikap saya ketika di rumah dan di masyarakat. Kalau di rumah saya merasa lebih bebas, mau ngapain aja ke suami juga

Konsultasi Siap Nikah Umur 25 Tahun: Sistem Kebut Semalam, Efektif atau Tidak ?

Saat ini saya terbiasa dengan SKS (Sistem Kebut Semalam). Waktu ujian bisa jawab sih, tapi kok habis ujian lupa ya ?

Konsultasi Psikologi: Bagaimana Menyikapi Anak yang Pendiam?

Saya ingin bertanya tentang anak saya. Anak saya, laki-laki, 16 tahun. Saya bingung melihat kebiasaan anak saya yang lebih senang menyendiri dan pendiam kalau di rumah.

Konsultasi Siap Nikah Umur 25 Tahun: Ingin Bisa Bergaul, Bagaimana Caranya?

Saya orangnya susah untuk bergaul dan pemalu, sehingga tidak mempunyai banyak teman. Gimana ya mbak, biar bisa cepat bergaul ?

Konsultasi Psikologi: Bagaimana Cara Mengajarkan Anak untuk tidak Lari dari Masalah?

Mungkin saat itu ananda menemukan masalah yang kita tidak tahu dan pola yang digunakan sama dengan sebelumnya yaitu melarikan diri dari masalah.

Konsultasi Siap Nikah Umur 25 tahun: Tips Menghadapi Teman Toxic

Teman Toxic istilah yang kekinian banget buat teman yang demen nyusahin teman, ngerugiin temen, memanfaatkan temen baik secara fisik maupun emosional.

Mental Pemain Chelsea Tengah Bermasalah

Pertanyaan pun muncul, kenapa Chelsea tiba-tiba drop seperti ini? Padahal para pemain inti relatif bebas dari cedera dan skuatnya pun terbilang seimbang. Menurut Sarri, masalah Chelsea saat ini lebih pada mental para pemain.

Konsultasi Psikologi: Bagaimana Cara Menghadapi Anak yang Cendrung Tertutup dan Menarik Diri?

AG melampiaskan kekecewaannya dengan tidur dan setiap mendapatkan masalah, dia hanya memendam dan tidur dalam waktu lama. Itu mungkin yang membuatnya tertutup ketika ditanya tentang keluarganya

Konsultasi Siap Nikah Umur 25 Tahun: Tips Menyongsong Tahun 2019 Menjadi Pribadi yang Lebih Baik

Saya ingin menjadi pribadi yang lebih baik di tahun 2019. Kebiasaan buruk apa yang harus saya tinggalkan?

Konsultasi Psikologi: Bagaimana Cara Menghadapi Anak yang Suka Marah-Marah dan Berhalusinasi?

Sering marah ke orang tuanya, memukul orang tuanya, memanjat genteng tanpa tujuan dan mulai mendengar bisikan-bisikan. Anak saya kenapa ya Pak? Dan apa yang harus saya lakukan

Konsultasi Siap Nikah Umur 25 Tahun: Bagaimana Cara Menjadi Seorang Perfeksionis yang Positif?

Saya ingin skripsi saya berbeda dengan yang lainnya dan sempurna, saya jadi menunda-nunda pengerjaan skripsi dengan dalih tidak mendapatkan tema yang sesuai dengan  yang saya inginkan.

Konsultasi Psikologi: Bagaimana Mengatasi Anak Ngambek ke Sekolah?

Anak saya juga kayak menghindar dari ekskul drumband. Sekedar informasi, anak saya masuk tim inti drumband sekolahnya dan mau lomba.

Konsultasi Siap Nikah Umur 25 Tahun: Keinginanku Bertentangan dengan Ekspektasi Orang Tua

Saat ini pun saya harus bersekolah di SMA Negeri pilihan orang tua saya, padahal sebenarnya saya mempunyai pilihan sekolah sendiri.

Konsultasi Psikologi: Bagaimana Cara Meningkatkan Self Discipline?

Bagaimana cara meningkatkan self-discipline sehingga banyak kerjaan bisa selesai dalam satu waktu sempit

Konsultasi Siap Nikah Umur 25 Tahun: Orang Tua Sering Bertengkar, Apa yang Harus Saya Lakukan?

Mbak, orang tua saya sering sekali bertengkar, bahkan mereka sering bertengkar di depan saya

Konsultasi Psikologi: Tips Meningkatkan Kepercayaan Diri

Mohon tipsnya supaya nggak krisis kepercayaaan diri untuk bisa lebih PD berbicara di depan umum

Konsultasi Siap Nikah Umur 25 Tahun: Cara Menghadapi Orang yang Membenci Kita

Saat ini saya sudah bekerja di sebuah perusahaan swasta. Beberapa waktu yang lalu, saya terlibat masalah dengan teman sekerja saya.

Indonesia Kekurangan Tenaga Psikologi Forensik

Bagi setiap tersangak yang akan dijebloskan ke lapas atau dikirim ke rumah sakit jiwa, sangat bergantung dari rekomendasi tim psikologi forensik. Namun, ia mengaku tidak mengetahui perkembangan tenaga psikologi forensi di Indonesia.

Konsultasi Psikologi: Bagaimana Cara Atasi Kecemasan Diri?

Anda mengalami cemas dan tidak bisa mengatasinya di saat Anda berhadapan dengan figur otoritas. Dengan kata lain Anda menjadi inferior di hadapan figur suka superior.

Konsultasi Siap Nikah Umur 25 Tahun: Apa Itu Self Love?

Pembulian yang dialami saat kecil memang memberikan dampak buruk pada korban bullying. Sedih, minder, cemas, menarik diri, bahkan depresi.

Konsultasi Psikologi: Bagaimana Cara Mengatasi Anak yang Menarik Diri dan tidak Mau Berteman?

Dasarnya anak saya emang tertutup dan suka menyendiri, tapi sejak SMA dia makin menarik diri dan ga mau berteman.

Konsultasi Keluarga: Bagaimana Cara Mempertahankan Rumah Tangga dengan Adanya Orang Ketiga?

Saya O,seorang suami yang mempunyai anak 2. Saya memiliki masalah dengan istri. Kami bercerai talak 1 dengan menandatangani perjanjian cerai, karena adanya orang ketiga

Konsultasi Siap Nikah Umur 25 Tahun: Tips Menghadapi Orang yang Merasa Selalu Benar

Kita pasti pernah menghadapi seseorang yang merasa pendapatnya paling benar, entah itu dalam situasi formal maupun informal

Kembangkan Kinerja dengan Teknologi Dosen Psikologi Islam IAIN Pontianak Ikuti Lokakarya Softwere JA

 Program Studi Psikologi Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Pontianak bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi dalam acara LOKAKARYA Enrichment Software Statistika JASP karya Profesor Psikologi Universitas Amsterdam

Konsultasi Psikologi: Bagaimana Menghadapi Anak yang Menyendiri dan Suka Marah?

Saya punya anak dah besar, Pak. Laki-laki. Sudah kuliah selama 7 tahun, tapi kuliahnya ga selesai-selesai. Padahal tinggal skripsi saja. Sekarang kerjaannya cuma di kamar, main game, tidur. Dah lama juga dia seperti itu.

Konsultasi Psikologi: Bagaimana Cara Coping Stress yang Baik?

Saudara B yang baik... Saya ikut prihatin dengan keadaan Anda. Saya bisa merasakan bagaimana perasaan Anda saat terjadi perceraian itu dan saat ini. Tentunya tidak semua orang sanggup dengan keadaan ini.

Konsultasi Siap Nikah Umur 25 Tahun: Apakah Kepribadian Bisa Berubah?

Sekarang ini saya sudah kuliah. Saya senang bergabung hang out bareng teman, berinteraksi dan becanda dengan banyak orang. Apakah kepribadian saya telah berubah

Konsultasi Siap Nikah Umur 25 Tahun: Tidak Percaya Diri Saat Melamar Pekerjaan

Saya sering melamar pekerjaan di perusahaan, namun saya melewatkan sesi tes dan interviewnya. Saya merasa tidak percaya diri, saya takut gagal lagi. Alhasil saya sudah satu tahun lebih menganggur.

Konsultasi Psikologi: Takut Menikah

Beberapa waktu yang lalu keluarga meminta saya untuk menikah tetapi saya takut, apa yang harus saya lakukan untuk mempersiapkan diri.

Konsultasi Psikologi: Sosok Pendamping, Mungkinkah Ada?

Saya juga berpikir, jangan-jangan saya kepribadian ganda. Tapi yang paling bikin penasaran adalah siapa dia sebenarnya? Mungkin saya bisa dibantu untuk mengurai masalah ini? Terima kasih atas penjelasannya.

Milad Pertamaa Prodi Psikologi Islam FUAD IAIN Pontianak DIisi Berbagai Kegiatan

 Program Studi Psikologi Islam (PI) Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Pontianak merayakan ulang tahun pertama di Gedung Rektorat lantai 4, Senin (12/3) pagi. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 12 hingga 14 Maret 2019.

Prodi Psikologi Islam iAIN Pontianak Beri Penghargaan Atas Mahasiswa Berprestasi

rogram Studi Psikologi Islam (PI) Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Pontianak, mengadakan kegiatan penutupan acara ulang tahun Prodi PI yang pertama kali dirayakan dengan dua angkatan. Dalam kesempatan ini Ketua Prodi PI Dr. Hj. Fitri Sukmawati, S.Psi, M.Psi Psikolog memberikan penghargaan

Konsultasi Psikologi: Bagaimana Merawat Orang Depresi sedang Dirinya juga Depresi?

Saya seorang mahasiswi swasta,merupakan anak pertama dari 2 bersaudara. Saya mengalami depresi berat pada saat masuk SMA. Sejak kecil saya harus mengurus ibu yang mengalami depresi berat

Konsultasi Psikologi: Bagaimana Cara Meyakinkan Diri untuk Memberikan Kepercayan Anak atas Pilihanya

Saat ini yang perlu dilakukan adalah meyakinkan istri untuk memberi kepercayaan kepada anak atas pilihannya. Selain itu tentunya butuh persiapan dana dan sebagainya.

Merasa Jelek dan Tidak PD, Bagaimana Mengatasinya?

mbak Nur, saya merasa kurang bahagia dan kurang percaya diri dengan keadaan fisik dan penampilan saya.

Trauma untuk Mengenal Lawan Jenis

Sejak saya masih kecil kedua orang tua saya sering sekali bertengkar. Bahkan, ayah sering melakukan KDRT pada ibu saya. Hal ini membuat saya menjadi trauma untuk mengenal lawan jenis

Konsultasi Psikologi: Cara Mengatasi Anak Sering Bertengkar dengan Saudaranya

Anak-anak kami sering bertengkar dan tiap kali saya coba membantu, mereka mengeluh saya tidak adil dan menuduh saya memihak saudaranya . Bagaimana membuat mereka rukun

Konsultasi Psikologi: Tips Merawat Anak Agar Mendapatkan Semua Kebutuhannya

Saya khawatir anak bungsu kami terabaikan, kurang perhatian dan kurang terpenuhi kebutuhannya. Apa yang dapat kami lakukan agar anak bungsu kami bisa mendapatkan semua yang dia butuhkan?

Konsultasi Psikologi: Cara Mengatasi Anak yang Sombong

Bagaimana cara mengatasi anak yang suka menyombongkan diri?

Konsultasi Psikologi: Siswa Malas Belajar

Bagaimana cara mengatasi siswa SMP yang malas belajar, selalu mengganggu teman sebangkunya dan sering tidur di kelas

Konsultasi Psikologi: Kapan Anak Dikatakan Membangkang pada Orang Tuanya?

bagaimana saya tahu kapan anak saya termasuk pembangkang atau masih dalam taraf normal sebagai anak yang menjelang remaja

Membangkitkan Motivasi Psikologis Meraih Keberhasilan

Bagi peserta didik yang memiliki kecerdasan normal dan pada waktu belajar memiliki motivasi berprestasi tinggi (positif) terhadap suatu bidang studi maupun terhadap pendidiknya, sehingga peserta didik tersebut akan meraih hasil belajar yang tinggi pula dalam suatu bidang studi.

Konsultasi Keluarga: Tips Mengatasi Anak yang Kurang Sopan Terhadap Orang Lain

Memiliki anak yang tampaknya tidak sopan memang kadang membuat orang tua tidak nyaman. Apalagi jika dalam situasi sosial yang formal.

Konsultasi Psikologi: Anakku tidak Mau Menggosok Gigi

Cara mengajari anak untuk bisa gosok gigi secara rutin.

Anak Suka Menunda Pekerjaan, Orang Tua Harus Bagaimana?

Bagaimana cara mengatasi kebiasaan anak yang suka menunda pekerjaan atau perintah

Rindu Rumah Saat di Pesantren

Anak pasti akan rindu dengan rumah jika pergi dari rumah apalagi dalam waktu lama seperti masuk pesantren ini. Karena ini anak sudah masuk pesantren, tips berikut mungkin bisa dilakukan saat Bapak/Ibu menjenguk ananda.

Konsultasi Psikologi: Tolong, Anaku Ketakutan

kami mau bertanya tentang anak kami. Bagaimana cara mengatasi ketakutan yang besar pada anak ya? Terutama pada anak SD.

Konsultasi Siap Nikah Umur 25 Tahun: Orang Tua Menganggapku Anak yang tidak Berguna

Orang tua menganggap saya anak yang tidak berguna. Padahal saya selalu menuruti perintah orang tua, namun apa yang saya lakukan selalu salah di mata orang tua.

Konsultasi Psikologi: Bisakah Anak Kecil Stres?

Anak saya tampak murung dan tertekan akhir-akhir ini. Tidak bisa tidur, murung dan sulit fokus pada tugas sekolah

Konsultasi Psikologi: Ditolak itu Menyakitkan

Bagaimana mengatasi anak yang sedih karena ditolak ikut main bersama teman-temannya

Terjebak dalam Lingkungan Keluarga yang Toxic

Orang tua saya selalu memaksakan kehendak mereka, memaksa saya mengikuti keinginan mereka. Saya merasa seperti robot saja, apa yang harus aya lakukan?

Konsultasi Psikologi: Mengajarkan Sikap Tegas, Bisakah?

Anak perempuan cenderung tidak bisa menolak ajakan orang lain dan tidak bisa berkata tidak. Hal ini bagi sebagian orang tua tentunya menjadi khawatir. Bagaimana caranya mengajarkan agar anak perempuan kita bisa bersikap tegas

Konsultasi Psikologi: Internet, Haruskah Dihindari?

Saat ini penggunaan internet sudah seperti menjadi kebutuhan pokok. Hampir semua orang kenal internet baik di kota maupun di desa

Kecanduan Nonton Anime, Apa yang Harus Dilakukan?

Saya seneng banget nonton anime. Tiap kali pulang sekolah, saya cepet-cepet pulang biar bisa segera nonton anime, walaupun anime itu pernah saya tonton sebelumnya.

Konsultasi Psikologi: Menjadi Orang Tua sebelum Waktunya

Sehari-hari saya yang mengasuh adik tiri saya yang masih bayi. Ibu sama sekali ngga perhatian, mungkin karena Ibu kerja juga.

Orang yang Senang Melakukan Korupsi Jiwanya Sakit

Orang yang Senang Melakukan Korupsi Jiwanya Sakit

Konsultasi Psikologi: Makan Lahap Bagi si Kecil

Bagaimana caranya agar si anak mau makan nasi lagi ya? Saya khawatir dengan kesehatannya nanti. Oh iya, anak kami mau umur 2 tahun sebentar lagi

Konsultasi Psikologi: Anak Perempuanku Galak

Anak saya punya tabiat suka ngambek dan marah kalau kemauannya ga dituruti. Kalau sedang marah, semuanya dipimpin termasuk pengasuh yang di rumah, ambil mengacungkan jari tengah ke pengasuhnya. Saya bingung ini anak mesti diapain ya

Konsultasi Psikologi: Lega kalau Luka

Dirinya sering melukai dirinya sendiri, seperti menyayat kulit tangan atau membentur-benturkan kepala ke tembok sampai berdarah.

Konsultasi Psikologi: Aku Ketakutan Saat Tidur

Sejak lama, saya sering tiba-tiba terbangun dari tidur, terus panik dan merasa dikejar-kejar. Kadang sambil berteriak juga, Tapi habis itu, tidur lagi. Apakah yang saya alami ini wajar ya?

Konsultasi Psikologi: Sang Peniru Ulung

Kami ingin sekali anak kami menjadi anak yang lembut, tutur katanya sopan, ramah dan murah senyum. Apakah ada tips bagi kami untuk mewujudkan impian kami, Pak?

Konsultasi Psikologi: Menyakitkan itu Menyenangkan

Saya punya teman, perempuan. Dia suka cerita, kalau dia lebih senang disakiti terlebih dahulu saat berhubungan badan. Entah diikat, dibekap, dipukul atau dijambak dan sebagainya yang nyakitin fisik.

Konsultasi Psikologi: Saya tidak Bisa Diam

Saya merasa kalau saya ngalamin gangguan, Pak. Teman-teman saya ngeluh kalau saya sering tidak care pada hal-hal kecil.

Konsultasi Psikologi: Aku Lemah Tanpa Pacar

Saya sih selama pacaran itu jarang ada yang serius, yah cuma buat main-main aja. Menurut Bapak, apa yang saya lakuin, salah ga Pak?

Konsultasi Psikologi: Anakku kok Sangat Pendiam?

Anak yang kedua, umurnya 17 tahun, ini beda. Dia cenderung diam, kalau ditanya bagaimana sekolahnya? Jawabnya pasti singkat sekali, seperti “Biasa aja”

Konsultasi Psikologi: Mengapa Kita Harus Pindah, Ayah?”

Kami berencana pindah dari kota besar di sini ke kota kecil di Jawa. Kami punya dua anak perempuan, kelas 1 SMP dan kelas 2 SD. Bagaimana persiapan yang harus kami lakukan terutama untuk menyiapkan mental anak?

Konsultasi Psikologi: Anakku Ga Mau Dengerin

Seringkali kalau dikasih tahu, kelihatannya memperhatikan, tapi dia akan mengulangi kesalahannya dan tidak melakukan apa yang kami minta. Kami sudah mencoba berbagai cara, mulai dengan cara halus sampai agak keras seperti memarahinya.

Konsultasi Psikologi: Aku Mencemaskan Anakku

Mengingat saat anak-anak sedang tumbuh berkembang, saya tidak lagi muda saat itu. Belum lagi kalau kelak anak keempat, lahir. Makin lama saya memikirkan hal ini, makin cemas dan akhirnya khawatir

Konsultasi Psikologi: Anaku Terlau Cuek

Anak laki-laki kami pada saat sebelum SD, kelihatan begitu perhatian dan peka terhadap kebutuhan orang lain.

Konsultasi Psikologi: Mendidik Anak agar Sportif

Anak saya tidak bisa menerima kekalahan, sering marah dan menyalahkan orang lain

Konsultasi Psikologi: PR-nya Dikerjakan,Nak

Kami selalu kesulitan tiap kali menghadapi anak mau mengerjakan PR. Anak kami selalu saja merengek kalau disuruh mengerjakan.

Konsultasi Psikologi: Anakku Ga Mau Main Bersama

saya ingin anak yang sulung ini bisa lebih akrab dengan adik-adiknya. Bagaimana ya Pak? Oh iya anak saya yang sulung ini laki-laki. Adiknya perempuan dan laki-laki.

Konsultasi Psikologi: Minum Obatnya ya, Nak

Satu hal yang menjadi ganjalan saya adalah sulitnya anak saya minum obat. Kami sudah mencoba banyak cara tapi ga berhasil-berhasil.

Konsultasi Psikologi: Pikiranku Selalu Kacau

Kata dokter, asam lambung saya naik karena efek pikiran. Solusinya bagaimana ya? Terima kasih Pak.

Konsultasi Psikologi: Aku Takut Gagal Bicara di Depan Mertua

Rencananya saya ingin mengajak istri tinggal di rumah orang tua saya, untuk mengurangi beban biaya. Masalahnya, saya khawatir tidak akan diijinkan oleh mertua saya

Konsultasi Psikologi: Mengatasi Anak yang Suka Merengek

Tiap kali dia pengin sesuatu, pasti teriak-teriak. Dan itu membuat kami ga nyaman. Apa yang harus kami lakukan ya?

Bagaimana Menggunakan Aplikasi WhatsApp dengan Bijak?

Saya merasa ada yang kurang kalau tidak membuka dan mengomentari di grup-grup itu. Tapi lama kelamaan saya capek sendiri.

Sering Berbicara Sendiri, Anehkah?

Saya takut dianggap aneh oleh orang – orang di sekitar, walaupun kebiasaan ini tidak mengganggu sosialisasi saya.

Bagaimana Mengatasi Malas Selama COVID-19?

sudah 2 bulan atau lebih saya dan mungkin juga yang lain stay at home. Nah selama masa itu, saya sebenarnya sih baik-baik saja. Bisa beraktivitas dengan biasa. Bisa tetep WFH, main sama anak, dsb. Tapi sekarang masuk masa libur lebaran nih. WFH juga sudah libur sementara. Saya mulai galau nih. Apa yang harus dikerjakan lagi?

Mengatasi Anak yang Keasyikan Bermain

Anak kami laki-laki baru berusia sekitar 8 tahun. Kebiasaannya tiap hari selalu main ke luar rumah. Entah main bola, main layangan, sepedaan atau sekedar bercanda sama teman-temannya. Cuma, anak kami sering kelewatan waktu bermainnya.

Bagaimana Memilih Mainan yang Tepat?

Saya punya anak umur 2,5 tahun laki-laki. Saya ingin bertanya bagaimana cara memilih mainan yang baik dan tepat bagi anak usia segitu?

Bagaimana Menghadapi Buruk Sangka dari Orang Lain?

Awalnya saya cuek saja, tapi lama kelamaan saya agak terganggu. Bagaimana sikap saya menghadapi pandangan orang lain yang negatif ke saya?

Konsultasi Psikologi: Bagaimana Menghadapi Orang Tua yang Protektif?

Saya merasa baik-baik saja selama kuliah, namun saya agak tertekan dengan sikap orang tua. Orang tua saya selalu menanyakan progres kuliah saya dan selalu memantau saya. Saya merasa terganggu karena orang tua seperti tidak mengenal waktu mengingatkan saya untuk belajar, bahkan di hari libur sekalipun

Cinta Berakhir karena tidak Bisa Memahami Pasangan, Apa yang Harus Kulakukan?

Saya sudah berusaha introspeksi mengenai penyebab saya sering putus cinta. Saya pun menyadari permasalahannya adalah pada diri saya yang tidak bisa memahami pasangan dengan baik sehingga memicu pertengkaran di antara kami.

Konsultasi Psikologi: Bagaimana Menemukan Jati Diri?

Saya bingung di usia yang hampir 40 tahun ini saya masih mencari-cari jenis pekerjaan yang cocok. Saya kadang juga ikutan bantu istri jualan via online. Apa yang harus saya lakukan, Pak? Mohon sarannya

Konsultasi Psikologi: Bagaimana Mengatasi Anak yang Mau Menang Sendiri?

Kami bingung menghadapinya Pak. Saya ga tau, apakah ada pengaruh pola asuhnya di masa kecil dulu ya?

Konsultasi Psikologi: Bagaimana Mengajarkan Kesopanan pada Anak?

Saya ingin mengajarkan tata karma kepada anak saya nih, Pak. Kira-kira saya harus mulai dari mana ya, Pak? Bagaimana caranya? Apakah ada contoh-contoh sederhana yang bisa saya ajarkan ke anak? Mungkin itu aja, Pak.

Konsultasi Psikologi: Kenapa Anakku Tiba-tiba Marah?

Kami ingin bertanya, itu kenapa ya, Pak? Dan apa yang harus kami lakukan untuk mengatasinya? Terima kasih banyak atas jawabannya, Pak.

Tak Bersemangat Melakukan Apapun, Bagaimana Sebaiknya?

Awalnya saya sangat bersemangat kuliah karena saya memang berminat di jurusan Teknik Sipil apalagi di PTN Favorit. Namun, akhir-akhir ini saya merasa hilang semangat, saya menghindari tugas, cenderung melambat- lambatkan tugas, dan sepertinya tidak ada motivasi dari dalam diri saya.

Konsultasi Psikologi: Apakah Suamiku Benar-benar Mencintaiku?

Selama ini saya tidak menceritakan kepada siapa-siapa karena saya menghargai suami saya. Di sisi lain, saya merasa suami saya sangat mencintai saya. Saya mohon bantuannya, Pak agar bisa mengatasi masalah ini.

Konsultasi Psikologi: Bagaimana Memaafkan Masa Lalu?

Saya malu dengan masa lalu saya terutama saya malu kepada guru dan orang tua saya. Saya merasa sangat bersalah, yang ada di pikiran saya telah mengecewakan orang tua dan guru saya. Apa yang harus saya lakukan, Pak?

Konsultasi Psikologi: Ingin Dekat Dengan Ibu, Bagaimana Caranya?

Saya merasa ibu ga perhatian sama saya. Kalau saya coba untuk cerita, saya nanti yang sakit hati. Makanya saya cuek aja ke ibu,

Konsultasi Psikologi: Tolong, Aku Menderita Anxiety Disorder...

Saya kayaknya kena anxiety disorder. Saya punya gejala-gejalanya. Saya sering gelisah. Apa benar ya saya kena gangguan ini? Apa yang harus saya lakukan? Terima kasih, Dok

Pentingnya Memaafkan untuk Pemulihan Diri

Dua tahun yang lalu, saya pernah dikhianati oleh teman dekat saya. Maaf, saya tidak bisa menceritakan detilnya. Sampai sekarang saya belum bisa memaafkannya, karena saya merasa sakit hati dan menyimpan dendam kepada teman saya itu. 

Kejahatan di Internet itu Nyata, Waspadalah

Saat ini penggunaan internet sudah seperti menjadi kebutuhan pokok. Hampir semua orang kenal internet baik di kota maupun di desa. Kami sebagai orang tua khawatir dengan berbagai macam kejahatan yang ada di internet bisa mengenai anak-anak kami

Mudah Tersinggung, Lakukan Tips Ini

Menjadi seseorang yang mudah tersinggung tentunya membuat tidak nyaman dan lelah pada diri sendiri. Selain itu, tentu saja membuat relasi dengan orang lain terganggu.

Bantu Saya, Saya Mengalami Mental Illness

Saya mau bertanya tentang mental illness. Kayaknya saya ngalami itu deh

Cara Mudah Mencintai Diri Sendiri dengan Body Positivity

Akhir-akhir ini saya merasa insecure dengan keadaan fisik saya. Memang saya agak kelebihan berat badan, namun tidak gemuk-gemuk amat.

Bingung dan Stress karena Dijodohkan Orang Tua

Saya tidak menyukai perjodohan ini walaupun pada dasarnya saya belum memiliki calon suami. Saya merasa tidak sreg, namun untuk menolak saya belum berani.

Keluarga Adalah Kunci Kesembuhan dari Gangguan Mental

Adik saya ini awalnya melamun terus, lalu sering marah-marah, dan cenderung menutup diri, dan sering berkeliaran sendirian, terkadang tengah malam/dini hari dia membiarkan pintu terbuka.

Aktif Berorganisasi, tapi Tidak Didukung Orang Tua

Saya seorang mahasiswa di sebuah Universitas Negeri di Jogja. Sebelum masa pandemi ini, di kampus saya aktif berorganisasi, namun orang tua saya ternyata tidak menyukai saya berorganisasi. Orang tua saya ingin agar saya fokus kuliah saja, mereka khawatir kuliah saya molor.

Tanteku Skizofrenia, Apa yang Harus Kami Lakukan?

Beliau sudah cukup lama terkena gangguan metal. Sudah sering ke doter juga. Makin ke sini, makin tidak terkontrol kondisinya. Kalau ada masalah yang membuatnya tertekan sedikit, biasanya langsung kambuh. Beliau akan kembali mengungkit masa lalunya.

Aku Takut Menikah, Apa yang Harus Aku lakukan untuk Mengatasinya

Saya takut jika pernikahan saya diwarnai pertengkaran atau bahkan terjadi perceraian. Apa yang sebaiknya saya lakukan untuk mengatasinya ?

Tips Agar Anak Tidak Susah Mandi

Saya punya anak balita (3 tahun lebih), laki-laki. Pada awalnya anak saya nurut ketika disuruh mandi. Tidak ada yang masalah dalam hal ini. Namun sejak beberapa minggu ini, anak saya seringkali ngga mau kalau disuruh mandi.

Tips Membuat Tangisan Bayi Cepat Reda

Sejauh ini saya sekuat tenaga menahan diri agar jangan sampai marah pas lagi gendong anak. Cuma ya itu, saya pengin anak saya kalau saya gendong ga nangis. Gimana ya, Pak?

Hubungan Jarak Jauh Membuatku Ragu Menikah

Terus terang saya bimbang hendak menjalani LDR, di benak saya sering muncul pikiran-pikiran negatif yang membuat saya tidak tenang.

Marah Saat Pandemi, Apa Solusinya?

Aku rasa sejak pandemi ini, aku jadi gampang marah. Kalau di rumah bawaannya tegang, akibatnya sering cek cok ama orang rumah. Mohon sarannya ya,

Tips Mengontrol Anak Main HP di Masa Pandemi

Anakn saya seringnya main game on line bisa Berjam-jam dan itu tiap hari. Mereka sepertinya sudah kecanduan, sehingga ketika disuruh untuk sesuatu sering membantah dan sering marah kalau terganggu mainnya.

Terlalu Keras pada Diri Sendiri Membuatku Tertekan

terlalu keras pada diri sendiri membuatku tertekan dan saya takut jika ini mempengaruhi kesehatan mental saya. Apa yang sebaiknya saya lakukan untuk mengatasi hal ini ya mbak ?

Tips Kehidupan Pernikahan Menjadi Sakinah Mawaddah Warahmah dari Sisi Psikologis

Saya ingin di umur 25 tahun nanti bisa melangsungkan pernikahan, namun, kadang dalam benak saya sering timbul bayangan yang sangat berat pasca pernikahan

Tips Menghilangkan Cemas, Takut Tertular COVID-19

Saya jadi cemas kalau ternyata kena covid. Gimana cara hilangin cemasnya Pak?

Manfaat Membaca dengan Metode Nyaring

Metode membaca dengan suara yang nyaring tentunya bukan menjadi suatu hal yang asing lagi bagi kita.

Tips Mengatasi Ketakutan Bunyi Notifikasi HP

Sejak pandemi ini saya jadi ngerasa takut sama bunyi notifikasi HP. Mohon pencerahannya Pak. Terima kasih.

Ingin Cepat Menikah tapi Belum Cukup Modal, Saya Harus Bagaimana?

Saya ingin cepat menikah mba, in sya Allah sudah ada calon pendamping. Sayangnya saat ini saya masih belum cukup mengumpulkan modal untuk menikah. Bagaimana saya harus menyikapi hal ini mba ?

Cemas karena Takut Murtad, Apa yang Harus Kulakukan?

Saya beberapa hari ini seperti di serang ketakutan yang berlebihan. Ketakutan ini tentang Aqidah. Saya was-was merasa , apakah diri saya ini masih muslim , atau kah tidak?

Tips yang Bisa Dilakukan dalam Menghadapi Masalah

Saya paham sifat ini akan memberi dampak yang tidak baik. Apa yang harus saya lakukan ya mbak, agar saya bisa menghadapi setiap permasalahan

Body Neutrality, Apa dan Bagaimana Cara Menerapkannya?

Saat ini sedang ramai dibicarakan tentang body neutrality, apa definisinya dan bagaimana cara menerapkannya

Calon Suami Posesif, Membuatku Ragu Menikah, Apa yang Harus Dilakukan?

Saat ini saya sedang menjalin hubungan dengan seorang pria dan sudah bertunangan. Jika tidak ada halangan, tapi calon saya posesif, apa yg harus aku lakukan?

Tips Memantabkan Diri Mempersiapkan Pernikahan

Saya ingin di umur 25 tahun nanti bisa melangsungkan pernikahan, namun, kadang dalam benak saya sering timbul bayangan yang sangat berat pasca pernikahan.

Apakah Saya Mengalami Anxiety Depression?

Saya sering banget ngalami cemas ga jelas. Sering ga bisa tidur. Apa saya ngalami gangguan mental, Saya Sudah rileksasi tapi gagal terus. Mohon dibantu

Benarkah Selingkuh Memicu Perceraian?

Tingginya angka perselingkuhan hingga berujung pada perceraian, membuat akademisi dan praktisi psikologi mengambil langkah.

Semua Barang, Kotor di Mata Saya. Bagaimana Mengatasinya?

Barang - barang saya tuh tidak bisa sama sekali disentuh oleh orang dan misalkan barang saya dipegang oleh orang saya otomatis megang barang itu pake tissue, Apa yang harus saya lakukan ya?

Menikah, Ini yang Harus Kamu Pahami Supaya Pernikahan Langgeng

InsyaAllah pertengahan tahun ini saya akan menikah. Untuk segala uba rampe sudah siap. Hal apa saja yang perlu saya pelajari dan pahami agar pernikahan saya bisa langgeng ?

Dampak Psikologis Setelah Divaksin

Di tengah proses vaksinasi untuk mencapai herd immunity, ternyata masih banyak masyarakat yang ragu bahkan enggan untuk melaksanakan vaksinasi. Ada apa dengan vaksinasi? Benarkah anggapan masyarakat itu?

Merasa Depresi Karena Tidak Ada yang Menyukai, Saya Harus Bagaimana?

Saya sering berpikir negatif terhadap diri saya sendiri, sering merasa tidak dihargai dan tidak disukai orang lain, apa yang terjadi pada diri saya?

Apakah Benar Saya Fobia Kecoa?

Rumah saya banyak kecoa, saat ada piring habis makan yang ditaro gitu aja di dapur, kecoa banyak ngerubungin piring itu, saya jadi risih.

Sakit Hati Karena Cinta, Apa Obatnya?

Saya menjadi mati rasa dengan wanita, dingin tidak ada perasaan terhadap wanita. Mohon sarannya saya harus gimana, Pak

Karir atau Menikah Muda

Umur saya 19 tahun, baru tamat SMK tahun ini . Ibu saya menyuruh cepat-cepat menikah mbak, sedangkan saya masih ragu untuk segera menikah dan juga belum memiliki calon suami.

Melihat Bom Makassar Melalui Kacamata Psikologi

Menanamkan doktrin bahwa tindakan anarkis, agresif, dan impulsif sangatlah bermakna dalam hidupnya. Maka, kemungkinan besar hal tersebut akan cepat untuk dilakukan.

Menjalin Hubungan Jangan untuk Coba-Coba

Gabisa ngontrol emosi saya. Ga percaya sama siapapun bahkan sama diri saya sendiri. Apa yang salah dari diri saya

Berdamai dengan Masalah

Seringkali kita mendengar atau bahkan kita sendiri pernah mengeluhkan tentang berbagai bentuk persoalan-persoalan hidup seperti banyaknya hutang yang harus dibayar, tagihan cicilan rumah, tunggakan uang sekolah anak, anak sakit

Jatuh Cinta pada Orang yang Salah

Sering terjadi salah paham dalam berkomunikasi kami dan seringkali saya yang mengalah.

Bimbang di Antara Dua Pilihan: Dia Atau Orang Tua

Saya punya pacar, tetapi orang tua saya gak setuju. Memang sebelumnya saya gak pernah bilang sama orang tua, kalau saya punya pacar dia

Trik Cepat Tingkatkan Kepercayaan Diri

Saya kalau mau maju presentasi, wawancara kerja, sering sekali merasa grogi dan kehilangan kepercayaan diri secara tiba – tiba

Tips Menangani Anak Egois

Gimana caranya agar anak kami tidak egois, ya Pak, semua barang miliknya hanya dia yang boleh diperhatikan

Generasi Sandwich: Apa dan Bagaimana Menyikapinya?

Saya penasaran, sebenarnya itu fenomena apa sih Pak? dengan adanya generasi sandwich

Saya Gamang dengan Pilihan Saya, Apa yang Harus Saya Lakukan?

saya merasa tidak dihargai oleh orang tua saya. Kayaknya apa yang saya lakukan salah terus di mata orang tua baik ayah atau ibu. Cita-cita saya ditentang juga.

Ibuku Membuatku Tertekan

Saya merasa tertekan dengan kondisi saya. Saya dituntut Ibu saya agar punya nilai minimal 90 di semua pelajaran.

Malas Ibadah? Berikut Tinjauan Psikologisnya

Hidup manusia itu layaknya perjalanan musafir musim panas yang istirahat sesaat di bawah pohon (di dunia) dan melanjutkan perjalanan kembali ke tempat yang abadi (syurga). Sungguh! Allah menciptakan hidup manusia itu tidak main-main (QS. Al Mu’minun: 115).

Jagalah Hatimu, Jangan Kau Nodai

Kekerasan verbal termasuk dalam kekerasan psikis. Yakni kekerasan yang dilakukan untuk menjatuhkan mental seseorang agar menjadi tak berharga. Kekerasan jenis ini jarang disadari, baik oleh pelaku maupun korban sebagai kekerasan. Banyak orang yang menganggap hanya kekerasan fisik yang disebut sebagai kekerasan.

Masalah Demi Masalah Mengejarku, Saya Harus Bagaimana?

Banyak banget berkecamuk di otak saya. Saya lelah. Campur aduk rasanya. Padahal saya sudah hitung matang-matang semuanya. Ternyata gagal juga.

Pelaku Selingkuh Itu Cacat Moral

Aku tuh, gimana ya. Kadang heran sendiri sama “kompas moral” sebagian orang. Kok sanggup gitu, lho, melakukan hal itu. Apa ya bisa tidur di malam hari, setelah tahu kalau kamu melakukan hal yang salah tapi tetep digas aja dengan bermacam alasan.

Pernikahan Itu Mengubah Status Orangnya, Bukan Mengubah Orangnya

Don't try to change people. Kalau ada tanda-tanda yang 'tak beres' pada diri seseorang, segeralah pergi. Cari yang memang beres sejak awal. Jangan berjudi dengan realita, "Ah siapa tahu dia nanti berubah!"

Putus Cinta Apa Obatnya

Sekarang saya suka merasa ketakutan cemas kalau saya sendirian di kamar saya sendiri. Mohon saran saya harus bagaimana pak?

8 Hal Harus Diperhatikan dalam Kehidupan Pasca Menikah

Saya ingin di umur 25 tahun nanti bisa melangsungkan pernikahan, namun, kadang dalam benak saya sering timbul bayangan yang sangat berat pasca pernikahan.

Lebih Penting Mana, Menikah Dulu atau Membantu Keluarga?

setelah saya menikah, penghasilan akan menjadi milik istri saya dan saya tidak bisa membantu orang tua saya

Tersiksa Karena Insomnia

Saya punya masalah ga bisa tidur. Saya baru menyadari kalo saya tidak tidur setelah satu minggu badan saya lemas.

Kisah Rhythm: Sisi Gelap Manusia Atas Hasrat

Seorang seniman bernama Marina Abramovic asal Yugoslavia, pada tahun 1974 melakukan sebuah pertunjukkan seni berjudul 'Rhythm 0'. Eksperimen ini dilakukan dengan cara Abramovic diam seperti patung selama 6 jam dan membiarkan audience melakukan hal apa pun yang mereka inginkan terhadapnya.

Ini Dia Lima Tahap Kesedihan yang Harus Kalian Ketahui

Dr. Elisabeth Kubler-Ross dalam bukunya yang berjudul “On the Death and Dying” (1969) menjelaskan lima tahap kesedihan, yaitu Denial-Anger-Bargaining-Depression-Acceptance atau biasa disebut Model Kuber-Ross.

Memilih Kampus atau Program Studi yang Tepat

Kira-kira jurusan apa yang cocok buat saya dan bagaimana cara memilih kampus/jurusan yang tepat? Terima kasih banyak Pak.

Peran dalam Sebuah Lingkaran Keluarga

Sebuah keluarga adalah tempat awal pendidikan hidup kita, di sanalah bagaimana orangtua membentuk jiwa dan karakteristik diri kita. Dalam ilmu psikologi ada namanya hipnosis, yaitu pikiran seorang anak ketika masa 7 tahun pertama di program dan di pengaruhi oleh orangtua, saudara dan sekitarnya, karena pada masa ini otaknya berada pada tahap frekuensi getaran rendah

Kemampuan dan Kepekaan Pergaulan Sosial

Tanpa kesadaran dan pembelajaran, karakter wara’ sulit dimiliki orang-orang yang terbiasa berperilaku sembrono (tasahhul) dan mengabaikan sinyal-sinyal nurani. Nurani yang masih bersih dan terjaga agar tetap jernih, akan memperingan kerja otak dalam menilai dan mengambil sikap.

Tidak Bolehkah Aku Bahagia?

Apa yang Anda alami belum tentu sanggup jika dialami orang lain. Oleh karena itu yakinlah bahwa masalah Anda seberapa beratpun, hakekatnya pasti sesuai dengan kadar kemampuan Anda untuk menjalaninya. Namun, kadang kala kita dikalahkan oleh keyakinan diri bahwa kita tidak sanggup menjalaninya.

Zuhud dan Orientasi Masa Depan

Menurut Al-Ghazali, zuhud ialah sebuah tindakan penolakan seseorang terhadap sesuatu yang digemari (dunia) demi mendapatkan sesuatu yang lebih berharga (akhirat).

4 Alasan Psikologis Seseorang Berbohong

Bohong adalah perbuatan yang dilakukan dengan memberitahukan suatu informasi yang tidak sesuai dengan kenyataan yang ada. Perilaku bohong bisa sangat merugikan orang lain, sebab dapat menimbulkan rasa benci, amarah, dan hilang harga diri karena dibohongi

I’m Nothing

Akhir-akhir ini sih terutama saya ngerasa hilang motivasi, kayak ga ada gairah, terus ngerasa capek terus padahal ga ngelakuin hal-hal berat

Begini Cara Menumbuhkan Harga Diri

Harga diri (self-esteem) sendiri sangat berkaitan dengan rasa percaya diri, dimensi evaluatif menyeluruh dari diri, sehingga membentuk gambaran diri. Harga diri (self-esteem) merupakan aspek penting dalam kepribadian karena membentuk gambarin diri (self-image) secara keseluruhan

Lampiaskan Emosi Negatif dengan 3 Hal ini

Emosi adalah bagian terpenting dalam hidup manusia, dengan emosi manusia dapat merasakan peristiwa-peristiwa dalam hidupnya. Dalam aspek kepribadian, emosi berfungsi sebagai penanda perubahan fase dalam dirinya

Lakukan Cara Ini jika Ingin Sukses di Masa Depan

Hidup ini terlalu singkat untuk kamu berhenti mengejar impianmu. Kenapa? Karena jika kamu tak mengejarnya saat ini, maka kamu hanya bisa menceritakan penyesalan itu pada keturunanmu. Kamu tak ada waktu lagi untuk mengejarnya nanti

Emosiku Tak Terkendali

Saya mengakui bahwa saya adalah orang yang sangat perasa. Jadi mudah baper jika ada hal yang ga sesuai dengan keinginan saya. Saya juga suka lepas kendali saat sedang emosi. Saya ingin sekali bisa mengontrol emosi saya, gimana caranya ya Pak?

Kebahagiaan Menurut Syed Naquib Al-Attas

Al-Attas adalah salah seorang intelektual yang melihat ruh manusia terdiri dari jiwa hewani (al-nafs al-ḥayawaniyyah) dan jiwa rasional (al-nafs al-naṭiqah). Kemudian memberikan jawabannya terhadap bagaimana manusia ini dapat mencapai kehidupan yang ideal atau kehidupan yang bahagia dari pengalaman kehidupannya

4 Cara Menghadapi Rekan Kerja yang Toxic

Dalam psikologi, toxic relationship digambarkan pada ciri-ciri adanya kekerasan, individu tidak dapat menjadi diri sendiri, banyaknya tuntutan, dan merugikan satu pihak yang memiliki dampak besar dalam kesehatan mental

Jangan Keliru! Ini Perbedaan Konseling dan Psikoterapi

Dalam psikologi, konseling dan psikoterapi merupakan metode penanganan psikologis pada klien yang berpusat pada diri klien tersebut. Konseling hanya mampu memberikan intervensi kepada klien dengan tingkat keparahan yang rendah, sedangkan psikoterapi diberikan kepada individu dengan tingkat keparahan yang tinggi

Amalan Melunakkan Hati Orang yang Emosian

Setiap orang dilahirkan dengan karakter dan sifat yang berbeda, ada yang dilahirkan dengan karakter yang keras, dan adapula yang lembut hatinya. Tidak jarang ketika dua karakter ini bertemu, akan terjadi konflik yang membuat salah satunya menjadi bersalah

Mencari Kiblat Cinta

“Cintaku untuk Siapa?” Tentu mudah menjawabnya, “Untuk Allah dan Makhluk-Nya!” Tuntas bukan. Tapi tak sesederhana itu, tentu diperlukan narasi yang dapat mengurangi dahaga intelektual para pecinta, yang notabene adalah insan manusia di mana pun kita berada

Tuhan tidak Peduli Padaku

Saya sampai ngancam dia kalau ga mau balik lagi, saya mau nyakitin diri saya. Itu sering saya lakukan Pak. Gimana yang harus saya lakukan ya Pak?

Ibuku tidak Pernah Minta Maaf

Saya tidak pernah mendengar kata maaf dari ibu saya selain waktu lebaran saja pak. Mengapa saya selalu di bandingkan ya pak ?

Aku Benci Ayahku

Saya capek dengan proses hidup saya, saya capek melewati masa masa itu kapan ya saya bisa bahagia. Terimakasih sekian. Ini bisa sedikit menenangkan pemikiran saya

Mengubah Jiwa

Perubahan zaman mengandung konsekuensi perubahan bagi setiap orang

Meraih Bahagia dengan Ibadah

Banyak manusia kehilangan kebahagiaan dalam hidupnya. Satu diantaranya disebabkan kehampaan spiritual, di mana rasa keberagamaan dan keinginan dekat dengan Tuhan mulai menjadi kerinduan yang membuncah dan teramat dalam

Mengharap Laki-Laki Lain

Saya mau menikah tetapi selalu teringat dengan lelaki lain yang usdah beristri, saya harus bagaimana?

Self Position Menentukan Masa Depanmu

Saya sering terbawa arus lingkungan keluarga sampai tidak bisa memperhatikan masa depan diri sendiri, saya harus bagaimana?