Hukum Menyewa Tambak Milik Pemerintah untuk Diambil Ikannya

Penjelasan tentang hukum menyewa tambak untuk mengambil ikannya, kali ini adalah tambak milik pemerintah.

Pendapat tentang Ulama yang Menjabat di Pemerintahan

Para ulama pejabat pemerintah itu tidak termasuk dalam hadits dan pendapat K. Sholeh seperti tersebut di atas, jika menjabatnya karena ada hajat/dharurat/kemaslahatan agama, dan dengan niat yang baik.

Hukum Mencalonkan Perempuan sebagai Kepala Desa

Bagaimana hukumnya perempuan menjadi Kepala Desa?. Bolehkah atau tidak?.

Intervensi Pemerintah dengan Menentukan UMR

Seiring dengan meningkatnya proses industrialisasi di negara kita, akhir-akhir ini muncul banyak sekali masalah perburuhan seperti pemogokan, PHK, demonstrasi buruh memprotes masalah itu biasanya muncul dikarenakan sistem upah di negara kita belum sesuai dengan tuntutan kebutuhan minimum para buruh.

Hukum Menyelenggarakan Shalat Jumat Secara Bergantian

Bagaimana hukum menyelenggarakan shalat Jum'at dalam satu tempat secara bergantian yang disebabkan oleh kondisi-kondisi tertentu seperti pegawai yang tidak bisa meninggalkan pekerjaannya ketika waktu shalat Jum'at datang karena harus menyelesaikan atau menjaga pekerjaannya dari kerusakan, dan sebagainya.

Hukum Berdemonstrasi dan Berunjuk Rasa

Akhir-akhir ini terjadi banyak demonstrasi, unjuk rasa, pemogokan dan bahkan pengrusakan fasilitas umum (kerusuhan). Motif dan tujuannya beragam, tapi intinya tidak puas atas kebijakan, sikap atau tindakan suatu lembaga/instansi, dan mencari keadilan.

Pembebasan Tanah Rakyat dengan Harga yang Tidak Memadai

Dewasa ini banyak terjadi pembebasan tanah milik rakyat, baik oleh pemerintah maupun oleh swasta yang disokong pemerintah, baik untuk kepentingan umum maupun untuk bisnis semata, misalnya untuk kawasan perumahan.

Hak Atas Tanah yang Lebih Dahulu Menguasai

Yang lebih berhak atas tanah tersebut adalah orang yang lebih dulu menguasai tanah tersebut dengan menunjukkan alat bukti yang sah.

Anggota DPR/MPR Beragama Non Islam

Bagaimana hukum orang Islam menguasakan urusan kenegaraan kepada orang non Islam ?

Traveling di Lhoksaumawe dan Berziarah di Makam Raja Samudera Pasai

Kuranglebih 10 kilometer dari bandar Lhoksaumawe, disitu ada makam Sultan Malik al-Saleh yaitu raja pemerintah pertama beragama Islam di tanah Nusantara ini.

Pesantren Ekologi #3: Kepedulian Pemerintah Lahirnya Ponpes Ekologi, Kapan?

Beranjak dari itu sangat diharapkan sudah saatnya badan Pesantren yang kini sudah menjadi dina di Aceh juga nusantara umumnya dengan anggaran yang tentunya sangat “minim”dibandingkan dengan dinas lainnya, bukan beroreintasi memberikan “finansilal” untuk Pesantren,

Batal Dipindahkan, Jazad Kakek KH Ma'ruf Amin Masih Utuh

Inilah yang juga menimpa makam Kakek dari KH Ma’ruf Amin, yaitu Syaikh Nawawi Al-Bantani. sesudah kuburnya genap berumur satu tahun, datanglah petugas dari pemerintah kota untuk menggali kuburnya.

Kerajaan Sumenep Sepeninggal Panambahan Mandaraka

Babad menyebutkan sepeninggal Panambahan Mandaraka, kerajaan dibelah dua, antara Panambahan Bukabu dan Panambahan Baragung. Tentang Panambahan Bukabu Babad tidak banyak terberitakan dalam Babad, tidak seperti Panambahan Baragung.  

Mengganggu Ketertiban di Dunia Maya, Arab Saudi Akan Penjarakan Rakyatnya Selama 5 Tahun

Mereka yang sering mengungkapkan sindiran-sindiran di media sosial, akan diganjar hukuman lima tahun penjara.

Pemerintah Belum Serius ‘Merawat’ Naskah-Naskah Kuno

Hingga saat ini, pemerintah belum serius tangani naskah-naskah kuno. Negara belum begitu menaruh perhatian pada naskah-naskah kuno. Hal itu terlihat dari banyaknya fisik naskah yang tidak terawat.

KH. Zainul Arifin dan Reformasi Agraria

Tepat pada Tanggal 24 September adalah peringatan bagi seluruh rakyat di pelosok Bumi Pertiwi Indonesia sebagai Hari Tani Nasional yang ditetapkan oleh Presiden Republik Indonesia Soekarno.

Siqahnya Pemerintah Arab Saudi Menjaga harta Wakaf

Siqahnya Pemerintah Arab Saudi Menjaga harta Wakaf

Pemkot Malang Kukuhkan Pimpinan BAZNAS Periode 2018-2023

Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS Kota Malang) Periode 2018-2023 baru saja dikukuhkan oleh Pemerintah Kota Malang, di Ruang Sidang Balai Kota Malang, Rabu pada (3/10) kemarin.

Pemkab Tegal Ramaikan Hari Santri dengan Jalan Santai bareng Ulama dan Santri

Sehari yang lalu, tepatnya pada Hari Ahad, 21 Oktober peringatan Hari Santri 2018 di Kabupaten Tegal Jawa Tengah dimeriahkan dengan kegiatan jalan santai bertajuk Jalan Santai Bareng Ulama Santri dan Banser digagas Rabithah Ma'ahid Islamiyah (RMI) NU Kabupaten Tegal bersama Satkorcab Banser Kabupaten Tegal,

Menkeu Tegaskan Utang Pemerintah Digunakan untuk Sektor Produktif

Menkeu menegaskan, bahwa utang luar negeri Indonesia masih aman. Ia memastikan, pemerintah melakukan pengendalian utang dengan menjaga rasio utang dalam batas yang aman berada pada kisaran 30 persen terhadap PDB

Bukan Hanya Pemerintah, Melawan Hoaks Tanggung Jawab Bersama

LADUNI.ID, Jakarta – Masalah berita bohong atau hoaks bukan hanya tanggung jawab dari pemerintah semata, tapi merupakan tanggung jawab dari semua kalangan. Apalagi di era media sosial, di mana berita bohong dapat dengan mudah disebarluaskan melalui jejaring media sosial.

Rektor Unusida: Sinergi Penting Dilakukan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan

Demi meningkatkan layanan pendidikan, penting dilakukan sebuah sinergi. Antara perguruan tinggi dan pemerintah, hingga wakil rakyat harus bersatu.

RUU Pesantren dan Pendidikan Agama sebagai Bentuk Perhatian Pemerintah

Munculnya Rancangan Undang-Undang (RUU) Pesantren dan Pendidikan Agama yang digodok DPR RI merupakan mendorong pemerintah dalam mengafirmasi pesantren dengan segala bentuk kekhasannya.

Bendera Hitam di Acara Tabligh Akbar Sumenep Identik dengan Organisasi Radikal yang Dilarang

Pelaksanaan tabligh akbar di Sumenep malam ini menurut Pengurus Pusat BAANAR Ansor identik dengan organisasi radikal. Kenapa demikian?

Konsul Cina: Rakyat Indonesia Ditipu Pemberitaan Uighur

-- Konsul Jenderal Cina di Denpasar, Gou Haodong, membantah pemberitaan tentang kamp pengasingan Muslim Uighur, Xinjiang. Menurut Haodong, Konstitusi Cina menjamin kebebasan beragama, sehingga pemerintahnya tidak mungkin melanggar aturan

Pemerintah Aceh Dukung Penyelenggaraan Muzakarah Ulama se Aceh

Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, mengatakan pemerintah Aceh akan mendukung sepenuhnya penyelenggaraan Muzakarah Ulama Aceh tahun 2019 yang direncanakan akan digelar di Dayah Darul Aman Gampong Peulanteu, 

Jurnalis Iran Bebas dari Penjara AS, FBI Enggan Beri Keterangan

Pemerintah AS telah bebaskan jurnalis Iran dari penjara, namun FBI tak beri keterangan. Kenapa?

Pemerintah AS Akhirnya Dibuka, Mengapa Trump Mengalah?

Keterlambatan di bandara utama pada hari Jumat adalah masalah utama yang telah mempengaruhi bandara-bandara selama berminggu-minggu. Akar masalah itu adalah kekurangan staf, karena pengontrol lalu lintas udara dan petugas pemeriksaan yang telah bekerja tanpa upah sejak dimulainya penutupan pada bulan Desember absen bertugas.

Pemerintah Akan Lelang Surat Utang Negara Target Rp30 Triliun

Penjualan SUN tersebut akan dilaksanakan mulai pukul 10.00 WIB dan ditutup pukul 12.00 WIB dengan tanggal setelmen pada Kamis, 31 Januari 2019. Penjualan tersebut menggunakan sistem pelelangan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia dan lelang bersifat terbuka atau open auction, menggunakan metode harga beragam

Dalam Sejarah, NU Tidak Pernah Berbenturan dengan Pemerintah

NU tidak pernah punya sejarah berbenturan dengan pemerintah. Benarkah demikian?

Salahgunakan informasi, Pemerintah Larang Facebook Kumpulkan Data Pengguna

Badan Pengawas Antimonopoli Jerman menyatakan keberatan dengan cara Facebook mengumpulkan data pengguna kemudian membagikannya dengan pihak ketiga.

Tebarlah Memberantas Ketidakadilan dengan Senyuman

SALAH satu ungkapan yang sering terdengar, adanya perkataan yang menyalahkan pemimpin saat adanya berbagai fenomena yang terjadi dalam masyarakat. Kadang kita sebagai rakyat jselalu menyalahkan pemimpin, sering pemimpin jadi tumpahan kesalahan atas kerusakan yang di mana-mana terjadi.

FLASH Allegiance 2019, Sarana Mengembangkan Diri Siswa

Jakfar mengingatkan, bahwa IPTEK dan IMTAQ merupakan dua hal yang saling mengisi dan melengkapi dalam kehidupan. Sedangkan seni merupakan salah satu daya imajinasi siswa yang harus dikembangkan karena berpengaruh pada

Calender Even Aceh 2019 Diluncurkan

Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat meulaunching Calender of Event (CoE) Aceh 2019. Kegiatan peluncuran kelender even ini dilakukan di aula rapat Disbudpar Aceh, Senin (25/2/2019).

Dhoroba Zaidun 'Amron! 'Amr yang Selalu Terdzolimi

Sejak dulu Zaid selalu memukul 'Amron. Apa kesalahan 'Amr?

Pemerintah Aceh : NU Harus Terkonsolidasi dengan Baik

Ir H Nova Iriansyah MT, Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Usamah El-Madny SAg MM membuka acara Rapat Kerja Nahdhatul Ulama Aceh pada Jumat (22/3/

Wujudkan Aceh Caroeng, Begini Tekad Usamah

Pendidikan Dayah Aceh akan memperdayakan santri dan Teungku Dayah yang ingin melanjutkan studinya ke Australia. Hal ini ditegaskan oleh

Pemerintahan Sipil Sedang Dibentuk Oleh Militer Sudan

Para pengunjuk rasa berdemonstrasi di luar markas militer mendesak penyerahan kekuasaan secepatnya kepada pemerintah sipil.

Pemerintah Erdogan Menuduh Gulen mengatur Upaya Kudeta

Tindakan keras itu mengkhawatirkan sekutu Barat Turki yang melihat tindakan itu sebagai tindakan politik oleh Erdogan untuk mengkonsolidasikan kekuasaannya

Senjata Api Mulai Ditarik dari Warga Selandia Baru

Selepas aksi teror penembakan yang terjadi di dua masjid di Kota Christchurch beberapa bulan yang lalu. Pemerintah Selandia Baru mulai melakukan pembelian kembali senjata api

Diklat Kepemimpinan Lahirkan Pemimpin Perubahan

Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III dan IV bagi aparatur untuk melahirkan pemimpin perubahan di jajaran Pemerintah Aceh, dan mendorong percepatan reformasi birokrasi. Hal itu disampaikan Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah

Malaysia Tahan Presiden Hizbut Tahrir

Kementerian Agama Islam Malaysia menyatakan bahwa Hizbut Tahrir adalah organisasi terlarang.

Ketegangan Inggris vs Iran Meningkat

Seorang komandan Garda Revolusi Iran pada hari Jumat mengancam untuk merampas sebuah kapal Inggris sebagai pembalasan atas penyitaan supertanker Iran oleh Marinir Inggris

Lembaga Pendidikan Nigeria Melarang Pelajar Memakai Jilbab

Video itu memicu kemarahan di media sosial. Klip 45 detik ini direkam di The International School, Ibadan

Hukum Menerima Sumbangan Pemerintah yang Tidak Sesuai Jumlahnya

Sering kita jumpai sumbangan yang diberikan oleh pemerintah dan lain sebagainya kepada unit pendidikan, pondok pesantren dan lain sebagainya, terjadi perbedaan antara jumlah sumbangan yang tertulis dengan yang diterima

Proyek Membakar Hutan Demi Cuan, Pemerintah dan Rakyat Dirugikan

Proyek Membakar Hutan Demi Cuan, Pemerintah dan Rakyat Dirugikan

Kutuk Serangan Israel, Malaysia Minta untuk Hormati Gencatan Senjata

Pemerintah Malaysia mengutuk aksi zionis Israel yang kembali melakukan serangn ke wilayah Jalur Gaza terus mendapat cercaan dunia Internasional.

Pemerintah Mesir Tunjukkan Penemuan Patung Fir’aun yang Langka

Pemerintah Mesir terus berusaha untuk mempromosikan penemuan arkeologis di seluruh negeri dalam beberapa tahun terakhir. Hal tersebut dilakukan guna menghidupkan kembali pariwisata yang sempat mendapat pukulan dari gejolak pemberontakan pada 2011.

Penuhi Kebutuhan Jamaah, Indonesia Akan Ekspor Beras ke Arab Saudi

Pemerintah Indonesia saat ini tengah mendorong melakukan ekspor beras ke Arab Saudi. Melali ekspor tersebut, Arab Saudi bisa menggunakan salah satunya untuk kebutuhan makan para jamaah haji dan umrah yang ada di sana.

Gus Yahya: Pemerintah Indonesia Harus Tegas terhadap China

Katib Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf menegaskan bila Indonesia diam saja, maka akan berbahaya bagi keseluruhan tata dunia. Pernyataan tersebut diungkapkan Kiai Yahya merespons sikap pemerintah Indonesia atas China.

Prof. Dr. M. Quraish Shihab Raih Penghargaan dari Pemerintah Mesir

Cendekiawan Muslim Indonesia sekaligus pendiri Pusat Studi Alqur’an (PSQ) Prof. Dr. M. Quraish Shihab, mendapat penghargaan dari Pemerintah Mesir sebagai penerima Bintang Tanda Kehormatan Tingkat Pertama bidang Ilmu Pengetahuan dan Seni.

Inggris Larang Anak-anak Warganya Pengikut ISIS Pulang ke Negaranya

Pemerintah Inggris memutuskan melarang anak-anak penduduk mereka yang menjadi anggota Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) untuk kembali.

Taati Keputusan Pemerintah Cegah Corona, Habib Ahmad Jindan Tunda Ziarah

Saya umumkan bahwa dalam rangka menta'ati pemerintah kita, maka kegiatan tersebut untuk sementara saya tunda sampai batas waktu yang belum ditentukan,

Pemerintah Arab Saudi Larang Shalat Fardlu Berjamaah di Masjid

Pemerintah melalui Dewan Ulama Senior Arab Saudi (Haiyah Kibar Ulama) mengeluarkan fatwa tentang keringanan tidak melaksanakan shalat Jumat dan berjamah di masjid.

Catatan KH. Haris Shodaqoh Soal Corona; Antara Menjaga Tauhid dan Taat Pemerintah

Catatan KH. Haris Shodaqoh Soal Corona; Antara Menjaga Tauhid dan Taat Pemerintah

Ta’ati Imbauan Pemerintah, Pergunu Tiadakan Harlahnya Tahun Ini

Pimpinan Pusat Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PP Perguru) yang pada tahun ini tidak mengadakan peringatan harlah yang sifatnya pengumpulan massa.

PBNU Minta KPU dan Pemerintah Tunda Pilkada Serentak

encermati perkembangan penanggulangan pandemi Covid-19, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengimbau Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI), pemerintah dan DPR RI agar menunda pelaksanaan tahapan Pilkada serentak tahun 2020.

Hasil Riset IPK Indonesia: Pemerintah Diminta Tunda Pembelajaran Tatap Muka

Ikatan Psikologi Klinis Indonesia atau IPK Indonesia menyelenggarakan penelitian tentang Gambaran Kondisi Psikologis Siswa di Indonesia pada Masa Pandemi Covid-19.

PBNU Sambut Baik Vaksinasi oleh Pemerintah

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menyatakan sikap terkait vaksinai yang dilakukan pemerintah.

Peran Alkohol Alamiah dalam Tubuh Vs Phobia Miras

Dalam tubuh kita, alkohol alamiah ada dan ikut berperan sangat penting dalam proses metabolisme karbohidrat (krebs cycle). Tidak ada proses metabolisme karbohidrat secara alamiah tanpa alkohol.

Untuk Syarat Umroh, Wapres RI Minta Sinovac Urus Sertifikasi WHO

Arab Saudi memberlakukan kebijakan vaksinasi Covid 19 yang telah tersertifikasi otoritas kesehatan dunia (WHO) sebagai syarat bagi jemaah yang ingin melaksanakan ibadah umroh. 

Indonesia dan Sejumlah Negara Mengutuk Aksi Polisi Israel Terhadap Warga Palestina

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri mengutuk aksi polisi Israel dalam proses penggusuran paksa warga Palestina dari lingkungan Syekh Jarrah, di Yerusalem Timur.

Pentingnya E-Budgeting

Laduni.ID Jakarta - Dalam bidang pemerintahan pada masa sekarang ini sudah terpengaruh adanya kemajuan teknologi. Untuk hal-hal tentang pemerintahan, pada masa sekarang ini sudah menggunakan e-government

Implementasi Good Governance pada Pemerintahan

Pengertian good governance dalam versi World Bank diartikan sebagai penyelenggaraan pengelolaan atau manajemen dalam pemerintah secara solid dan akuntabel serta berdasarkan prinsip pasar yang efisien dan juga pencegahan korupsi baik secara administratif maupun politis.

Bank Indonesia Sebagai Instrumen Kebangkitan Ekonomi Nasional

Seperti yang kita ketahui Bank merupakan lembaga keuangan yang memiliki peran penting dalam sektor keuangan, dalam artian bank juga dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi nasional

Diplomasi Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW adalah insan kamil. Sosok manusia sempurna yang harus menjadi figur idola tidak saja bagi umat Islam tapi juga bagi nonmuslim.

Menampilkan 1 - 10 dari 66